Sukses

Dubes Owen Jenkins: Inggris Siap Bantu Korban Gempa di Majene Sulawesi Barat

Dubes Inggris menyampaikan rasa dukacitanya atas gempa bumi yang melanda Majene, Sulawesi Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins, turut menyampaikan dukacita atas gempa di Sulawesi Barat (Sulbar). Bencana alam itu terjadi di kabupaten Majene dengan kekuatan magnitudo 6,2.

"Atas nama keluarga besar Kedutaan Inggris, kami sampaikan duka cita mendalam atas tragedi gempa bumi di Sulawesi," ujar Dubes Owen lewat Twitter @DubesInggris, Jumat (15/1/2021).

Dubes Owen berkata negaranya siap membantu korban gempa di Majene.

"Doa kami menyertai keluarga korban. Inggris siap membantu," ujarnya.

Berdasarkan laporan sejauh ini, korban gempa terbanyak berasal dari Mamuju. Sebanyak 26 orang meninggal di Kabupaten Mamuju dan delapan orang di Kabupaten Majane, jelas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati, Jumat sore.

"10 titik pengungsian di Kabupaten Majene, antara lain di Desa Kota Tinggi, Desa Lombong, Desa Kayu Angin, Desa Petabean, Desa Deking, Desa Mekata, Desa Kabiraan, Desa Lakkading, Desa Lembang, Desa Limbua yang terdapat di Kecamatan Ulumanda, Kecamatan Malunda serta Kecamatan Sendana,” ujar Raditya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mensos Risma: Korban Meninggal akan Dapat Santunan Rp 15 Juta

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma memastikan pemerintah akan memberikan santunan kepada korban meninggal akibat gempa di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat.

Dia menuturkan, korban yang meninggal akan menerima santunan sebesar Rp 15 juta per orang yang nantinya akan diserahkan kepada ahli waris. 

"Sesuai SOP, untuk korban meninggal akan mendapat santunan Rp 15 juta per orang yang diserahkan kepada ahli waris. Namun ini tentunya akan diserahkan menunggu seluruh data masuk," kata Risma dalam keterangannya, Jumat (15/1/2021).

Selain itu, dia juga meminta telah jajarannya untuk secepatnya mengirimkan personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) wilayah sekitarnya, Tim Layanan Dukungan Psikososial (LDP), serta menyalurkan berbagai bantuan logistik.

"Bantuan logistik sudah dalam perjalanan menuju lokasi terdampak gempa. Tim LDP melaporkan bahwa mereka juga sudah bergerak," jelas Risma.

 

3 dari 3 halaman

Percepatan Penyaluran Bantuan

Mensos Risma menekankan agar bantuan secepatnya sampai ke tangan warga terdampak gempa. "Kita upayakan bantuan secepat-cepatnya untuk penanganan warga terdampak gempa," kata Risma.

Sementara itu, bantuan logistik seperti matras, tenda, perlengkapan anak, perlengkapan lansia, makanan siap saji, dan lainnya dikirimkan bertahap. Risma mengatakan akan mengeluarkan semua logistik di gudang Sulbar untuk membantu masyarakat terdampak.

"Dapur umum akan didirikan di titik pengungsian. Segera kami informasikan updatenya. Satu unit mobil dapur umum bisa memasak sampai 2000 nasi bungkus dalam satu kali masak, sehingga dalam sehari bisa menghasilkan 6000 nasi bungkus," tutur Risma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.