Sukses

22 Juni 2011: Bos Mafia James Bulger Ditangkap Usai Jadi Buronan 16 Tahun

Berhasil kabur selama 16 tahun, akhirnya James Bulger ditangkap pada 22 Juni 2011.

Liputan6.com, Santa Monica - Pada 22 Juni 2011, 16 tahun setelah melarikan diri dari hukum, James "Whitey" Bulger, bos mafia Boston yang dicari karena melakukan 19 pembunuhan ditangkap di Santa Monica, California, Amerika Serikat (AS).

Dikutip dari History, Senin (21/6/2021), Bulger yang pada saat itu berusia 81 tahun menjadi salah satu burnonan "Sepuluh Paling Dicari" FBI.

Saat ditangkap, ia bersama teman lamanya, Catherine Greig, yang melarikan diri dari Massachusetts dengannya pada akhir 1994 tidak lama sebelum ia juga didakwa atas tuduhan pidana federal.

Bulger lahir di Massachusetts pada 1929 lalu dibesarkan di sebuah proyek perumahan South Boston. Ia menjalani hukuman di penjara pada 1950-an an awal 1960 karena merampok bank.

Setelah itu, ia kembali ke Boston dan membangun kerajaan kejahatan terorganisir dengan rekannya, Stephen Flemmi. Pasangan tersebut terlibat dalam perdagangan narkoba, pemerasan, pembunuhan, dan sejumlah kegiatan ilegal lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Meninggal pada 2018

Untuk mendapatkan perlindungan dari penuntutan, mereka bekerja sebagai informan FBI pada 1970-an.

Namun, setelah seorang agen FBI memberi tahu Bulger bahwa ia akan ditangkap karena tuduhan pemerasan, ia menghilang pada 1995.

Diburu secara internasional, Bulger berhasil menghindari pihak berwenang selama lebih dari satu setengah dekade sampai pada 20 Juni 2011, FBI menggunakan taktik baru dengan menayangkan iklan layanan masyarakat yang berfokus pada Greig, pendamping Bulger.

Iklan itu ditayangkan di seluruh AS di mana mafia pernah tinggal atau memiliki kontak, ditunjukan untuk permirsa wanita yang mungkin telah melihat Greig, yang juga menjalani berbagai operasi kosmetik di salon kecantikan atau kantor dokter.

Berkat iklan itu, agen FBI mengintai pasangan tersebut lalu menggunakan nama Charles dan Carol Gasko untuk menangkap mereka di gedung apartemen dua kamar tidur sederhana di California Selatan.

Setelah ditangkap, mereka kembali ke Boston dan pada Juni 2012, sebagai bagian dari kesepakatan pembelaan, Greig dijatuhi hukuman delapan tahun penjara karena membantu Bulger sembunyi.

Bulger diadili pada 12 Agustus 2013 di mana ia dinyatakan bersalah atas 31 dari 32 dakwaan terhadapnya, termasuk berpartisipasi dalam sebelas pembunuhan dan tindakan kriminal lainnya.

Pada 13 November 2013, seorang hakim federal memvonis Bulger dengan dua hukuman seumur hidup ditambah lima tahun.

Ia meninggal saat dipenjara pada 30 Oktober 2018.

 

Reporter: Paquita Gadin

3 dari 3 halaman

Infografis Jadwal Euro 2021 Babak Penyisihan Grup

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini