Sukses

Kerusuhan di Penjara Ekuador Tewaskan 15 Orang

Bentrokan di penjara Ekuador tengah pada Senin (6/10) menewaskan sedikitnya 15 narapidana dan mengakibatkan 20 lainnya luka-luka, kata pihak berwenang setempat.

Liputan6.com, Latacunga - Bentrokan di penjara Ekuador tengah pada Senin 3 Oktober 2022 menewaskan sedikitnya 15 narapidana dan 20 lainnya luka-luka, kata pihak berwenang setempat.

Layanan penjara nasional Ekuador mengkonfirmasi jumlah korban tewas di penjara Latacunga, yang terletak 50 mil (80 km) selatan ibu kota Quito. Demikian seperti dikutip dari Xinhua, Senin (6/10/2022).

Sebelumnya, pada Mei tahun ini ada puluhan narapidana tewas di Ekuador setelah kerusuhan penjara yang mematikan pecah antara geng narkoba yang bersaing, dalam episode berdarah terbaru dari gelombang kekerasan yang melanda penjara negara itu.

43 tahanan dipastikan tewas pada saat itu, ketika lebih dari 200 komando polisi mengambil alih kembali sayap keamanan maksimum penjara Santo Domingo de los Tsáchilas, sekitar dua jam perjalanan dari ibu kota Quito, tetapi jumlah korban tewas kemungkinan akan meningkat. Demikian seperti dikutip dari laman The Guardian.

Menteri Dalam Negeri Patricio Carrillo mengatakan kepada wartawan bahwa mayoritas korban telah "dieksekusi dengan senjata berbilah".

Ini adalah pembantaian penjara keenam yang mematikan di Ekuador sejak awal 2021 yang mendorong jumlah korban tewas menjadi hampir 400 karena kekerasan telah melonjak ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya yang dipicu oleh persaingan antara geng-geng penyelundup narkoba. 

Lebih dari 300 narapidana dibantai di penjara negara itu tahun lalu, termasuk satu pembantaian di penjara Litoral Guayaquil di mana 119 tahanan kehilangan nyawa mereka.

Gambar mengerikan di media sosial menunjukkan tubuh yang dimutilasi berserakan di halaman penjara. Sementara itu, tayangan televisi lokal yang telah menjadi terlalu familiar bagi pemirsa Ekuador, menunjukkan lusinan kerabat, kebanyakan wanita, yang berkumpul di luar penjara dengan putus asa karena berita tentang orang yang mereka cintai.

"Benar-benar ada banyak kekejaman," kepala polisi Ekuador, Fausto Salinas, mengatakan kepada wartawan, menambahkan bahwa granat tangan, senapan mesin, revolver dan amunisi telah ditemukan di penjara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kekerasan di Penjara

Sebelumnya dia mengatakan kepada televisi lokal bahwa pemicu langsung kekerasan adalah pemindahan seorang pemimpin geng dari penjara lain. 

“Kehadiran orang ini menimbulkan konflik dan kekerasan,” katanya, mengkritik otoritas kehakiman yang memerintahkan pemindahan tersebut.

Pembantaian terbaru ini merupakan insiden kekerasan berskala besar pertama di penjara Santo Domingo tahun ini. 

Pada Februari 2021, 33 narapidana tewas di penjara yang sama, banyak dari mereka dipenggal dan dipotong-potong, sebagai bagian dari serangan simultan yang dikoordinasikan oleh geng kriminal di berbagai penjara yang menyebabkan total 78 orang tewas di seluruh negeri.

Analis mengatakan lonjakan kekerasan penjara dimulai ketika geng kriminal lokal mulai berlomba-lomba untuk bekerja dengan saingan kartel narkoba Sinaloa Meksiko dan Jalisco Generasi Baru.

3 dari 4 halaman

Insiden di Ekuador

Ekuador – yang terletak di antara Kolombia dan Peru, dua negara penghasil kokain terbesar di dunia – adalah rute penyelundupan yang strategis karena garis pantai Pasifiknya yang panjang dan armada kapal serta penangkapan ikan yang besar.

Dalam empat bulan pertama tahun ini, pihak berwenang Ekuador telah menyita 85 ton kokain , dua kali lipat dari jumlah yang disita tahun sebelumnya.

Presiden Ekuador Guillermo Lasso, yang sedang melakukan kunjungan resmi ke Israel, menyampaikan belasungkawa kepada keluarga para korban dan mengatakan: "Ini adalah hasil yang tidak menguntungkan dari kekerasan geng," dalam sebuah tweet.

Sebelumnya, sedikitnya 12 narapidana tewas dan 10 lainnya luka-luka dalam kerusuhan yang terjadi pada Minggu 3 April pagi di sebuah penjara di Ekuador selatan, menurut laporan awal oleh otoritas penjara.

Kerusuhan terjadi di kota Cuenca di sebuah fasilitas yang dikenal sebagai penjara Turi, salah satu kompleks pemasyarakatan terbesar di negara itu, demikian dikutip dari laman Xinhua, Senin (4/4/2022).  

Menanggapi kerusuhan tersebut, pemerintah mengirimkan lebih dari 800 anggota Polri dan TNI untuk memulihkan ketertiban.

4 dari 4 halaman

Evakuasi

Pihak berwenang mengindikasikan bahwa selama gangguan, 90 tahanan dievakuasi, termasuk 10 yang terluka.

"Sayangnya, penjara telah lama menjadi ancaman permanen, tetapi hari ini keinginan itu ada dan kami akan mengambil tindakan yang diperlukan," kata Carrillo, menambahkan bahwa langkah-langkah sedang diambil untuk mencegah potensi kerusuhan di penjara lain di negara itu.

Kekerasan telah menjadi lebih umum di penjara Ekuador dalam beberapa tahun terakhir karena bentrokan antara geng-geng yang bersaing memperebutkan kendali.

Kerusuhan paling mematikan pernah terjadi pada September 2021 ketika 116 tahanan tewas dan 80 lainnya terluka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.