Sukses

Sambut HUT ke-76 RI, Dubes AS Sung Y. Kim Harap Persahabatan dengan Indonesia Kian Erat

Duta Besar Amerika Serikat, Sung Y. Kim, menyampaikan ucapan selamat HUT ke- 76 RI untuk Indonesia dan menyerukan keeratan persahabatan AS-Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Amerika Serikat, Sung Y. Kim, menyampaikan ucapan selamat HUT ke-76 untuk Indonesia.

Pesan itu ia sampaikan dalam sebuah video yang dipublikasikan oleh Kedutaan Besar AS di laman media sosial mereka. 

"Atas nama pemerintah Amerika Serikat, Kedutaan Besar kami di Jakarta, Konsulat kami di Surabaya dan Medan, dan Agen Konsular kami di Bali, saya mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-76 Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus," kata Dubes Kim dalam pesan video tersebut yang dikutip Selasa (17/8/2021).

Dalam video itu, Dubes Kim juga kembali menyampaikan pesan Hari Nasional yang disampaikan oleh Presiden AS Joe Biden kepada Presiden RI Joko Widodo, "kemitraan strategis yang erat di antara kedua negara saat ini lebih penting dari sebelumnya".

"Kami tetap berkomitmen untuk mempererat kemitraan strategis dan persahabatan antara dua negara, melalui landasan demokrasi bersama yang memampukan kita berdiri bersama untuk kemakmuran wilayah dan global," tuturnya.

"Dan di masa pandemi COVID-19 yang menantang ini, kami akan terus bersama dengan teman Indonesia kami untuk selamatkan kehidupan dan bekerjasama untuk selamatkan kehidupan dan bekerjasama untuk wujudkan pembukaan ekonomi Indonesia yang aman. Merdeka!," kata Dubes Kim.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menlu AS Anthony Blinken Ucapkan HUT ke-76 RI, Ajak Indonesia Terus Jalin Kemitraan Diplomatis

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken juga mengirimkan ucapan dalam rangka HUT ke-76 RI atas nama Amerika Serikat. Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden juga telah menyampaikan ungkapan serupa. 

"Atas nama Amerika Serikat, saya mengucapkan selamat kepada rakyat Indonesia pada kesempatan hari ulang tahun kemerdekaan tanggal 17 Agustus," ujar Blinken melalui pernyataan resmi yang diterima Liputan6.com, Selasa (17/8). 

Blinken menyampaikan bahwa ia menilai Indonesia sebagai negara demokratis yang penting di kawasan dan sebagai suara yang berpengaruh terkait prioritas-prioritas global.

"Kami terus menegaskan dan meneguhkan kemitraan strategis antara Amerika Serikat dan Indonesia, terutama saat kita bekerja sama untuk mengatasi pandemi COVID-19 serta mendorong Indo-Pasifik yang lebih damai, stabil, sejahtera, dan sehat," katanya lagi. 

Ia juga menambahkan bahwa Amerika Serikat bangga akan ikatan bersejarah kedua negara.

"Kami menyampaikan selamat kepada Anda dan rakyat Indonesia yang merayakan hari ulang tahun kemerdekaan dengan suka cita," tutupnya.

3 dari 3 halaman

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.