Sukses

Daftar 7 Kota Terdingin Sedunia Selain Yakutsk Rusia

Selain Yakutsk yang memiliki suhu minus 50 derajat Celcius, berikut ini tujuh kota lain yang juga tercatat paling dingin di Bumi.

Liputan6.com, Jakarta - Daerah Midwest di Amerika Serikat pernah mengalami udara paling dingin dalam sejarah, yang digambarkan paling dingin yang pernah ada. 

Dikutip dari U.S News, Senin (18/1/2021), pada Januari tahun 2019, para ahli memperkirakan bahwa Chicago dan Minneapolis mungkin mengalami suhu terendah yakni minus 50 dan minus 60 derajat Fahrenheit atau minus 45,6 dan minus 51 derajat Celsius.

Gubernur Wisconsin saat itu, Tony Evers bahkan mengumumkan keadaan darurat akibat polar vortex.

Namun, untuk beberapa kota di dunia, suhu yang sangat dingin ini adalah hal yang sangat biasa selama musim dingin. Di mana sajakah?

Berikut ini tujuh kota yang masuk daftar paling dingin di Bumi -- selain Yakutsk di Rusia dengan minus 50 derajat Celcius, di mana para penduduk belajar beradaptasi hidup dengan kondisi beku:

1. Dudinka, Russia

Menurut AccuWeather pada bulan Januari, sebuah kota yang terletak di wilayah Siberia di atas Lingkaran Arktika, memiliki suhu minimum harian rata-rata minus 28 derajat Fahrenheit atau minus 33 derajat Celsius.

2. Oymyakon, Republik Sakha, Russia

Kota yang memiliki 500 orang penduduk ini diyakini sebagai tempat berpenduduk terdingin di Bumi, yang bertahan pada suhu musim dingin rata-rata minus 58 derajat Fahrenheit atau minus 50 derajat Celsius.

The Washington Post melaporkan bahwa tahun lalu sebagian besar kamar mandi di Oymyakon berada di luar rumah, karena tanahnya terlalu beku untuk pipa.

Karena suhu disana menyamai suhu freezer, pasar ikan di kota tersebut membekukan ikan dari luar.

3. Ulaanbaatar, Mongolia

Ibu kota dari Mongolia ini memiliki populasi sebanyak 1 juta orang. Hampir setengah dari 2,8 juta populasi negara itu.

Suhu kota berkisar dari suhu musim panas 102 derajat Fahrenheit hingga terendah saat musim dingin minus 44 derajat Fahrenheit (39 hingga minus 42 derajat Celsius).

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Hanya Rusia, China Juga Mempunyai Kota Es

4. Harbin, Heilongjiang, China

Terletak lerak di timur laut China, kota ini sering disebut "Kota Es", menurut AccuWeather.

Suhu rendah di bulan Januari biasanya turun antara minus 8 hingga minus 12 derajat hingga minus 24 Fahrenheit (minus 22 hingga minus derajat 24 Celsius).

Sama seperti julukannya, kota ini menyelenggarakan Festival Patung Es dan Salju Internasional Harbin setiap tahunnya.

Dalam acara ini, mereka menampilkan kastil es berbahaya dan seluncuran es raksasa.

5. Yellowknife, Wilayah Barat Laut, Kanada

Pada bulan Januari, Ibu Kota Wilayah Barat Laut Kanada ini memiliki suhu paling rendah minus 26 derajat Fahrenheit atau minus 32 derajat Celsius.

Yellowknife memiliki populasi sekitar 20.000 dan menawarkan pemandangan aurora borealis yang juga disebut the Northern Lights.

6. International Falls, Minnesota, Amerika Serikat

Sering disebut sebagai The Icebox of the Nation, International Falls memiliki suhu rendah rata-rata sekitar minus 7 derajat Fahrenheit (minus 22 derajat Celsius) pada bulan Januari.

Kota tersebut terhubung dengan Fort Frances, Ontario, Kanada melalui jembatan tol internasional yang telah disebut sebagai kota terdingin di Amerika Serikat.

7. Winnipeg, Manitoba, Kanada

Ibu kota dari Provinsi Manitoba ini memiliki khas suhu paling rendah minus 5 hingga minus 9 derajat Fahrenheit (minus 21 hingga minus 23 derajat Celsius) pada bulan Januari.

Winnipeg pernah mengalami suhu yang jauh lebih drastis. Pada musim dingin tahun 1966, kota itu dilanda mengalami suhu luar biasa dengan minus 49 derajat Fahrenheit atau minus 45 derajat Celsius.

 

Reporter : Paquita Gadin 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.