Sukses

Demi Turunkan Berat Badan, Wanita Afrika Selatan 'Kunci Mulut' dengan Kawat Gigi

Liputan6.com, Seoul - Seorang wanita Afrika Selatan diduga menutup mulutnya dengan slimming wires alias kawat pelangsing atau kawat gigi khusus, dalam upaya nekatnya menurunkan berat badan untuk operasi pengurangan payudara (breast reduction).

Aviwe Mazosiwe telah mencoba untuk menurunkan berat badan dan mencapai BMI tertentu untuk memenuhi syarat operasi breast reduction yang dia harap akan meningkatkan kualitas hidupnya.

Sejatinya dia telah berhasil menurunkan 12 kg dengan puasa berselang-seling, tetapi setelah mencapai taraf tanpa kemajuan dalam perjalanan penurunan berat badannya, wanita Afrika Selatan itu memutuskan untuk mengambil tindakan yang lebih drastis.

Pada bulan Juni tahun ini, dia memasang kabel pelangsing di giginya. Ini adalah bracket ortodontik dengan kawat yang dililitkan ke gigi pemakainya untuk menjaga rahang tetap tertutup.

Ini adalah perangkat penurun berat badan kontroversial yang telah menarik banyak kritik di media sosial setelah Aviwe mulai berbagi pengalamannya di TikTok.

"Saya mendapat begitu banyak komentar negatif tetapi saya tidak dapat mengingat semuanya karena saya berusaha sebaik mungkin untuk tidak fokus pada itu," kata Aviwe kepada tabloid Inggris The Sun yang dikutip Minggu (13/11/2022).

"Saya masih sangat baru dalam pemakaian alat diet itu ketika mulai membagikan perjalanan menggunakan kawat itu, dan komentar negatif membuat saya ingin mengakhiri semuanya,"tambah Mazosiwe. "Tapi saya memutuskan untuk terus berjalan karena entah bagaimana terasa seperti sesuatu yang perlu saya bagikan. Selain itu, komentar bagus menutupi semua hal negatif."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Turun 14,3 kg

Aviwe memasang kawat pelangsing pada akhir Juni dan mempertahankannya selama 7 minggu. Selama itu, dia kehilangan 14,3 kilogram berat badannya.

Karena rahangnya tertutup kawat, dia mengandalkan makanan cair seperti smoothie, sup, dan yogurt untuk makanan, dan mengklaim bahwa rasa gurih dari sup membuat keinginannya tetap terkendali.

Setelah kawat pelangsing dilepas, wanita itu ingin merasakan burger jalapeño dari tempat favoritnya, tetapi dia harus menunggu sehari, karena otot rahangnya perlu waktu untuk menyesuaikan diri setelah tujuh minggu terjebak di posisi yang sama.

"Saya mengerti bahwa ini agak ekstrem tetapi itu sangat membantu berjuang dengan disiplin diri dan berpegang teguh pada 'makanan sehat' dalam waktu lama," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Bracket Pelangsing Lain

Aviwe Mazosiwe menambahkan bahwa dia memahami metode kawat pelangsing bukan untuk semua orang.

“Lakukan ini hanya saat Anda siap dan berada di tempat yang baik secara mental, terutama jika Anda seorang yang senang makan secara emosional," tambahnya.

Kawat pelangsing ini mengingatkan pada perangkat penurunan berat badan yang sangat mirip dan sama-sama kontroversial, yaitu DentalSlim Diet Control. Itu dirancang untuk memungkinkan pemakainya membuka mulut mereka hanya sekitar 2mm, sehingga membuat mereka tidak dapat mengunyah sambil memungkinkan bernapas dan berbicara.

Pencarian cepat di Google mengungkapkan bahwa kisah Aviwe bukanlah hal yang aneh. Rupanya, kawat pelangsing sangat populer di Afrika Selatan, dan ada ratusan video di YouTube oleh orang-orang yang mendokumentasikan pengalaman mereka.

4 dari 4 halaman

Diet Unik Cris Pratt Terinspirasi dari Pola Makan Orang Suci

Pola diet memang beraneka ragam, salah satunya, ada diet yang terinspirasi dari puasa orang suci.

Pemeran Star Lord dalam Guardians of the Galaxy Chris Pratt punya cara diet yang unik. Dia melakukan pola makan berdasarkan yang tertuang di kitab suci.

Dikutip dari Page Six pada Rabu (23/1/2019), aktor berusia 39 itu mengatakan di Instagramnya bahwa dia melakukan Puasa Daniel (Daniel Fast). Dalam postingan itu, ia sudah menjalani Puasa Daniel hari ketiga dari 21 hari program.

"Hai, Chris Pratt di sini. Hari ketiga dari Puasa Daniel, lihatlah, ini adalah 21 hari doa dan berpuasa," kata Pratt seperti dilaporkan majalah People.

Berdasarkan laman resmi Daniel Fast, puasa ini berdasarkan pengalaman puasa orang suci di Perjanjian Lama. Puasa ini diklaim membantu orang-orang untuk semakin dekat dengan Tuhan.

Orang yang melakukan Puasa Daniel hanya boleh makan makanan yang tumbuh dari biji seperti buah dan sayuran. Selain itu, mereka juga diperbolehkan makan biji-bijian. Untuk minum, para pengikutnya hanya diperbolehkan mengonsumsi air putih saja. 

Selain mengurangi makanan tertentu, para pengikutnya juga melakukan studi Alkitab setiap hari. Baik sendiri, bersama pastor, atau bersama kelompok doa.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS