Sukses

Tak Disangka, Cabai Rawit Ternyata Bisa Bantu Hangatkan Kaki Saat Kedinginan

Berikut adalah trik yang berguna untuk membantu menghangatkan kaki menggunakan cabai rawit.

Liputan6.com, Jakarta - Menurut para ahli, manusia memiliki 72.000 ujung saraf di setiap kaki di area yang berbeda. Maka itu, kaki menjadi bagian yang sangat terhubung dengan bagian tubuh lainnya.

Seiring bertambahnya usia, sirkulasi di kaki kita juga tidak sebaik saat kita muda -- membuat kita membutuhkan bantuan untuk membuatnya tetap terasa nyaman.

Cara sederhana untuk melakukan hal tersebut adalah dengan menggunakan cabai rawit untuk kaki.

Saat kita makan cabai rawit, hal tersebut akan menghangkatkan seluruh tubuh kita -- termasuk kaki. Namun, tidak hanya untuk dimakan, ternyata cabai rawit juga dapat digunakan untuk menghangatkan kaki dengan cara lain.

Dikutip dari Bright Side, Jumat (12/3/2021), berikut adalah trik yang berguna untuk membantu menghangatkan kaki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara dan Efek Samping Trik Ini

Semua paprika mengandung komponen yang disebut capsaicin. Sebuah komponen yang saat dimakan dapat meningkatkan sirkulasi di tubuh dan ketika bersentuhan dengan kulit juga dapat menyebabkan pembuluh darah membesar -- meningkatkan aliran darah ekstra den memberikan kehangatan ke area tersebut.

Trik ini sangat efektif jika berada dalam cuaca yang sangat dingin dan ternyata juga dapat meningkatkan kualitas tidur.

Untuk melakukan ini, cara paling sederhana adalah untuk menaburkan sedikit bubuk cabak di kaki atau ke kaus kaki dan menyeebarkan secara merata ke seluruh kaki dan jari.

Namun, Anda harus tetap mengingat agar tidak menggunakan terlalu banyak karena mungkin akan menjadi terlalu panas.

Walau memang efektif, ada beberapa kemungkinan efek samping yang dapat terjadi. Apabila Anda menggunakan kaus kaki putih, kemungkinan warna tersebut akan berubah menjadi merah jambu dan kaki juga akan menjadi merah serta berbau cabai.

Selain itu, berhati-hatilah untuk tidak menggunakan terlalu banyak pada awalnya karena kaki Anda dapat menjadi terlalu panas.

 

Reporter: Paquita Gadin

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.