Sukses

Anies Baswedan Mulai Ritual Kendi Nusantara di Titik Nol Kilometer IKN

Gubernur Anies Baswedan jadi sosok pertama yang memasukkan tanah dan air ke sebuah kendi.

Liputan6.com, Nusantara - Pada Senin (14/3/2022), Presiden Joko Widodo menggelar ritual di titik nol kilometer Ibu Kota Negara (IKN) dalam rangka dimulainya pembangunan. Semua 34 gubernur dari Indonesia turut hadir.

"Saya di sini bersama 34 gubernur dari 34 provinsi dari seluruh Tanah Air dan 15 tokoh masyarakat dari Kalimantan Timur," ujar Presiden Jokowi seperti dilansir situs Setkab.

Presiden Jokowi sebelumnya meminta para gubernur membawa tanah dan air dari provinsi masing-masing untuk kemudian disatukan ke sebuah kendi.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi pemimpin daerah pertama yang memasukan tanah dan air. Sementara, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor menjadi penutup.

Ritual mencampur tanah dan air dari berbagai daerah ini dipandang sebuah simbol persatuan dari keberagaman Indonesia. Selanjutnya, para kepala daerah juga menanamkan pohon-pohon yang berasal dari daerah masing-masing.

Para anggota kabinet Presiden Jokowi turut hadir dalam acara ritual, dan turut hadir juga Ketua MPR Bambang Soesatyo.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada Gubernur yang Tak Hadir

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak 34 gubernur seluruh Indonesia ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kalimantan Timur untuk menjalani prosesi penyatuan tanah dan air, Senin (14/3/2022). Namun, ada enam gubernur yang tak hadir dalam prosesi ini.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, para gubernur dipanggil satu persatu utuk menyerahkan tanah dan air yang mereka bawa dari wilayahnya kepada Jokowi. Selanjutnya, Jokowi menuangkan tanah dan air itu ke sebuah gentong untuk disatukan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi kepala daerah pertama yang dipanggil untuk menyerahkan tanah dan air. Anies sendiri mengambil tanah dan air itu dari Jakarta Utara.

Kemudian, Gubernur Aceh Nova Iriansyah yang mendapat giliran untuk menyerahkan tanah dan air. Lalu, pembawa acara memanggil Gubernur Papua Lukas Enembe, namun ternyata tak hadir.

Kehadiran Lukas Enembe digantikan oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Sekda Papua Y. Derek Hagemu. Selain Papua, kehadiran Gubernur Banten Wahidin Halim juga diwakilkan oleh sang Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy.

Gubernur Bali I Wayang Koster juga tak hadir dalam prosesi penyerahan tanah dan air di IKN Nusantara. Dia diwakilkan oleh Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha.

Tanah dan air dari provinsi Bangka Belitung diserahkan oleh Wakil Gubernur Abdul Fatah. Hal ini karena Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman berhalangan hadir.

Adapun kepala daerah lain yang tak hadir antara lain, Gubernur Gorontalo Ruslie Habibie dan Gubernur Sugianto Sabran. Kehadiran mereka diwakili oleh masing-masing wakil gubernur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.