Sukses

KJRI Jeddah Beri Pendampingan YouTuber WNI Ahmad yang Dibui Polisi Arab Saudi

Ahmad alias Sahabat Kacong ditangkap polisi Saudi atas laporan Komnas Saudi terkait dugaan eksploitasi anak untuk kepentingan mendapatkan uang.

Liputan6.com, Jeddah - Konsulat Jenderal RI di Jeddah menyatakan akan terus memberikan pendampingan terhadap Ahmad --YouTuber WNI di Arab Saudi atau yang dikenal dengan channel Youtube-nya, Sahabat Kacong-- usai ditahan oleh kepolisian setempat atas dugaan kasus eksploitasi anak.

Kabar itu sebelumnya telah menarik pemberitaan sejumlah media nasional dalam beberapa hari terakhir.

Ahmad alias Sahabat Kacong ditangkap polisi Saudi atas laporan Komnas Saudi terkait dugaan eksploitasi anak untuk kepentingan mendapatkan uang.

Ia meng-upload beberapa kali tayangan dengan menggunakan seorang anak yang diketahui bernama Hisyam. Ahmad dituduh telah menggunakan anak tersebut untuk mendapatkan uang via channel YouTube-nya.

Setidaknya ada puluhan judul video bertemakan 'Hisyam' sebagai subjek konten, dengan rata-rata puluhan hingga ratusan ribu viewers per-video yang diunggah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

KJRI Beri Pendampingan Hukum

Konsul Jenderal RI di Jeddah Eko Hartono mengatakan bahwa Ahmad saat ini berada di tahanan di Shimaisyi dekat Makah.

"Kami sudah menjadwalkan kunjungan kepada Ahmad segera setelah yang bersangkutan ditahan. Kita juga telah kontak keluarga Hisyam di Pontianak," lanjut Eko.

"Kita akan terus pantau dan lakukankan pendampingan kepada keduanya agar dapat lalui proses hukum ini dengan baik. Untuk Ahmad, kita siap sediakan pengacara dan penerjemah."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini