Sukses

5 Sup Asia Paling Enak, Rawon dari Indonesia di Urutan Teratas

Selain rawon, berikut ada 5 sup paling enak di Asia pada tahun 2020 menurut TasteAtlas.

Liputan6.com, Jakarta - Rawon menduduki peringkat pertama sup paling enak versi TasteAtlas tahun 2020.

Dikutip dari Mashable, Selasa (8/3/2021), TasteAtlas adalah sebuah proyek dari Kroasia yang berisi hampir 10.000 makanan, minuman, dan bahan-bahan, serta hampir 9.000 restoran, yang dikumpulkan dari seluruh dunia oleh tim yang terdiri dari 30 penulis dan peneliti.

Rawon dinobatkan menjadi sup paling enak di Asia setelah mendapatkan 63.402 suara dari sumber yang berbasis dari TasteAtlas yang diumumkan di Instagram @seasia.co pada 18 Februari 2021 lalu.

Selain rawon, berikut ada 5 sup paling enak di Asia pada tahun 2020 menurut TasteAtlas:

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Rawon

Rawon adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari kota Surabaya.

Sup ini biasanya dibuat dengan daging sapi yang direbus secara lambat dan bahan tradisional khas Indonesia lainnya seperti daun jeruk, serai, jahe, cabai, dan kacang hitam bernama buah kluwek.

 

3 dari 7 halaman

2. Bulalo

Sup ini adalah sup tradisional dari Filipina yang dibuat dengan betis sapi dan tulang sumsum sampai lemak dan kolagen yang larut ke dalam kaldu -- menghasilkan rasa yang kuat dari hidangan tersebut.

Sup ini merupakan makanan khas daerah Luzon, di mana hidangan ini dikonsumsi selama cuaca dingin atau untuk makan malam.

Sebagian besar versi sup ini termasuk sayuran seperti kubis, bawang merah, dan jagung. Sup ini dapat ditemukan di sebagian besar restoran kelas atas di Filipina karena daging betis dan sumsum tulang bukanlah sesuatu yang murah di negara tersebut.

 

4 dari 7 halaman

3. Gulai Cincang

Selain rawon, gulai cincang juga menjadi makanan dari Indonesia yang masuk ke daftar ini.

Gulai adalah hidangan pedas khas Indonesia yang menyerupai semur atau kuah kental. Variasi daging apapun dapat menjadi bahan utama dalam gulai, begitu juga dengan jeroan, seafood, atau sayuran.

Makanan ini berasal dari Sumatera yang kemungkinan besar mempunyai pengaruh kuliner dari India.

5 dari 7 halaman

4. Penang Laksa

Makanan dari Malaysia ini adalah perpaduan sempurna antara rasa pedas, manis, gurih, dan umami.

Terpampang di namanya, makanan ini datang dari negara bagian barat laut Penang. Sup mi ini dibuat dengan makarel atau sarden rebus, asam jawa, serai, dan cabai sebagai bahan dasarnya.

 

6 dari 7 halaman

5. Asam Laksa

Seperti penang laksa, makanan ini juga datang dari Malaysia. Asam laksa adalah sup mi asam berbahan dasar ikan tradisional Malaysia.

Mi kuah ini tersebar luas di seluruh Asia Tenggara dan terdiri dari bihun, ikan suwir, dan irisan sayuran -- biasanya ketimun, bawang, dan selada.

Makanan ini memiliki rasa tajam yang khas yang dikaitkan dengan asam jawa, bahan asam yang digunakan untuk membumbui hindangan.

 

Reporter : Paquita Gadin

7 dari 7 halaman

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.