Sukses

Puasa Hingga Posisi Tidur, Ini 7 Rahasia Alami Cegah Penuaan

Liputan6.com, Jakarta - Proses penuaan pasti terjadi pada setiap orang. Namun, banyak orang juga mencoba berbagai upaya untuk mencegah proses penuaan mulai dari menggunakan berbagai macam produk hingga melakukan perawatan di salon. 

Pasalnya, produk anti aging seperti pelembab, krim malam, dan foundation adalah kosmetik, bukan perawatan.

Itu sebabnya mungkin sudah waktunya untuk kembali ke bahan dan cara alami untuk meremajakan masa muda kita.

Dilansir dari laman Bright Side, Rabu (6/7/2022), berikut adalah sejumlah cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penuaan:

1. Menghilangkan uban dengan rosemary

Jika Anda ingin mencegah rambut beruban, rosemary sebenarnya adalah obat alami untuk memperlambat proses penuaan rambut. Menyemprotkan air rosemary ke rambut akan menggelapkan rambut dan mengembalikan warna aslinya.

2. Pilih susu tanpa lemak

Ditemukan bahwa orang dewasa yang tidak minum susu lebih cepat tua daripada mereka yang mengonsumsi susu rendah lemak.

Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, ini menunjukkan bahwa minum susu rendah atau tanpa lemak memperlambat penuaan biologis, sementara tidak mengonsumsi susu atau mengonsumsi susu berlemak mempercepatnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

3. Puasa Intermiten

Puasa intermiten telah menjadi praktik populer selama bertahun-tahun sekarang.

Tetapi penelitian terbaru terkait umur panjang menemukan bahwa ia memiliki efek anti-penuaan. Seiring bertambahnya usia, DNA kita menurun, itulah yang menyebabkan kita menua. Dengan puasa, perbaikan DNA dipercepat, yang mengontrol proses penuaan.

4. Tidur Terlentang

Ketika banyak orang mencoba memulai perjalanan anti-penuaan mereka, mereka mengabaikan kebiasaan berbahaya mereka selama sepertiga hari mereka: waktu tidur.

Posisi tidur yang lelap mempengaruhi penampilan kita, terutama di area dada dan wajah. Mungkin ada baiknya melatih diri Anda untuk tidur telentang alih-alih tengkurap atau menyamping.

3 dari 4 halaman

5. Lakukan Double Cleansing

Pembersihan pertama biasanya pembersih berbahan dasar minyak dan yang lainnya berbahan dasar air.

Alasan di balik metode ini adalah bahwa langkah pertama akan menghapus riasan, tabir surya, dan polusi, sedangkan yang berikutnya dengan membersihkan kulit Anda dari kotoran dan keringat.

6. Pakai Masker Kunyit

Penelitian telah menunjukkan bahwa kunyit dapat membantu menghilangkan kerutan serta hiperpigmentasi, yang merupakan indikator utama penuaan.

Untuk membuat masker wajah kunyit, campurkan bubuk atau ekstrak kunyit dengan bahan pengental. Anda dapat menyesuaikan masker berdasarkan preferensi Anda.

4 dari 4 halaman

7. Pakai Minyak Delima

Minyak biji delima adalah produk anti-penuaan yang kerap diremehkan.

Alasan mengapa hal itu bermanfaat bagi kulit sebagian besar karena banyaknya antioksidan seperti vitamin A dan vitamin C yang dikandungnya, serta sifat anti-inflamasi dan pelembabnya.