Sukses

Pusat Kebudayaan Korea Selatan Gelar Perayaan Seollal Secara Virtual

Seollal merupakan tradisi Korea Selatan yang dirayakan sehari sebelum hari perayaan Tahun Baru Imlek.

Liputan6.com, Jakarta - Korean Cultural Center Indonesia (KCCI) menyelenggarakan Perayaan Seollal secara daring. Seollal merupakan tradisi yang dirayakan sehari sebelum hari perayaan Tahun Baru Imlek.

Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan budaya tradisional Seollal, namun KCCI juga menggunakan kesempatan ini untuk mengumumkan pemenang kontes video ilustrasi Project Harapan Tahun Baru.

Tujuan lain dari acara ini adalah mengajak peserta untuk membagikan perkataan bijak kepada satu sama lain melalui acara Deokdam Relay.

Lebih dari 400 orang dari seluruh daerah Indonesia termasuk Jakarta, Sulawesi, Kalimantan, Bali dan kota-kota lainnnya turut hadir meramaikan acara yang digelar menggunakan platform zoom webinar ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rangkaian Acara Perayaan Seollal

Acara ini diawali dengan pemutaran video cuplikan berita bertajuk 'Pemerintah Korea Perkuat Pencegahan COVID-19 saat liburan Seollal'.

Melalui cuplikan tersebut, KCCI memperkenalkan langkah-langkah pencegahan COVID-19 yang dilakukan oleh pemerintah Korea selama hari libur Seollal yang merupakan salah satu libur nasional terpanjang di Korea.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pengenalan asal-usul tahun baru Seollal, permainan rakyat serta makanan tradisional khas tahun baru Seollal.

Para peserta juga diajak bernyanyi lagu anak yang sering dinyanyikan pada saat Seollal bersama-sama sambil membaca lirik yang tersedia di layar masing-masing.

Suasana semakin meriah saat KCCI mengumumkan pemenang kontes video 'Project Harapan Tahun Baru' dimana 105 orang peserta turut berpartisipasi pada kontes yang diadakan dari tanggal 1 hingga 9 Februari ini.

3 dari 4 halaman

Peserta dari Berbagai Kalangan

Acara ini diakhiri dengan sesi 'Deokdam Relay' (perkataan bijak), yaitu sesi untuk direktur KCCI memberikan perkataan bijak yang ditujukan kepada seluruh peserta dan dilanjutkan oleh para peserta yang memberikan kata bijak kepada peserta lain serara bergantian.

Acara ini berlangsung sekitar satu setengah jam dan tidak hanya penggemar Hallyu, peserta juga berasal dari bebagai kalangan dan kelompok usia.

Kedepannya, KCCI akan terus melakukan upaya terbaik untuk terus mengembangkan berbagai konten dengan tujuan menyebarluaskan budaya Korea kepada masyarakat Indonesia.

 

Reporter: Veronica Gita

4 dari 4 halaman

Infografis Jangan Lengah Protokol Kesehatan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini