Sukses

PM Morrison Bakal Izinkan Pemain Tenis Tanpa Vaksinasi COVID-19 Ikut Australia Open

Liputan6.com, Jakarta - Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan pemain tenis yang tidak tak vaksinasi COVID-19 bakal diizinkan memasuki dan bermain di ajang Australia Open / Australia Terbuka pada Januari 2022 mendatang. Hal ini diperbolehkan dan perlu menjalani karantina lebih dulu selama dua minggu.

Namun, pendapat Morrison bertentangan dengan pernyataan menteri imigtasi Alex Hawke. Pada pekan lalu, Alex Hawle mengatakan bahwa pemain tenis dan atlet lainnya wajib divaksinasi ganda untuk memasuki negara Australia.

Dilansir CNBC, Rabu (27/10/21), pernyataan PM Morrison merupakan kabar baik bagi dunia tenis Australia. Petenis peringkat satu dunia dari Serbia, Novak Djokovic dan pemain top lainnya yang tak jelas status vaksinasinya dapat bersaing di ajang Grand Slam.

"Aturan yang sama harus belaku untuk semua orang," kata Morrison kepada Seven News.

Negara bagian Victoria, di mana lokasi turnamen Melbourne Park berada, akan memberlakukan peraturan karintana secara ketat.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Mengelola Risiko

Lain halnya dengan Premier Victoria Daniel Andrews sangat menentang pemain tenis yang tidak vaksinasi COVID-19 memasuki Australia. Beliau mengatakan keputusan tersebut akan membuat pemerintah federal mengelola risikonya jika memutuskan untuk menerapkannya.

Perubahan kebijakan kemungkinan akan terbukti kontroversial di Victoria, yang telah menjalani lockdown COVID-19 sejak awal krisis kesehatan global akibat pandemi Virus Corona.

Sementara itu, atlet profesional di negara bagian itu berada di bawah mandat vaksin COVID-19, mencakup pelatih, ofisial, media, dan staf lain yang terlibat dalam kompetisi elit.

Itu berarti pemain tenis mungkin satu-satunya tim yang tidak menjalani vaksinasi COVID-19 di Australia Terbuka, di mana penggemar dan wasit membutuhkan bukti vaksinasi. Saat ini sekitar 70% dari 100 pemain pria dan wanita teratas sudah vaksinasi COVID-19.

 

Penulis : Alicia Salsabila

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19