Sukses

Bom Mobil di Afghanistan Targetkan Polisi, Sedikitnya 12 Orang Tewas

Liputan6.com, Ghor - Setidaknya 12 warga sipil telah tewas dan lebih dari 100 orang terluka setelah terjadi ledakan bom mobil di provinsi Ghor, Afghanistan barat, menurut pejabat pemerintah.

Mengutip Al Jazeera, Senin (19/10/2020), juru bicara Kementerian Dalam Negeri Tariq Aran mengatakan pemboman hari Minggu waktu setempat itu terjadi di dekat pintu masuk kantor kepala polisi provinsi dan gedung-gedung pemerintah terdekat lainnya di Feroz Koh, ibu kota Ghor.

Arif Aber, juru bicara gubernur provinsi di Ghor, mengatakan ledakan itu sangat kuat sehingga suaranya bisa terdengar di seluruh Feroz Koh.

"Itu merusak dan menghancurkan sebagian beberapa gedung pemerintah, termasuk kantor kepala polisi, departemen urusan wanita dan kantor provinsi untuk pengungsi," kata Aber.

Kepala rumah sakit di Ghor, Mohammad Omer Lalzad, mengatakan staf darurat merawat puluhan orang dengan luka serius dan ringan.

2 dari 2 halaman

Ulah Taliban?

Hingga kini masih belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas pemboman itu, yang terjadi di tengah meningkatnya serangan oleh Taliban.

Puluhan dan ribuan orang telah mengungsi dalam beberapa hari terakhir setelah pertempuran sengit antara Taliban dan pasukan pemerintah Afghanistan terjadi di beberapa distrik di Provinsi Helmand dan beberapa bagian dari provinsi tetangga Kandahar.

Pertempuran yang meluas berlanjut pada hari Minggu ketika pasukan pemerintah mendorong dengan serangan balasan untuk merebut kembali beberapa wilayah yang hilang di dan sekitar Lashkar Gah, Ibu Kota Helmand, menurut para pejabat.