Sukses

Kota New York AS Tetapkan Status Darurat Akibat Krisis Iimigran

Wali Kota New York City Eric Adams telah menyatakan keadaan darurat untuk mengatasi "situasi krisis" atas masuknya imigran.

Liputan6.com, New York - Wali Kota New York City Eric Adams telah menyatakan keadaan darurat untuk mengatasi "situasi krisis" atas masuknya imigran.

Lebih dari 17.000 telah tiba di kota itu dari perbatasan selatan sejak April, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (8/10/2022).

Negara bagian Republik seperti Texas, Arizona dan Florida telah mengirim imigran ke daerah Demokrat dalam beberapa bulan terakhir.

Ini adalah bagian dari barisan dengan Gedung Putih karena jumlah orang yang belum pernah terjadi sebelumnya tiba di perbatasan AS-Meksiko.

Sejak September, rata-rata lima hingga enam bus telah tiba di kota itu setiap hari, kata Adams pada konferensi pers pada hari Jumat. Ia mengatakan, satu dari lima orang dalam sistem penampungan kota saat ini menjadi pencari suaka.

Banyak dari mereka yang datang adalah keluarga dengan anak-anak usia sekolah dan sangat membutuhkan perawatan medis, katanya.

Masuknya para imigran menelan biaya New York $ 1 miliar (£ 900 juta) tahun fiskal ini, dan walikota menyerukan pendanaan federal dan negara bagian untuk membantu biaya tersebut.

"Warga New York marah," kata Wali Kota Adams. "Saya juga marah. Kami belum meminta ini. Tidak pernah ada kesepakatan untuk mengambil pekerjaan mendukung ribuan pencari suaka."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kehabisan Dana Jadi Pemicu

Dia menambahkan: "Kota ini akan kehabisan dana untuk prioritas lain. New York City melakukan semua yang kami bisa, tetapi kami mencapai batas luar kemampuan kami untuk membantu."

Layanan sosial kota itu "dieksploitasi oleh orang lain untuk keuntungan politik", tambahnya.

Tiga negara bagian - Texas, Arizona dan Florida - telah mengangkut imigran ke daerah-daerah yang dipimpin Demokrat, dengan fokus pada kota-kota "suaka" yang memproklamirkan diri yang membatasi kerja sama mereka dengan otoritas imigrasi federal.

Pejabat Partai Republik di negara-negara perbatasan mengatakan taktik itu ditujukan untuk mengurangi dampak arus migrasi.

Mereka juga mengatakan langkah itu dirancang untuk meningkatkan tekanan pada pemerintahan Presiden Joe Biden untuk berbuat lebih banyak untuk mengurangi jumlah migran yang melintasi perbatasan AS selatan, yang telah mencapai rekor tertinggi tahun ini.

 

3 dari 3 halaman

Tumpangan Gratis ke Kota New York

Kota El Paso, Texas, yang dikelola Partai Demokrat, telah menawarkan tumpangan gratis kepada para migran ke New York City dan Chicago sebagai sarana untuk mengurangi tekanan pada sumber daya kota. El Paso sendiri telah mengangkut lebih dari dua kali lipat jumlah migran - hampir 9.000 - ke dua kota utara daripada yang telah dikirim oleh gubernur Texas.

Pejabat El Paso mengatakan wahana itu bersifat sukarela, dan bahwa mereka berkoordinasi dengan kota-kota tujuan untuk membantu para migran pada saat kedatangan.

Sebagai bagian dari deklarasi daruratnya, walikota New York mengeluarkan perintah eksekutif yang memungkinkan kota untuk mendedikasikan sumber daya untuk mendukung para pencari suaka dan mempercepat upaya respons apa pun.

Seorang juru bicara Gubernur Texas Greg Abbott menolak deklarasi oleh walikota pada hari Jumat.

"Keadaan darurat yang sebenarnya adalah di perbatasan selatan negara kita di mana kota-kota kecil perbatasan Texas dibanjiri dan kewalahan oleh ratusan migran setiap hari ketika pemerintahan Biden membuang mereka di komunitas mereka," kata Renae Eze.

Ms Eze mengatakan bahwa, pada Oktober, Texas telah mengirim sekitar 3.100 migran yang tiba di negara bagian itu ke New York dengan lebih dari 60 bus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.