Sukses

141 Negara Sepakat Resolusi PBB Desak Rusia Setop Serang Ukraina, Putin Setuju?

Sebanyak 141 negara memberikan suara mendukung resolusi PBB yang menuntut agar Rusia segera mengakhiri operasi militernya di Ukraina. Lima negara menentang sementara 35 lainnya abstain.

Liputan6.com, Jenewa - Majelis Umum PBB mengadopsi resolusi pada Rabu 2 Maret 2022 yang menuntut agar Rusia segera mengakhiri operasi militernya di Ukraina.

Dikenal secara informal sebagai "balai kota" dunia, Majelis adalah tempat semua 193 Negara Anggota PBB bersuara. Mengutip UN News, Kamis (3/3/2022), sebanyak 141 negara memberikan suara mendukung resolusi tersebut, yang menegaskan kembali kedaulatan, kemerdekaan, dan integritas wilayah Ukraina.

Presiden Majelis Abdulla Shahid berjuang untuk membaca hasil pemungutan suara ketika para duta besar mulai bertepuk tangan, dan kemudian berdiri, ketika dia mulai berbicara.

Resolusi PBB tersebut menuntut agar Rusia "segera, sepenuhnya dan tanpa syarat menarik semua pasukan militernya dari wilayah Ukraina di dalam perbatasannya yang diakui secara internasional."

Resolusi tersebut disponsori oleh lebih dari 90 negara dan membutuhkan dua pertiga mayoritas di Majelis untuk disahkan.

Lima negara - Belarus, Republik Rakyat Demokratik Korea (lebih dikenal sebagai Korea Utara) Eritrea, Rusia dan Suriah - memberikan suara menentangnya, sementara 35 abstain.

Pemungutan suara mengakhiri sesi darurat khusus yang jarang terjadi di Majelis Umum PBB yang dimulai pada Senin 28 Februari, di mana perwakilan negara anggota naik ke podium untuk menyatakan posisi mereka dalam krisis yang kini memasuki minggu kedua.

'Keras dan jelas'

Berbicara setelah itu kepada wartawan, Shahid mengatakan resolusi tersebut mencerminkan keprihatinan besar masyarakat internasional tentang situasi di Ukraina.

"Saya bergabung dengan negara-negara anggota dalam mengungkapkan keprihatinan tentang 'laporan serangan terhadap fasilitas sipil seperti tempat tinggal, sekolah dan rumah sakit, dan korban sipil, termasuk wanita, orang tua, penyandang cacat, dan anak-anak'," katanya Shahid.

Sekretaris Jenderal PBB António Guterres, yang juga berbicara kepada wartawan, menyatakan bahwa dia berkewajiban untuk mendukung resolusi tersebut dan dipandu oleh seruannya.

"Pesan Majelis Umum sangat keras dan jelas: Akhiri permusuhan di Ukraina sekarang. Diamkan senjatanya sekarang. Buka pintu dialog dan diplomasi sekarang."

Sekjen PBB menekankan perlunya bertindak cepat karena situasi di Ukraina mengancam untuk menjadi jauh lebih buruk, menambahkan "jam yang terus berdetak adalah bom waktu."

Seruan kemanusiaan yang diluncurkan pada hari Selasa telah disambut dengan "catatan kemurahan hati", katanya, yang akan memungkinkan peningkatan pengiriman bantuan vital, termasuk pasokan medis dan kesehatan, serta makanan, air, dan perlindungan.

"Ke depan, saya akan terus melakukan segala daya saya untuk berkontribusi pada penghentian segera permusuhan dan negosiasi mendesak untuk perdamaian," kata Guterres kepada wartawan.

Alasan untuk percaya "Orang-orang di Ukraina sangat membutuhkan perdamaian. Dan orang-orang di seluruh dunia menuntutnya."

Bagi Duta Besar Ukraina untuk PBB, Sergiy Kyslytsya, ini adalah "hari yang menentukan," mengingat kata-kata dari pernyataannya di Majelis.

"PBB masih hidup dan sedang mengalami proses katarsis," ujar Sergiy Kyslytsya."Saya percaya pada PBB; sekarang orang-orang di Ukraina memiliki lebih banyak alasan untuk percaya pada PBB."

Sejauh ini Presiden Rusia Vladimir Putin belum mengeluarkan pernyataan terkait resolusi PBB terkait invasi Moskow.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Voting Resolusi PBB Soal Agresi terhadap Usai Serangan Rusia

Mengutip ABC News, pemungutan suara pada resolusi "Agresi terhadap Ukraina" yang menghasilkan 141-5, dengan 35 abstain, terjadi ketika Rusia membombardir kota terbesar kedua di Ukraina dan mengepung dua pelabuhan penting, dan konvoi besar kendaraan militer Rusia bersiap di luar ibu kota Ukraina, Kiev.

Hanya Belarusia, Suriah, Korea Utara, dan Eritrea yang bergabung dengan Rusia dalam menentang tindakan tersebut, sebuah indikasi kuat dari isolasi internasional yang dihadapi Presiden Rusia Vladimir Putin karena menyerang tetangganya yang lebih kecil—dan yang ingin ditekankan oleh para pendukung resolusi tersebut.

Negara yang abstain termasuk China dan India, seperti yang diharapkan, tetapi juga beberapa kejutan dari sekutu Rusia biasa Kuba dan Nikaragua. Dan Uni Emirat Arab, yang abstain pada resolusi Dewan Keamanan yang serupa pada hari Jumat, memilih "ya."

Kuba telah berbicara dalam pembelaan Rusia pada hari Selasa, dengan Duta Besar Pedro Luis Cuesta menyalahkan krisis pada apa yang dia katakan adalah tekad AS untuk terus memperluas NATO ke perbatasan Rusia dan pengiriman senjata modern ke Ukraina, mengabaikan kekhawatiran Rusia untuk keamanannya sendiri. Dia mengatakan kepada majelis bahwa resolusi tersebut “menderita karena kurangnya keseimbangan” dan tidak mulai mengatasi kekhawatiran kedua belah pihak, atau "tanggung jawab mereka yang mengambil tindakan agresif yang memicu eskalasi konflik ini."

Dari Washington, Presiden AS Joe Biden menyebut sesi khusus itu bersejarah dan demonstrasi "persatuan global yang belum pernah terjadi sebelumnya."

"Sebagian besar dunia mengakui bahwa jika kita tidak melawan Rusia Putin, itu hanya akan menimbulkan kekacauan dan agresi lebih lanjut di dunia," kata Biden dalam sebuah pernyataan.

Setelah Rusia memveto resolusi Dewan Keamanan yang serupa pada hari Jumat, Ukraina dan para pendukungnya memenangkan persetujuan majelis untuk mengadakan sesi khusus darurat - yang pertama sejak 1997 - untuk mencoba menyoroti penentangan terhadap invasi Rusia.

Menyesalkan "agresi" Rusia terhadap Ukraina "dalam istilah yang paling kuat," tindakan itu menuntut penghentian segera penggunaan kekuatan Moskow dan penarikan segera, lengkap dan tanpa syarat semua pasukan Rusia.

Resolusi tersebut mengatakan bahwa operasi militer Rusia di Ukraina "berada pada skala yang belum pernah dilihat masyarakat internasional di Eropa dalam beberapa dekade dan bahwa tindakan mendesak diperlukan untuk menyelamatkan generasi ini dari bencana perang.” Ini “mendesak resolusi damai segera dari konflik" dan menegaskan kembali komitmen majelis "untuk kedaulatan, kemerdekaan, persatuan dan integritas wilayah Ukraina dalam perbatasan yang diakui secara internasional."

Langkah itu juga mengutuk "keputusan Federasi Rusia untuk meningkatkan kesiapan kekuatan nuklirnya" – sebuah masalah yang diangkat oleh banyak anggota PBB yang khawatir tentang prospek itu.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Reaksi Global terhadap Serbuan Rusia ke Ukraina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.