Sukses

London Oxford Circus Akan Disulap Menjadi Kawasan Pedestrian

Liputan6.com, London - London Oxford Circus yang sudah terkenal akan dirubah menjadi area khusus pejalan kaki. Gagasan ini untuk mengurangi angka kecelakaan dan meningkatkan kualitas udara di ibu kota London, Inggris.

Berdasarkan laporan yang diterima Sky News pada Jumat (18/06/2021). Pekerjaan akan dimulai akhir tahun 2021. Perubahan fungsi jalan didasari untuk mengatasi kemacetan serius di daerah ini. Proyek akan bekerja sama dengan Transport For London.

Di samping itu ada juga pembangunan jalur "Elizabeth Line" yang diyakini bisa menyumbang 60 juta pejalan kaki tambahan per tahun ke pusat London. Serta 70 persen orang akan melakukan perjalanan ke Oxford Street melalui kereta bawah tanah.

Diharap pula upaya ini bisa meningkatkan akses ke stasiun Tube Oxford Circus dan memprioritaskan pejalan kaki.

2 dari 2 halaman

Rencana Perubahan Sudah Ada Sejak Tahun 1980-an

Rencana tersebut rupanya telah menjadi bahan pertimbangan para dewan sejak tahun 1980-an. Mereka menunda pelaksanaan karena kesulitan mengubah rute transportasi umum. Lalu, bertambahnya pula waktu perjalanan dan potensi kerugian bagi pengemudi taksi.

"Kami merubah karena alasan mendesak terkait mengatasi masalah kemacetan lalu lintas, keselamatan pejalan kaki, kualitas udara dan polusi suara," tegas Pemimpin Dewan Kota Westminster, Rachael Robathan.

Ia menjelaskan kemacetan di persimpangan ini adalah masalah serius dan perlu tindakan lebih lanjut.

"Setelah pandemi dan bangunan baru Elizabeth Line semoga bisa mendatangkan manfaat dan peluang bisnis kembali di sekitar sini," jelasnya.

"Kami berharap pula pembuatan area khusus pejalan kaki di sekitar The Piazza, Oxford Circus tidak hanya meningkatkan keselamatan, keamanan dan aksesbilitas. Semoga ini bisa jadi destinasi ikonik di jantung kota London," pungkas Robathan.

Mereka akan melakukan kompetisi yang diselenggarakan oleh British Architects pada musim panas mendatang. Rancangan desain turut melihat kondisi para pengendara sepeda di area Oxford Street dan Borough.

Berdasarkan spanduk proyek Dewan Kota Westminster dan Crown Estate. Rencananya proyek akan turut menambahkan penamaan dan tempat duduk di distrik perbelanjaan serta rekreasi. Sebagai langkah bagian dari perbaikan tatanan ruang publik.

 

Reporter: Bunga Ruth