Sukses

Ledakan di Hotel Saratoga Havana, 22 Orang Tewas

Hotel Saratoga adalah penginapan bintang lima di Havana. 22 orang tewas akibat ledakan.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah ledakan dahsyat terjadi di sebuah hotel bintang lima di Havana, Kuba. Ledakan terjadi di Hotel Saratoga. Akibatnya, puluhan orang terluka dan 22 orang dilaporkan tewas. 

Dilaporkan BBC, Sabtu (7/5/2022), ledakan diduga terjadi karena adanya tanker gas yang diparkir di luar Hotel Saratoga. Tanker itu tersulut api sehingga terjadi ledakan.

Lebih dari 60 orang telah dilarikan ke rumah sakit, namun operasi tim SAR masih dilakukan untuk menemukan korban-korban yang tertimbun reruntuhan hotel.

Pihak kepresidenan di Kuba menyebut korban meninggal termasuk wanita hamil dan seorang anak.

<p>Petugas pemadam kebakaran menyemprot truk tangki dengan air untuk mendinginkannya saat mereka memindahkannya dari lokasi ledakan mematikan yang menghancurkan Hotel Saratoga di Havana, Kuba, 6 Mei 2022. Ledakan kuat yang diduga disebabkan oleh kebocoran gas alam menewaskan 18 orang dan melukai puluhan orang. (AP Photo/Ramon Espinosa)</p>

Para saksi mata menyebut ledakan bagaikan gempa bumi. Asap hitam pekat terlihat di udara usai ledakan terjadi.

Ada sekolah di dekat hotel tersebut, namun para murid dilaporkan berhasil dievakuasi dengan selamat.

Hotel bersejarah itu rencananya baru akan dibuka lagi usai pandemi COVID-19. Kondisi hotel kini hancur berantakan dan sulit dikenali lagi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukan Serangan Teroris

Presiden Kuba, Miguel Diaz-Canel, telah mengunjungi lokasi ledakan. Ia berkata bahwa ini bukan serangan teroris.

"Itu bukan serangan bom atau teroris. Ini adalah insiden yang disayangkan," ucapnya.

Hotel Bersejarah

Hotel Saratoga adalah sebuah landmark dari ibu koa Havana yang bersejarah. Banyak seleb yang telah mengunjungi hotel itu, mulai dari Madonna, Beyonce, dan Mick Jagger.

Peristiwa ledakan ini pun terjadi ketika industri pariwisata di Kuba baru bergerak bangkit usai dua tahun pandemi COVID-19.

3 dari 4 halaman

Kemlu: 5 ABK WNI Korban Luka Ledakan Tanker Minyak di Hong Kong Sudah Dirawat

Sementara itu, pada 16 April 2022, telah terjadi peristiwa ledakan dan kebakaran pada kapal tanker Chuang Yi di perairan 300 kilometer timur Hong Kong. Sejumlah warga negara Indonesia (WNI) dilaporkan menjadi korban, mengalami luka bakar.

Merespons kondisi tersebut, KJRI Hong Kong segera berkoordinasi dengan otoritas keselamatan maritim Hong Kong (The Hong Kong Maritime Rescue Coordination Center) dan diinformasikan terdapat lima kru kapal berkewarganegaraan Indonesia.

"Seluruh kru korban ledakan kapal Chuang Yi telah dibawa ke Queen Marry Hospital dan Pamela Youde Hospital Hong Kong," ujar Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu Joedha Nugraha dalam pernyataan tertulisnya yang dikutip Minggu (17/4/2022).

"Sampai saat ini 5 korban WNI dalam keadaan selamat dan dalam perawatan rumah sakit setempat. Identitas kru WNI berinisial JA, AS, BS, MM, RS.," papar Joedha.

Joedha menambahkan, KJRI Hong Kong terus menjalin berkomunikasi dengan pihak otoritas terkait Hong Kong untuk memberikan pendampingan yang maksimal kepada WNI kru kapal dan memastikan upaya medis yang optimal bagi perawatan kru WNI.

"Kemlu juga berkoordinasi dengan Kemenhub untuk penelusuran data keluarga dan manning agency yang memberangkatkan para ABK WNI," tegasnya lagi.

Kapal tanker Chuang Yi diketahui adalah kapal berbendera Panama yang pengangkut minyak dan bahan kimia. Tanker tersebut sedang menuju ke Taiwan saat terjadi peristiwa ledakan.

Selengkapnya di sini...

4 dari 4 halaman

Tabrakan Truk Tanker Pembawa BBM di Nigeria Picu Ledakan, 17 Orang Tewas

Ledakan tanker juga pernah terjadi di Nigeria.

Kala itu, sebuah ledakan akibat satu kendaraan bertabrakan dengan truk tanker pembawa bahan bakar di jalan raya yang sibuk menewaskan sedikitnya 17 orang pada Jumat 18 Februari 2022 di negara bagian Ogun barat daya Nigeria. Demikian menurut informasi dari layanan darurat setempat.

Kecelakaan yang melibatkan truk tanker berisi bahan bakar (BBM) sering terjadi di Nigeria, sebab jalan tidak terawat dengan baik dan penduduk mencoba menyedot minyak atau bensin setelah kecelakaan seperti itu.

"Ada tabrakan antara kendaraan dan tanker bahan bakar dan itu menyebabkan ledakan," Saheed Akiode, koordinator lokal Badan Manajemen Darurat Nasional mengatakan kepada AFP seperti dikutip Sabtu (19/2/2022). 

"Kami memiliki 17 orang sekarang yang telah kehilangan nyawa mereka," kata Akiode, seraya menambahkan jumlah korban tewas bisa meningkat, dan jumlah yang tidak ditentukan dibawa ke rumah sakit.

Insiden itu terjadi, katanya, di jembatan Ishara, di sepanjang jalan tol Lagos-Ibadan, rute utama menuju kota terbesar di negara itu.

"Dinas pemadam kebakaran dan lembaga lainnya berada di lapangan untuk memulihkan lalu lintas normal," kata Akiode.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini