Sukses

7 Februari 1962: AS Umumkan Embargo Penuh terhadap Kuba, Imbas Perang Dingin

Pada 7 Februari 1962, Presiden John F. Kennedy mengeluarkan perintah eksekutif yang memperluas pembatasan perdagangan Amerika Serikat dengan Kuba.

Liputan6.com, Havana - Pada 7 Februari 1962, Presiden John F. Kennedy mengeluarkan perintah eksekutif yang memperluas pembatasan perdagangan Amerika Serikat dengan Kuba.

Embargo berikutnya, yang secara efektif membatasi semua perdagangan antara Kuba dan Amerika Serikat, telah memiliki efek yang sangat negatif pada ekonomi negara pulau itu dan membentuk sejarah belahan bumi barat, demikian seperti dikutip dari History, Senin (7/2/2022).

Embargo itu adalah hasil dari penurunan cepat dalam hubungan AS-Kuba.

Meskipun revolusioner Fidel Castro telah menggulingkan pemerintah yang didukung oleh AS pada tahun 1959, rezim Kuba yang baru pada awalnya mencari hubungan persahabatan dengan tetangganya yang paling kuat.

Castro melakukan tur niat baik ke Amerika serikat dan berbicara dengan penuh semangat tentang kerja sama regional yang lebih besar, tetapi Amerika tetap skeptis, takut bahwa dia adalah seorang komunis.

Tahun berikutnya, Presiden Dwight D. Eisenhower melarang perusahaan-perusahaan Amerika menjual minyak ke Kuba, mendorong Castro untuk menasionalisasi ketiga kilang minyak Amerika di pulau itu.

Setelah Invasi Teluk Babi, upaya yang gagal dalam kontra-revolusi yang dipentaskan oleh CIA pada tahun 1961, Castro meninggalkan semua harapan hubungan persahabatan dengan AS, menyatakan Kuba sebagai Marxis.

Situasi diplomatik tumbuh lebih dingin dan tegang, menyebabkan Kennedy untuk memperluas embargo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Status Embargo Kemudian

Embargo telah berakhir beberapa kali, terutama di bawah Presiden Jimmy Carter dan Barack Obama.

Akibatnya, menjadi lebih mudah bagi orang Amerika untuk memasuki Kuba secara legal, meskipun perjalanan masih terbatas, dan beberapa agribisnis Amerika diizinkan untuk menjual ke Kuba.

Meskipun demikian, embargo telah memiliki efek yang menghancurkan.

Meskipun ekonomi AS sebenarnya diperkirakan kehilangan lebih banyak per tahun - hampir $ 5 miliar - karena embargo, ekonomi Kuba yang jauh lebih kecil diperkirakan kehilangan sekitar $ 685 juta per tahun. Kerugian dari calon wisatawan Amerika, yang berduyun-duyun ke hampir setiap pulau lain di Karibia, menyumbang sebagian besar dari itu.

Embargo tidak pernah mencapai tujuan utama sebagian besar embargo - mengisolasi negara target dan memaksanya untuk menyetujui tuntutan lawannya - tetapi memaksa Kuba untuk menjadi sangat bergantung pada Uni Soviet. Ketika Uni Soviet dibubarkan pada tahun 1991, ekonomi Kuba hancur.

Kuba terus berdagang dengan seluruh dunia, tetapi embargo pada pergerakan orang dan barang antara pulau itu dan negara terkaya dan paling kuat di kawasan itu telah memberikan pukulan ekonominya yang telah menghambat perkembangannya untuk hampir semua sejarahnya sebagai negara merdeka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini