Sukses

Kala Universitas di Iran Jadi Pusat Protes dan Sasaran Aparat, Gelombang Protes Terbaru

Universitas-universitas di Iran telah berubah menjadi medan pertempuran antara aparat dan demonstran mahasiswa. Gelombang protes terbaru mencerminkan pengalaman generasi sebelumnya.

, Teheran - Beredar video di media sosial, berisi para mahasiswa lelaki dan perempuan di kampus-kampus Iran terlihat makan bersama. Seringkali di luar ruang makan kampus yang sekarang ditutup.

Ruang makan kampus memisahkan mahasiswa berdasarkan jenis kelamin mereka. Tetapi di banyak kampus, mahasiswa merobohkan dinding pemisahnya.

Acara makan bersama para mahasiswa di depan kafetaria kampus yang ditutup sekarang menjadi tindakan perlawanan. Video-video yang disebar adalah bentuk aksi protes dan solidaritas terhadap demonstrasi anti pemerintah yang telah berlangsung selama berbulan-bulan di jalan-jalan Iran.

Dalam banyak video, seperti dilaporkan DW Indonesia, Rabu (9/11/2022), pengunjuk rasa juga memegang plakat dengan seruan solidaritas untuk rekan-rekan mereka yang telah ditangkap. Menurut laporan media, sekitar 300 siswa telah ditahan oleh pihak berwenang.

Para pengunjuk rasa tampaknya tidak terintimidasi oleh tindakan keras pemerintah terhadap demonstrasi. Dalam sebuah video online mereka bernyanyi: "Seorang siswa mungkin mati, tetapi tidak akan menerima penghinaan."

Para mahasiswa juga menunjukkan solidaritas dengan anak-anak sekolah Iran, yang aktif dalam protes dan, sebagai akibatnya, mereka harus menanggung resiko.

Para siswi di Sekolah Kejuruan Putri Shahid Sadr di Teheran, misalnya, baru-baru ini dipukuli karena ikut serta dalam demonstrasi. "Para siswi dari Sekolah Menengah Sadr di Teheran diserang, digeledah dan dipukuli," kata kelompok aktivis 1500tasvir dalam laporannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah Aksi Mahasiswa dan Ketidakpercayaan Khomeini

Ketika Shah Iran digulingkan, beberapa kelompok mahasiswa, yang dimotivasi oleh Islamisme atau sosialisme, pada awalnya berdiri di belakang "pemimpin revolusi" Ayatollah Khomeini. Tetapi kedua belah pihak menjadi "saling tidak mengenal lagi" segera setelah rezim Islam didirikan 1979. Sejak itu, mahasiswa Iran menghadapi tekanan dari para Mullah.

Siswa yang tidak setuju dengan rezim yang baru diculik atau dibunuh oleh pasukan keamanan rezim. Ketidakpercayaan antara kedua belah pihak makin meruncing, sehingga Dewan Revolusi pada Juni 1980 menutup semua universitas di negara itu. Khomeini Ketika itu "menyatakan perang" kepada para mahasiswa, dosen dan profesor. "Kami tidak takut dengan serangan militer. Kami takut dengan universitas kolonial," katanya.

Rezim selama ini memandang universitas sebagai markas "mujahidin rakyat", yang merupakan sumber utama oposisi terhadap kepemimpinan Islam. Para pengikut Khomeini "melenyapkan ribuan buku dari perpustakaan dan mengusir ribuan guru dan profesor dari jabatan mereka dengan menyebut mereka sebagai 'pemeluk ideologi Barat'," tulis jurnalis Gerhard Schweizer dalam bukunya "Understanding Iran."

Mehdi Jafari Gorzini, analis politik Iran yang tinggal di pengasingan, mengatakan kepada DW, "Ribuan siswa dipecat, beberapa melarikan diri ke luar negeri, sementara yang lain ditangkap dan dieksekusi. Dia menambahkan, era kepemimpinan Khomeini adalah era 'pembersihan' universitas.

 

3 dari 4 halaman

Universitas Tetap Jadi Pusat Kebebasan Berpikir

Pada akhir September, sekitar 70 profesor dari Universitas Teheran menerbitkan surat terbuka kepada pemerintah di surat kabar Etemad. Di dalamnya mereka dengan jelas menggambarkan keluhan politik dan ekonomi negara dan menuntut pembebasan semua demonstran. Pada hari-hari berikutnya, fakultas universitas lain membentuk surat serupa.

"Sejak awal 2000-an, banyak anak muda, termasuk mahasiswa, telah memiliki blog atau halaman web sendiri, dan menggunakannya untuk berkomunikasi dengan orang-orang di negara lain," kata Jafari Gorzini. Ini menunjukkan kepada mereka bagaimana kehidupan di luar negeri dan pada saat yang sama memberi mereka konsep kehidupan lain, selain yang disebarkan oleh rezim, jelasnya.

Selain itu, para mahasiswa juga telah diberitahu oleh orang tua mereka kisah-kisah tentang upaya reformasi yang gagal, juga demonstrasi dan protes besar, kata Jafari Gorzini. "Jelas bagi generasi ini bahwa selama ini semuanya sia-sia dan tidak mungkin ada dialog dengan para Mullah. Makanya radikalisme yang kita alami sekarang ini."

4 dari 4 halaman

2 Wartawan di Inggris Diancam Dibunuh Garda Keamanan Iran

Bicara soal Iran, baru-baru ini Iran kabarnya mengirim ancaman terhadap dua jurnalis di Inggris. 

"Dua wartawan Iran yang bekerja di Inggris untuk saluran penyiaran independen berbahasa Persia telah menerima ancaman pembunuhan yang kredibel dari pasukan keamanan Iran," kata badan penyiaran Volant Media, Senin 7 November 2022 seperti dikutip dari VOA Indonesia.

Volant Media mengatakan dua wartawannya menerima "peringatan mengenai ancaman kredibel terhadap jiwa mereka” dan keluarga mereka, kata Polisi Metropolitan London.

Volant Media mengatakan polisi juga memberitahukan tentang ancaman kepada para wartawan lainnya.

Polisi Metropolitan London, dalam tanggapan yang dikirimkan ke AFP mengatakan bahwa pihaknya tidak mengomentari masalah keamanan protektif terkait dengan individu tertentu. 

Volant Media, saluran televisi internasional Iran yang berbasis di London mengatakan, dua wartawannya telah menerima “ancaman pembunuhan dari Korps Garda Revolusi Islam,” seraya menyebut hal itu sebagai “eskalasi berbahaya” dari upaya untuk menekan media independen.

"Ini adalah ancaman yang disponsori negara terhadap wartawan di Inggris," kata juru bicara Volant Media.

"Garda Revolusi tidak dapat dibiarkan membungkam pers bebas di Inggris," lanjutnya.

Saluran televisi Volant Media meliput protes-protes antirezim di Iran menyusul kematian Mahsa Amini yang dituduh melanggar aturan berbusana yang ketat bagi kaum perempuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.