Sukses

10 Tanda Anjing Anda Harus Segera Dibawa ke Dokter Hewan

Inilah 10 tanda yang jika ditunjukkan anjing peliharaan Anda, maka cepat buat janji temu dengan dokter hewan.

Liputan6.com, Jakarta - Saat peliharaan anjing sudah seperti keluarga, Anda pasti akan menyayanginya seperti diri Anda sendiri. Termasuk menjaganya supaya tetap sehati dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Meskipun vaksinasi dan pemeriksaan dokter hewan penting, ada juga hal lain yang sebaiknya Anda perhatikan tiap kunjungan rutin. Hal yang pasti tidak diinginkan adalah anjing peliharaan sakit karena kelalaian Anda.

Berikut adalah beberapa pertanda bahwa anjing Anda harus segera dibawa ke dokter hewan, yang dilansir dari laman Tandcvets, Jumat (20/8/2021).

1. Perubahan Kebiasaaan Makan

Ilustrasi anjing sedang makan (pixabay)

Setiap perubahan yang Anjing peliharaan tunjukan saat makan adalah peringatan bagi Anda untuk segera membawanya ke dokter hewan.

Jika Anjing peliharaan tiba-tiba mengangkat hidungnya pada makanan atau camilan sehari-harinya, itu dapat menandakan apa saja. Mulai dari masalah pencernaan, hingga penyumbatan serius di usus yang memerlukan pembedahan.

2. Minum Terlalu Banyak atau Sedikit

Ilustasi anjing minum (pixabay)

Tidak minum air yang cukup atau tidak buang air kecil juga dapat diidentifikasi sebagai masalah pencernaan. Jika anjing minum atau buang air kecil berlebihan, dokter harus memeriksanya untuk diabetes atau penyakit ginjal.

3. Pernapasan Sulit atau Cepat

Ilustrasi anjing berlari (pixabay)

Setiap anjing terengah-engah di hari yang panas atau setelah berolahraga, tetapi mereka seharusnya tidak mengalami kesulitan bernapas setelah istirahat sejenak atau kembali ke suhu dingin.

Meskipun anjing mengalami pilek atau alergi tertentu, hal itu dapat menentukan apakah ada masalah yang lebih serius pada anjing.

4. Muntah atau Perubahan Kotoran Anjing

Ilustrasi anjing sakit (pixabay)

Memuntahkan makanan sekali atau mengalami diare tidak selalu mengkhawatirkan bila hanya terjadi sebentar. Namun, perubahan kotoran yang terus menerus dapat mengindikasi peradangan pencernaan, penyumbatan, alergi, atau penyakit lain. Terutama muntah, bisa jadi hewan peliharaan Anda memakan sesuatu yang beracun.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Kurang Energi atau Lesu

Meskipun anjing muda atau anak anjing lebih mengkhawatirkan, kelesuan dan ketidaktertarikan umum pada hiburan yang lebih aktif dapat menjadi tanda bahwa anjing sedang sakit atau memiliki keluhan fisik yang menyakiti mereka.

6. Keseimbangan Buruk atau Kesulitan dengan Gerakan Teratur

Ilustrasi anjing bermain bola (pixabay)

Setiap ada perubahan pada gerakan atau keseimbangan Anjing, Anda harus segera membuat janji temu dengan dokter hewan. Pincang mungkin sesederhana tendon yang tegang, masalah keseimbangan dan gerakan canggung dapat mengidikasikan masalah neurologis

7. Iritasi, Mata Berair atau Merah

Ilustrasi anjing yang sakit (pexels)

Infeksi dan iritasi dapat mengubah tampilan mata anjing Anda. Jika berwarna merah, robek, atau menghasilkan lendir berlebih, anjing itu mungkin harus dibawa ke klinik. Kemungkinan lain termasuk goresan atau cedera lain pada kornea.

8. Ruam atau Perubahan Kulit dan Rambut

Ilustrasi anjing ke dokter hewan (pexels)

Banyak ruam kulit, kulit kering dan bulu kusam akibat makanan dan alergi lainnya, tetapi tidak ada yang boleh membiarkan anjing mereka menderita karena iritasi dan gatal. Dokter hewan dapat membantu menentukan penyebab masalah kulit dan rambut serta memberikan solusi.

9. Meringis, Merengek, atau Menangis

Ilustrasi anjing yang menangis (pixabay)

Ketiga tindakan ini menunjukkan cedera atau rasa sakit yang dialami anjing Anda. Jika Anda mulai mengelus anjing dan mereka menghindar atau merengek, maka ada sesuatu yang salah. Hewan peliharaan Anda mungkin memerlukan rontgen dan pemeriksaan lengkap untuk menentukan penyebabnya.

10. Perilaku Agresif atau Tidak Biasa

Ilustrasi anjing yang agresif (pixabay)

Setiap kali perilaku hewan peliharaan menjadi lebih buruk adalah pertanda ada sesuatu yang tidak beres. Sama seperti orang yang menjadi rewel ketika mereka sakit atau kesakitan, anjing dapat memiliki reaksi yang sama. Jangan bersasumsi jika anjing tiba-tiba menggonggong lebih sering, menggeram, mondar-mandir, atau tindakan agresif lain, maupun gelisah adalah masalah perilaku.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat janji temu dengan dokter hewan yang akan memeriksanya.

 

Reporter: Ielyfia Prasetio

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.