Sukses

Rutin Minum Minyak Zaitun di Pagi Hari, Rasakan 5 Khasiat untuk Tubuhmu

Ini deretan keuntungan meminum minyak zaitun setiap pagi untuk kesehatan tubuhmu.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar dari Anda mungkin tahu bahwa minyak zaitun sangat bermanfaat untuk kecantikan. Tak heran minyak zaitun yang diekstrak dari buah zaitun ini juga sering dikaitkan dengan kosmetik.

Rupanya tak hanya untuk kecantikan dari luar, minyak zaitun juga bisa memberikan manfaat kesehatan jika diminum. Terlebih jika diminum di pagi hari.

Anda bisa meminumnya sesendok minyak zaitun yang dicampur dengan air hangat setiap pagi. Dilansir dari Brightside, Kamis (14/1/2021), berikut deretan keuntungan meminum minyak zaitun setiap pagi untuk kesehatan tubuhmu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Membuat Kulit Cantik

Minyak zaitun adalah bahan penting dalam banyak produk kosmetik dan juga bermanfaat bagi kulit sebagai bagian dari makanan Anda.

Minyak zaitun dapat mengurangi kemerahan dan bengkak serta dapat membuat wajah Anda bebas kerutan lebih lama. Minyak zaitun memiliki sifat antibakteri yang kuat dan berfungsi sebagai disinfektan alami.

3 dari 6 halaman

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mengikuti diet Mediterania yang kaya akan minyak zaitun memiliki efek positif pada berat badan.

Lebih dari 180 orang berpartisipasi dalam penelitian selama 3 tahun yang membuktikan bahwa mengonsumsi minyak zaitun membantu mereka menurunkan berat badan.

4 dari 6 halaman

3. Mencerdaskan Otak

Minum minyak zaitun secara teratur membantu menghilangkan penumpukan plak di dalam sel otak Anda. Plak ini dapat menyebabkan penyakit Alzheimer, penyakit mental paling umum di dunia.

Orang yang rutin mengonsumsi minyak zaitun memiliki daya ingat yang lebih baik dibandingkan mereka yang menjalankan diet rendah lemak.

5 dari 6 halaman

4. Mendukung Kesehatan Tulang

Minyak zaitun dapat bermanfaat bagi orang yang mengidap rheumatoid arthritis. Ini bekerja lebih baik bila dikombinasikan dengan minyak ikan, yang kaya akan asam lemak omega-3.

Senyawa yang ditemukan dalam minyak zaitun extra virgin meningkatkan kekuatan genggaman, nyeri sendi, dan kekakuan pagi hari yang disebabkan oleh artritis.

6 dari 6 halaman

5. Mengurangi Peradangan

Memperkaya pola makan Anda dengan minyak zaitun dan makanan lain dengan asam lemak omega-3 dapat mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini pada gilirannya dapat membantu mencegah atau menyembuhkan berbagai kondisi kulit yang disebabkan oleh peradangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.