Sukses

Llyod Austin Resmi Jadi Menhan AS Pertama dari Keturunan Afrika-Amerika

Liputan6.com, Washington, D.C - Senat Amerika Serikat (AS) meloloskan Jenderal Lloyd Austin sebagai orang nomor satu di Pentagon. Ia merupakan pria keturunan Afrika-Amerika pertama dalam sejarah AS yang menjadi Menteri Pertahanan (Menhan). 

Austin adalah menteri (secretary) pertama Joe Biden yang nominasinya lolos di Senat, dan orang kedua lolos di kabinet Biden setelah Direktur Intelijen Nasional Avril Haines.

"Ini adalah sebuah kehormatan dan privilese untuk melayani sebagai Menteri Pertahanan ke-28 negara kita, dan saya terutama bangga untuk menjadi Afrika-Amerika pertama yang menjabat posisi ini. Mari bekerja," ujar Lloyd Austin di Twitter resminya, seperti dikutip Sabtu (23/1/2021).

Menurut laporan VOA News, satu jam setelah lolos di Senat, Lloyd Austin langsung bertolak ke Pentagon untuk mengambil sumpah jabatan.

Senat meloloskan Austin dengan perolehan suara 93-2. Dua senator yang menolak adalah Josh Rawley dari Missouri dan Mike Lee dari Utah. 

Lloyd Austin berjanji akan memprioritaskan pada pemberantasan COVID-19.

2 dari 3 halaman

Melawan COVID-19

Prioritas pertama Menhan Austin adalah membantu usaha AS agar mengendalikan pandemi COVID-19.

"Kita harus membentu pemerintah federal agar bergerak lebih jauh dan cepat untuk memberantas efek menghancurkan dari virus corona," tulisnya dalam sebuah pesan.

Selain itu, Austin dijadwalkan berbicara dengan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg serta mendapatkan briefing tentang Timur Tengah dan China.

Austin berjanji agar pasukannya memiliki alat-teknologi, dan senjata, serta pelatihan untuk melawan musuh-musuh AS.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: