Sukses

Tak Disangka, Ternyata Ini 5 Manfaat Jika Anda Jarang Keramas Pakai Sampo

Berikut ini sejumlah manfaat mencuci rambut tanpa sampo.

Liputan6.com, Jakarta - Akhir-akhir ini, semakin banyak orang yang berhenti menggunakan sampo dan memilih cara yang lebih alami untuk membersihkan rambut mereka.

Mereka yang menggunakan metode ini percaya bahwa itu membantu mereka menjaga rambut mereka lebih bersinar dan lebih sehat.

Dilansir dari laman Bright Side, Sabtu (19/3/2022), berikut adalah 5 manfaat keramas tanpa sampo:

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Kulit Kepala Lebih Sehat

Sementara sampo favorit Anda dapat membuat rambut Anda bersih, memiliki sedikit sebum di kulit kepala Anda sebenarnya baik untuk surai Anda.

Kulit kepala Anda menghasilkan jumlah minyak yang seimbang yang membuat rambut Anda sehat dan terhidrasi secara alami.

Karena sampo bertujuan untuk menghilangkan minyak berlebih, penggunaan sampo yang berlebihan dapat merusak rambut, membuat kulit kepala menjadi terlalu kering.

3 dari 7 halaman

2. Rambut Terlihat Lebih Lebat

Ada banyak produk di pasaran yang menjanjikan untuk membuat rambut Anda terlihat lebih bervolume, tetapi tidak buang air besar sebenarnya bisa membantu Anda mencapainya.

Menggunakan terlalu banyak produk justru dapat merusak rambut dan kulit Anda, dan akan membutuhkan waktu lama untuk memperbaikinya.

Lebih sedikit pasti lebih banyak dalam hal perawatan rambut, dan membuang produk dengan bahan kimia keras di dalamnya mungkin benar-benar membuat rambut Anda lebih kuat dan lebih penuh.

4 dari 7 halaman

3. Rambut Tidak Berminyak

Saat Anda memilih sampo, Anda mungkin ingin sampo membantu menghilangkan minyak dari rambut Anda.

Tetapi keramas terlalu sering justru dapat menyebabkan rambut Anda terlihat lebih berminyak. Setiap kali Anda mencuci rambut dengan sampo, itu membuat kulit kepala Anda stres, menyebabkannya mengirim sinyal untuk menghasilkan lebih banyak sebum untuk menenangkan dirinya sendiri.

5 dari 7 halaman

4. Tak Butuh Banyak Produk Rambut

Sebum dan minyak yang dihasilkan kulit kepala Anda sangat penting untuk rambut Anda, dan mencucinya sebenarnya dapat menyebabkan rambut kusut.

Jika rambut Anda benar-benar terlepas dari minyak alami, rambut mungkin terlihat kusam dan lebih sulit untuk ditata.

6 dari 7 halaman

5. Mengurangi Penggunaan Bahan Kimia

Sampo favorit Anda pasti memiliki bau yang luar biasa, tetapi bahan-bahan buatan yang memberikan bau yang menyenangkan dapat berpotensi berbahaya dan menjengkelka.

Dan sementara bahan kimia ini mungkin membantu Anda mendapatkan hasil instan, mereka dapat merusak rambut dan kulit Anda dalam jangka panjang.

Sulfat yang ditemukan di banyak sampo, misalnya, dapat mengiritasi kulit dan mengeringkan kulit kepala, dan ftalat bahkan dapat mengganggu keseimbangan hormon.

Alih-alih sampo, pilihlah beberapa cara yang lebih aman dan lembut untuk membersihkan rambut Anda, seperti soda kue atau minyak kelapa.

7 dari 7 halaman

Infografis Optimistis Kasus COVID-19 Terus Turun, tapi Tetap Waspada:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini