Sukses

SpaceX Kirim Empat Astronot dalam Misi NASA ke Angkasa Luar

SpaceX kembali meluncurkan misi NASA ke angkasa luar.

Liputan6.com, Jakarta - NASA dan perusahaan roket komersial Elon Musk, SpaceX meluncurkan tim empat astronot baru dalam penerbangan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional pada Jumat (23/4), kru pertama yang pernah meluncur ke orbit dengan pendorong roket yang didaur ulang dari penerbangan luar angkasa sebelumnya. 

Perusahaan Kapsul Crew Dragon, Endeavour, meluncur ke langit menjelang fajar yang gelap di atas roket SpaceX Falcon 9 saat sembilan mesin Merlinnya meluncur pada pukul 5.49 pagi waktu setempat dari Pusat Antariksa Kennedy NASA di Cape Canaveral, Florida. Demikian seperti mengutip laman Channel News Asia, Sabtu (24/4/2021).

Peluncuran itu disiarkan langsung di NASA TV.

Para kru tiba di stasiun luar angkasa, yang mengorbit sekitar 400 km di atas Bumi, Sabtu pagi setelah penerbangan sekitar 23 jam.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kirim Kapsul Awak ke Orbit Bumi

Dalam 10 menit pertama setelahpeluncuran, tahap kedua roket telah mengirimkan kapsul awak ke orbit Bumi, dengan kecepatan hampir 27.500 km/jam, menurut komentator peluncuran.

Tahap pertama roket, sementara itu, turun kembali ke Bumi dan mendarat dengan aman di platform pendaratan yang mengapung di Atlantik di atas kapal tak berawak bernama Of Course I Still Love You.

Misi tersebut menandai tim stasiun luar angkasa "operasional" kedua yang akan diluncurkan oleh NASA di atas kapsul Dragon Crew sejak Amerika Serikat kembali menerbangkan astronot ke luar angkasa dari tanah AS tahun lalu, menyusul jeda sembilan tahun di akhir pesawat ulang-alik AS. program pada tahun 2011.

Ini juga merupakan penerbangan awak ketiga yang diluncurkan ke orbit di bawah kemitraan publik-swasta NASA dengan SpaceX, perusahaan roket yang didirikan dan dimiliki oleh Musk, pengusaha miliarder yang juga CEO produsen mobil listrik Tesla.

Yang pertama adalah misi uji coba keluar dan mundur yang membawa hanya dua astronot ke orbit Mei lalu, diikuti oleh empat awak penuh pertama SpaceX pada November.

Tim Kru 2 terdiri dari dua astronot NASA - komandan misi Shane Kimbrough (53) dan pilot Megan McArthur (49)bersama dengan astronot Jepang Akihiko Hoshide (52) dan sesama spesialis misi Thomas Pesquet (43) seorang insinyur Prancis dari Badan Antariksa Eropa.

Keempat awak mengenakan setelan penerbangan putih dan sepatu bot hitam, sekilas terlihat duduk berdampingan di dalam kapsul tepat setelah mencapai orbit dalam klip video yang ditangkap oleh kamera dalam pesawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.