Sukses

Viral Tentara AS Tidur di Parkiran Usai Jaga Pelantikan Presiden, Joe Biden Minta Maaf

Liputan6.com, Washington, D.C. - Viral foto-foto pasukan militer Garda Nasional Amerika Serikat (AS) atau tentara keamanan dalam negeri yang harus tidur dan rebahan di parkiran. Mereka adalah pasukan yang mengamankan pelantikan Joe Biden.

Pemerintah Joe Biden mengaku tidak tahu kenapa para pasukan Garda Nasional bisa tidur di parkiran. Kecaman muncul dari oposisi.

"Ini tidaklah benar dan tidak aman. Siapapun yang mengambil keputusan untuk menaungi pria dan wanita Garda Nasional kita di parkiran bawah tanah harus bertanggung jawab," ujar Senator Tim Scott dari Partai Republik di Twitternya, dikutip Sabtu (23/1/2021).

Senator Scott turut memposting foto-foto Garda Nasional yang sedang rebahan, beberapa menggunakan ponsel mereka.

Sementara, anggota DPR Alexandria Ocasio-Cortez (AOC) dari Partai Demokrat ikut bersimpati dan menawarkan anggota Garda Nasional untuk beristirahat di kantornya.

Joe Biden akhirnya meminta maaf kepada kepala Biro Garda Nasional untuk berterima kasih dan bertanya bantuan apa yang bisa dibutuhkan. 

2 dari 4 halaman

Kecaman dan Bantuan

Gubernur Florida Ron DeSantis telah memerintahkan agar Garda Nasional dari daerahnya untuk pulang. Ia menyebut pasukan itu bukan anak buah Ketua DPR Nancy Pelosi.

"Mereka bukan pembantu Nancy Pelosi," ujar Gubernur DeSantis di Fox & Friends.

Ketua Senat AS Chuck Schumer dari Partai Demokrat turut menyayangkan kondisi Garda Nasional dan berkata hal ini "tidak akan terjadi lagi." 

Senator Tim Scott memberikan update bahwa pasukan Garda Nasional itu sudah mendapat tempat bernaung. 

"Baru saja mendengar bahwa pasukan-pasukan kita akan dipindahkan lagi ke dalam malam ini," ujarnya pada Jumat (22/1) waktu setempat.

"Kita berutang terima kasih pada Garda Nasional dan pejabat penegak hukum yang tak bisa kita benar-benar bayar. Mereka mengerahkan segalanya untuk melindungi kita. Saya senang mendengar mereka akan kembali ke dalam ruangan malam ini," ujar senator dari South Carolina itu.

3 dari 4 halaman

Ibu Negara Jill Biden Berkunjung

Jill Biden menyempatkan mengunjungi pasukan Garda Nasional. Ia turut membawa biskuit bagi pasukan. 

Sang Ibu Negara menyampaikan rasa terima kasih karena Garda Nasional menjaga pelantikan. 

"Saya hanya ingin datang untuk mengucapkan terima kasih kepada kalian karena menjaga kami dan keluarga kami dengan aman," ucapnya.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: