Sukses

6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Tubuh, Rahasia Kecantikan Artis Hollywood

Manfaat minyak zaitun untuk perawatan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Sophia Loren, seorang aktris Italia yang telah menua dengan sangat anggun dan terpilih sebagai orang paling cantik alami di dunia pada usia 71 tahun ternyata memilih minyak zaitun sebagai salah satu rahasianya merawat kecantikan. 

Faktanya, aktris peraih Oscar tersebut bukanlah satu-satunya yang menggunakan minyak zaitun sebagai senjata rahasia perawatan kulitnya.

Emma Stone, Julia Roberts, Miranda Kerr, dan banyak selebritas lainnya rupanya juga menggunakan minyak zaitun, yang selama ini hanya diketahui sebagai bahan memasak yang terjangkau untuk mempertahankan penampilan memukau mereka.

Mengutip laman Bright Side, Minggu (14/3/2021), berikut adalah 6 manfaat minyak zaitun untuk perawatan tubuh dan kecantikan:

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Bagus untuk Kulit Sensitif

Minyak zaitun memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat dan berguna untuk kulit halus yang mudah teriritasi.

Berkat sifat antibakterinya, minyak zaitun juga dapat mencegah jerawat sekaligus melembabkan dan menutrisi kulit Anda.

Emma Stone, yang mengungkapkan bahwa dia memiliki kulit yang rentan alergi, mengatakan dia selalu memiliki sebotol minyak zaitun di wastafelnya.

“Saya benar-benar alergi terhadap banyak hal, jadi saya hanya dapat menggunakan produk dengan bahan tunggal,” ujar aktris La La Land itu.

“Jadi saya hanya menaruhnya di wajah saya, dan baunya seperti focaccia.”

3 dari 7 halaman

2. Melembabkan Kulit Kering

Saat kulitnya terasa kering, Emma Stone juga menggunakan minyak zaitun untuk menjaganya tetap terhidrasi.

Aktris tersebut mengaku bahwa rutinitas perawatan kulitnya berubah secara konstan.

“Hal yang paling saya suka hanyalah minyak langsung — minyak zaitun, minyak Argan, minyak biji anggur, minyak kelapa,” katanya.

Karena minyak zaitun dapat membantu kelembaban, maka dapat digunakan sebagai pelembab untuk kulit kering dan lembut. Namun, ini harus diterapkan dalam jumlah sedang, karena terlalu banyak penggunaan minyak dapat menyumbat pori-pori Anda dan akhirnya menyebabkan berjerawat.

4 dari 7 halaman

3. Berfungsi sebagai Body Lotion

Minyak zaitun dapat dengan mudah menggantikan krim tubuh yang mahal.

Kylie Jenner juga mengaku dia penggemar minyak zaitun dan suka menggunakannya untuk melembabkan kulitnya setelah mandi. Jenner mengatakan rutinitas mandinya termasuk melumuri tubuhnya dengan minyak organik, seperti minyak zaitun.

5 dari 7 halaman

4. Bermanfaat untuk Kuku

Selain bermanfaat bagi kulit dalam banyak hal, minyak zaitun juga dapat memperbaiki tekstur kuku Anda. Karena minyak zaitun mengandung vitamin E, ini dapat membantu kuku Anda tumbuh lebih cepat dengan meningkatkan sirkulasi darah.

Nyatanya, aktris Julia Roberts menggunakan cara ini untuk memperbaiki kukunya. Dia mencampur beberapa tetes minyak dengan air hangat, mengoleskan campuran tersebut ke kukunya, dan membiarkannya selama sekitar setengah jam agar kukunya tetap terlihat bagus.

6 dari 7 halaman

5. Membuat Rambut Berkilau

Banyak selebritis juga suka menggunakan minyak zaitun untuk menjaga rambut mereka tetap sehat dan lembab.

Misalnya, Miranda Kerr mengaku dia tidur dengan minyak zaitun organik di rambutnya seminggu sekali.

“Ini menyehatkan kulit kepala dan membuat rambut saya sangat berkilau,” kata model Victoria's Secret tersebut.

Cipriana Quann, seorang blogger dan influencer yang terkenal dengan rambut alami cantiknya, mengatakan bahwa dia mengoleskan minyak zaitun ke rambutnya di malam hari dan membungkusnya dengan syal sutra. Karena minyak zaitun menembus batang rambut, membuatnya tetap terhidrasi dari dalam, membuat rambut Anda lembut dan tebal.

7 dari 7 halaman

6. Membantu Pulihkan Tumit Pecah-Pecah

Ketika kulit di kaki Anda menjadi tebal dan terlalu kering, hal itu dapat menyebabkan tumit pecah-pecah yang tidak hanya memalukan tetapi juga terasa sakit.

Menggunakan minyak zaitun untuk melembabkan kaki dapat membantu Anda mencegah tumit pecah-pecah.

Julia Roberts menggunakan minyak zaitun tidak hanya untuk kukunya, tapi juga untuk kakinya. Aktris ini suka menggosokan minyak zaitun, memakai kaus kaki, dan membiarkannya sepanjang malam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.