Sukses

Cara Hilangkan Pikiran Mengganggu yang Membuat Susah Tidur Sepanjang Malam

Kita yang tidak memiliki masalah tidur terkadang merasa cemas atau stres, dan menyebabkan kita sulit untuk tidur. Tapi jangan khawatir, ada cara untuk kembali tidur nyenyak.

Liputan6.com, Jakarta - Beban pikiran terkadang membuat kita sulit untuk sekedar tidur memejamkan mata. Berbagai cara sudah dicoba, entah itu dengan mandi santai, segelas susu hangat, menghitung domba, namun tidak ada yang membantu Anda menenangkan pikiran yang terus berputar di kepala. 

Bahkan kita yang tidak memiliki masalah tidur terkadang merasa cemas atau stres, dan saat itulah pikiran kita yang berpacu menyerang kita. Tapi jangan khawatir, ada cara untuk memenangkan kembali tidur nyenyak.

Melansir Bright Side, berikut adalah kumpulan tips dan trik yang mungkin dapat membantu Anda menenangkan pikiran dan tertidur lebih cepat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Fokus Pada Apa yang Terjadi Saat Ini

Pikiran yang tidak membuat kita tertidur sering dikaitkan dengan masa lalu atau masa depan. Kami khawatir tentang apa yang mungkin terjadi, atau menyesal melakukan atau tidak melakukan sesuatu di masa lalu.

Jika ini yang terjadi pada Anda, cobalah untuk fokus pada apa yang sedang terjadi di sini, saat ini.

Meskipun kita tidak dapat mengubah masa lalu, juga tidak dapat memprediksi masa depan, saat ini adalah sesuatu yang dapat kita kendalikan, dan perubahan fokus ini dapat memberikan relaksasi yang dibutuhkan otak kita.

3 dari 6 halaman

Singkirkan Perangkat Elektronik

Menggunakan ponsel, laptop, dan tablet sebelum tidur dapat meningkatkan tingkat kecemasan dan stres, terutama jika Anda membaca atau menonton berita atau hal lain yang membuat Anda khawatir atau membuat otak Anda sibuk.

Selain itu, cahaya dari perangkat elektronik ini sangat mempengaruhi produksi melatonin dalam tubuh Anda, membuat Anda semakin sulit untuk tertidur.

4 dari 6 halaman

Jadwalkan Waktu Tertentu untuk Khawatir

Sama seperti Anda menjadwalkan waktu untuk berbelanja, bertemu dengan teman-teman Anda, atau melakukan pekerjaan rumah tangga, Anda dapat mencoba merencanakan 15 hingga 30 menit dalam sehari untuk kekhawatiran.

Luangkan waktu ini untuk pikiran yang mengganggu dan, kemungkinan besar, mereka tidak akan kembali lagi nanti malam.

Selama “waktu yang mengkhawatirkan” ini, tuliskan pikiran stres di atas kertas dan pikirkan beberapa langkah praktis yang dapat Anda ambil untuk mengatasi masalah yang membuat khawatir.

Bersikaplah gigih dan cobalah menjadikan teknik ini bagian dari rutinitas untuk mencapai hasil yang lebih baik.

5 dari 6 halaman

Hirup Aroma Minyak Esensial Lavender

Minyak esensial lavender sering digunakan dalam aromaterapi untuk menghilangkan stres, relaksasi, dan tidur yang lebih baik. Anda bisa menaburkan beberapa tetes pada handuk atau kain, atau menambahkan sedikit minyak ke bak mandi Anda. Minyak atsiri dapat menyebabkan reaksi alergi, jadi berhati-hatilah saat menggunakannya.

 

6 dari 6 halaman

Cobalah Teknik Relaksasi Otot

Terakhir, Anda mungkin dapat menggunakan teknik relaksasi ini tepat di tempat tidur. Satu per satu, regangkan dan kendurkan otot-otot, bergerak dari ujung kaki ke kepala.

Latihan ini akan membantu Anda bersantai otot tegang dan memaksa Anda untuk fokus pada bagian-bagian tubuh Anda, yang akan mengalihkan perhatian dari pikiran Anda. Setelahnya, jangan memaksa diri untuk tidur karena itu dapat membuat Anda menjadi terjaga.

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.