Sukses

Emak-Emak Dapat Uang Nyasar Rp 14 T, 3 Orang Ini Kaget Nemu Duit Banyak Dadakan

Selain kisah emak Julia, sejumlah orang ini juga mendapat uang nyasar dan dalam jumlah fantastis. Berikut ini ulasannya Liputan6.com rangkum dari beragam sumber.

Liputan6.com, Jakarta - Kisah emak-emak bernama Julia Yonkowski jadi sorotan, gara-garanya ia mendapat uang nyasar. Saldo saat mengambil duit di ATM mendadak banyak sekali.

Wanita sepuh asal Florida ini awalnya hanya berniat mengambil sekitar Rp 300 ribu, namun terkejut ketika mengetahui sisa uangnya Rp 14 triliun.

"Ya Tuhan, saya ketakutan. Saya tahu kebanyakan orang akan berpikir mereka memenangkan lotre tetapi saya ketakutan," ujar Julia Yonkowski seperti dilaporkan WFLA, Selasa 22 Juni 2021.

Peristiwa itu terjadi pada Sabtu 19 Juni ketika wanita itu sedang mengambil uang di rekening Chase Bank miliknya. Saat melihat bukti penarikan, sisa uangnya mencapai 999,9 juta dolar (Rp 14 triliun).

Alih-alih memakai uang nyasar tersebut, Julia lantas berusaha untuk datang ke bank langsung pada hari kerja untuk mengurus dana fantastis yang masuk rekeningnya.

Selain kisah emak Julia, sejumlah orang ini juga mendapat uang nyasar dan dalam jumlah fantastis. Berikut ini ulasannya Liputan6.com rangkum dari beragam sumber, Rabu (23/6/2021):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Menemukan Uang Rp 1 M di TV

Seorang pekerja di bisnis daur ulang barang menemukan uang tunai dadakan lebih dari 100.000 dolar Kanada atau sekitar Rp 1 miliar, di dalam sebuah televisi yang akan didaur ulang di sebuah pabrik di Ontario pada Januari 2017.

"Ada seperti empat tumpukan uang US$ 50, dan aku tahu itu jumlahnya banyak," kata Rick Deschamps, general manager dari perusahaan itu kepada CTV.

Deschamps memuji karyawannya yang bersikap jujur ​​dan mengembalikan kotak itu ke pihak berwenang.

Bersama dengan tumpukan uang itu, ada dokumen yang mengarahkan polisi kepada pemilik TV tua yang berusia 68 tahun. Ia menyebutkan kepada penyelidik bahwa dirinya memberi satu set televisi ke sang teman 30 tahun yang lalu.

Dia rupanya juga sudah lupa bahwa ada uang di dalamnya.

"Rencananya saat itu ia akan memberikan uang kepada anggota keluarga sebagai warisan," kata polisi.

Seorang teman kemudian membuang televisi itu tanpa tahu bahwa benda tersebut adalah 'harta karun'.

"Pria itu kini telah menemukan uangnya," jelas kepolisian setempat.

 

3 dari 4 halaman

2. Uang Rp 586 Juta di Sofa

Howard Kirby, lelaki asal Michigan ini menemukan uang di dalam salah satu bantal sofa yang dibelinya dari toko barang bekas seharga Rp 477 ribu.

Hal yang paling mengejutkan yaitu uang yang ditemukannya berjumlah sebesar Rp 586 juta dan dia memutuskan untuk mengembalikan uang kepada pemilik awal sofa. Demikian dikutip dari ABC News, Minggu 19 Janunari 2020.

"Dia bisa menggunakan uangnya karena memiliki kebutuhan, tetapi dia mengatakan hanya merasakan dorongan dari Tuhan yang mengatakan bahwa uang itu bukan miliknya," jelas Rick Merling, manajer dari toko bekas itu.

Kirby bertemu dengan pemilik awal sofa untuk mengembalikan uang tersebut. Pihak toko telah memanggil keluarga untuk mengatakan bahwa Kirby menemukan sesuatu yang pasti mereka mau untuk memilikinya kembali.

Saat ditanya oleh seseorang terkait apakah bantalnya akan dikembalikan atau tidak, Kirby menjawab, "Tidak, bantal itu harganya Rp 586 juta."

4 dari 4 halaman

3. Uang Rp 19 Juta di Kotak Pizza

Mengutip Daily Mail, pada 2015 lalu ada seorang pria yang menemukan uang setara Rp 19 juta di kotak piza pesanannya. Begini cerita selengkapnya.

Mike Vegas asal Berkeley meminta untuk diantarkan pizza dan sayap ayam pada akhir pekan untuk mengisi hari liburnya.

Ia tak sempat memakan semua pesanannya, sayap ayam sisanya tak dibuka dan disimpan begitu saja. Lalu ditinggal kerja. Ketika ia pulang dan hendak memakannya, ia begitu terkejut mendapati uang senilai hampir 19 juta rupiah dalam kotak pesan-antar tersebut.

Menurut laporan ABC News, pria itu mendapat telepon berulang-ulang ketika sedang bekerja. Namun ia tidak menaruh perhatian karena kesibukannya.

Barulah kemudian ia menyadari panggilan tersebut berasal dari pengantar cabang Domino’s Pizza tempat ia melakukan pemesanan. Ingin memberi tahu bahwa ada pengantar menaruh uang sebesar itu dalam kotak pesan-antar yang seharusnya disetor ke bank.

Mike Vegas, yang pernah bekerja menjadi pengantar pizza saat usia 16 tahun, kemudian mengunggah pertanyaan dilematis ke akun Facebook-nya.

“Saya ceritakan kejadian ini di Facebook-- dan tentu saja perdebatan terjadi terkait, 'apakah saya simpan uang itu atau kembalikan?'. Saya sempat berpikir menyimpannya, tapi saya tidak tega melakukannya.”

Mike kemudian mendatangi cabang restoran siap saji tempat ia melakukan pemesanan, lalu mengembalikan uang tersebut kepada manajer.

Sang manajer pun berterima kasih atas kejujuran Mike dan kemudian menawarkannya pizza gratis selama satu tahun kepada Mike.

Mike dengan senang hati menerima tawaran tersebut, dan ia pun mendapatkan pesanan ayam panggangnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.