Sukses

Penembakan Bos Telekomunikasi Myanmar di Dekat Rumahnya, Target Militan Anti-Pemerintah?

Eksekutif di perusahaan telekomunikasi yang terkait dengan militer Myanmar ditembak mati pada Kamis 4 November 2021 di dekat rumahnya di Yangon.

Liputan6.com, Yangon - Seorang eksekutif di perusahaan telekomunikasi yang terkait dengan militer Myanmar ditembak mati pada Kamis 4 November 2021 di dekat rumahnya di Yangon, ibu kota komersial negara itu. Pembunuhan diduga terkait dengan kerusuhan politik yang kejam di negara tersebut.

Mengutip AP News, Jumat (5/11/2021), Thein Aung yang merupakan bos atau kepala keuangan Mytel Telecommunications Co., ditembak oleh tiga pria yang bersepeda pada pukul 07.30 saat berjalan dengan istrinya di dekat rumah mereka di Mayangone, kata administrator lingkungan Ye Win Aung. Istrinya, Theint Aung Thu, terluka dan dibawa ke rumah sakit.

Kantor informasi militer mengkonfirmasi serangan terhadap eksekutif berusia 56 tahun, yang merupakan mantan perwira angkatan laut. Sejauh ini belum ada yang mengaku bertanggung jawab.

Mytel, operator telekomunikasi terbesar keempat Myanmar, adalah perusahaan patungan antara militer Myanmar dan Kementerian Pertahanan Vietnam dan diluncurkan pada 2018.

Penembakan itu tampaknya dilakukan oleh militan penentang pemerintah militer Myanmar, yang mengambil alih kekuasaan pada Februari ketika tentara menggulingkan pemerintah terpilih Aung San Suu Kyi.

Mytel, sebagai perusahaan yang memberikan pendapatan kepada pemerintah, menjadi target utama musuh pemerintah. Ini adalah fokus boikot konsumen, dan media lokal telah melaporkan lebih dari 80 menara ponselnya telah dihancurkan oleh sabotase. Video dari beberapa yang rusak telah diposting di media sosial.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Militan telah sering melakukan pembunuhan yang ditargetkan, sabotase, pembakaran dan pemboman kecil dalam beberapa bulan terakhir. Jika keterlibatan mereka dikonfirmasi, Thein Aung akan menjadi korban paling terkenal mereka.

Mereka yang biasanya menjadi sasaran pembunuhan adalah orang-orang yang diyakini sebagai informan atau kolaborator dengan pemerintah. Seringkali mereka adalah pejabat lokal. Banyak yang berhenti dari pos mereka sebagai tanggapan atas ancaman.

Pemerintah juga menggunakan kekerasan dalam skala yang lebih besar, dengan militer menggunakan artileri untuk menyerang desa-desa yang diyakini menampung lawan-lawan bersenjata. Investigasi yang diterbitkan minggu lalu oleh The Associated Press memberikan laporan yang kredibel tentang penyiksaan yang dilakukan oleh pasukan keamanan, yang juga dituduh "menghilangkan" aktivis.

Perlawanan dengan kekerasan adalah hasil dari kampanye pembangkangan sipil tanpa kekerasan yang diluncurkan tak lama setelah pengambilalihan militer. Ketika pasukan keamanan mulai menggunakan kekuatan mematikan untuk meredam demonstrasi, beberapa pengunjuk rasa menanggapi dengan senjata rakitan seperti ketapel dan bom api.

Menurut Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik, pasukan keamanan telah membunuh lebih dari 1.200 warga sipil.

Kekerasan meningkat ketika posisi kedua belah pihak mengeras.

Selain boikot konsumen terhadap Mytel, para aktivis telah mendesak investor dan pemasok asing untuk menghindari perusahaan tersebut.

Seorang direktur Mytel dihubungi melalui telepon Kamis menolak untuk mengomentari serangan atau kritik terhadap perusahaan. Panggilan ke telepon juru bicara tidak dijawab.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.