Sukses

Serba-Serbi Pangeran Charles Naik Takhta Jadi Raja, Tak Boleh Pakai Mahkota Sebelum Penobatan

Berikut adalah segala sesuatu yang perlu diketahui tentang kenaikan takhta Pangeran Charles menjadi Raja Charles III setelah Ratu Elizabeth II meninggal dunia.

Liputan6.com, London - Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada 8 September 2022. Putra sulungnya, Pangeran Charles, kemudian naik takhta dan sekarang akan dikenal sebagai Raja Charles III.

"Kematian Ibu saya tercinta, Yang Mulia Ratu, adalah momen kesedihan terbesar bagi saya dan semua anggota keluarga saya," kata Raja Charles III dalam sebuah pernyataan setelah kematian ibunya.

"Kami sangat berduka atas meninggalnya seorang Penguasa yang disayangi dan seorang Ibu yang sangat dicintai," lanjutnya. "Saya tahu kehilangannya akan sangat dirasakan di seluruh negeri, Alam dan Persemakmuran, dan oleh banyak orang di seluruh dunia."

Dia mengakhiri pernyataannya dengan mengatakan, "Selama masa berkabung dan perubahan ini, saya dan keluarga akan terhibur dan ditopang oleh pengetahuan kami tentang rasa hormat dan kasih sayang yang mendalam di mana Ratu begitu banyak dikenal."

Dikutip dari people, Jumat (9/9/2022), saat ia mewarisi mahkota kerajaan di usia 73 tahun, perannya akan mengalami banyak perubahan yang berbeda, termasuk gelar kerajaan yang baru dan penobatan resmi.

Setelah Ratu Elizabeth II meninggal, Charles mengambil peran sebagai raja, secara efektif segera. Clarence House mengonfirmasi bahwa gelar resminya adalah Raja Charles III.

"Hari ini Mahkota berpindah - seperti yang telah dilakukan selama lebih dari seribu tahun - ke raja baru kita, kepala negara baru kita: Yang Mulia Raja Charles III," Perdana Menteri Liz Truss mengumumkan.

"Bersama keluarga Raja, kita berduka atas kehilangan ibunya. Dan saat kita berduka, kita harus bersatu sebagai rakyat untuk mendukungnya. Untuk membantunya memikul tanggung jawab luar biasa yang sekarang ia emban untuk kita semua," lanjut Truss.

"Kami menawarkan kesetiaan dan pengabdian kami kepadanya, sama seperti ibunya yang telah mengabdikan begitu banyak hal kepada begitu banyak orang untuk waktu yang lama. Dan dengan berlalunya zaman Elizabethan kedua, kita mengantarkan era baru dalam sejarah megah negara kita yang agung, - persis seperti yang diinginkan Yang Mulia - dengan mengucapkan kata-kata... God save the King."

Dengan dinobatkannya Pangeran Charles setelah kematian ibunya, Charles mewarisi tanggung jawab dan hak istimewa seorang raja yang diresmikan, kecuali satu - dia tidak akan diizinkan untuk mengenakan mahkota di depan umum sampai penobatannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Langkah Penobatan Raja

Seperti dicatat oleh AP, ada beberapa formalitas yang terjadi setelah Charles naik takhta.

Langkah pertama adalah pertemuan Dewan Aksesi, yang terdiri dari para pejabat dari Dewan Penasihat, termasuk menteri senior Kabinet, hakim, dan pemimpin Gereja Inggris. Saat itulah Charles akan secara resmi dinyatakan sebagai penguasa baru.

Selain itu, raja baru akan bersumpah di hadapan Dewan Penasihat untuk melestarikan Gereja Skotlandia.

Hal ini akan diikuti oleh proklamasi publik dari penguasa baru, yang akan dibacakan di depan umum di Istana St James di London serta berbagai lokasi di Edinburgh, Skotlandia, Cardiff, Wales, dan Belfast, Irlandia.

Penobatan resmi Charles kemungkinan tidak akan segera dilakukan. Faktanya, penobatan Ratu Elizabeth berlangsung 16 bulan setelah ia naik takhta pada 6 Februari 1952, setelah kematian ayahnya, Raja George VI.

"Upacara penobatan biasanya memakan waktu satu tahun karena dipandang tidak pantas, sungguh, untuk mengadakan upacara penobatan langsung setelah kematian seseorang. Ini adalah masa berkabung yang panjang," Kate Williams, profesor sejarah di Universitas Reading Inggris dan penulis Young Elizabeth: The Making of the Queen, mengatakan kepada PEOPLE.

Ketika penobatan diumumkan, kemungkinan akan berlangsung di Westminster Abbey, di mana telah diadakan selama 900 tahun terakhir sejak William sang Penakluk dinobatkan di sana.

 

3 dari 4 halaman

Garis Penerus Takhta

Saat Charles mengambil gelar baru Raja Charles III, istrinya, Camilla, Duchess of Cornwall, akan mendapatkan gelar baru juga. Gelarnya sekarang Permaisuri Raja, Queen Consort.

Sekarang Charles telah naik takhta, garis penerus resmi Inggris untuk takhta kerajaan telah bergeser sedikit.

Terutama, putra Charles, Pangeran William, sekarang berada di urutan pertama dalam garis takhta dengan ketiga anaknya, Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis, mengikuti tepat di belakangnya.

Putra kedua Charles, Pangeran Harry, juga sekarang berada di urutan kelima dalam garis takhta dengan kedua anaknya, Archie Harrison Mountbatten-Windsor dan Lilibet Diana Mountbatten-Windsor, menyusul tepat di bawahnya.

4 dari 4 halaman

Ratu Elizabeth II Meninggal, Ini Rencana Prosesi Pemakamannya

Sepeninggal Ratu Elizabeth II, sang Ratu yang mengakhiri masa pemerintahan terlama dalam sejarah Inggris.

Dia meninggal dengan damai, dikelilingi oleh keluarganya di Kastil Balmoral di Skotlandia.

Apa yang akan terjadi setelah Ratu Elizabeth II meninggal?

Mengutip BBC, Jumat (9/9/2022), beberapa hari mendatang jasad Ratu Elizabeth II akan dibaringkan untuk upacara pemakaman kenegaraan, saat bangsa memberi penghormatan terakhir.

Setelah peti matinya kembali ke London, Ratu Elizabeth kemudian akan disemayamkan di Westminster Hall selama sekitar empat hari sebelum pemakamannya, memungkinkan anggota masyarakat untuk mendatanginya.

Westminster Hall adalah bagian tertua dari Istana Westminster, di jantung pemerintahan Inggris.

Anggota terakhir keluarga kerajaan Inggris yang berbaring di sana adalah Ibu Suri pada tahun 2002, ketika lebih dari 200.000 orang mengantre untuk melihat peti matinya.

Peti mati Ratu Elizabeth II akan diletakkan di atas platform yang ditinggikan, yang dikenal sebagai catafalque, di bawah atap kayu abad pertengahan aula abad ke-11. Setiap sudut akan dijaga oleh tentara dari unit yang melayani Rumah Tangga Kerajaan.

Dia akan dibawa ke Westminster Hall dari Istana Buckingham dalam prosesi lambat, disertai dengan parade militer dan anggota keluarga kerajaan Inggris.

Orang-orang juga akan dapat menyaksikan prosesi saat melewati jalan-jalan dan acara penyiaran layar lebar kemungkinan akan diadakan di Royal Parks London.

Peti matinya akan diselimuti bendera Royal Standard dan ketika tiba di Westminster Hall akan dilengkapi dengan Imperial State Crown (mahkota ratu), orb, dan sceptre (tongkat kerajaan).

Setelah peti mati ditempatkan di aula, upacara singkat akan diadakan. Setelah itu masyarakat diperbolehkan masuk.

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.