Sukses

Jika Anda Ngidam 5 Makanan Ini Pertanda Kekurangan Nutrisi?

Liputan6.com, Jakarta - Anda mungkin pernah memikirkan tentang memakan sepotong cokelat yang enak lantaran sedang ngidam. Mengidam seperti ini dapat menandakan bahwa Anda sedang stres, tetapi menurut beberapa peneliti, Anda mungkin juga kekurangan nutrisi tertentu.

Beberapa makanan ini mengandung senyawa yang berfungsi baik bagi tubuh. Jika Anda mengalami ngidam dan sejumlah makanan ini jadi target Anda, maka ini berarti punya makna lain.

Bukan cuma sekadar memakannya, tetapi juga menandakan bahwa tubuh menyampaikan sebuah 'bahasa' yang bermakna kekurangan nutrisi.

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Jumat (18/9/2020), berikut 5 ngindam makanan yang bermakna Anda kekurangan sejumlah nutrisi:

2 dari 6 halaman

1. Makanan pedas

Makanan pedas adalah kesukaan banyak orang. Selain rasanya dan manfaatnya yang begitu hebat, seperti mempercepat metabolisme Anda, komponen yang disebut capsaicin dapat meredakan nyeri pada persendian dan otot Anda dan bahkan dapat meredakan migrain.

Kita mungkin secara tidak sadar mengkonsumsinya dan bahkan tidak menyadari bahwa itu membuat kita merasa lebih baik.

 

3 dari 6 halaman

2. Cokelat hitam

Beberapa cokelat hitam mengandung lebih banyak kafein daripada sekaleng cola (sekitar 30 mg). Komponen ini meningkatkan kesadaran dan energi Anda karena merangsang sistem saraf pusat.

Jadi, setiap kali Anda merasa lelah dan mengantuk, wajar jika Anda menginginkan sebatang cokelat agar menjadi lebih produktif.

Pilihan kedua mengapa Anda begitu menyukai cokelat hitam adalah karena Anda membutuhkan magnesium. Meski begitu, peneliti belum bisa memastikannya, karena ada produk lain yang mengandung magnesium, seperti kacang-kacangan.

 

4 dari 6 halaman

3. Selai kacang

Secara umum, selai kacang kaya akan nutrisi. Ini mengandung komponen yang digunakan untuk membuat obat, kebanyakan untuk menurunkan kadar kolesterol.

Anda juga bisa mengidam selai kacang karena kekurangan nutrisi. Produk ini merupakan sumber protein, antioksidan, lemak, zat besi, magnesium, dan kalsium.

 

5 dari 6 halaman

4. Es

Keinginan mengunyah es sering dikaitkan dengan kekurangan zat besi. Itu bisa terjadi dengan atau tanpa anemia. Alasan sebenarnya untuk mengidam ini tidak jelas, tetapi ada dugaan bahwa mengunyah es dapat meningkatkan kewaspadaan jika Anda kekurangan zat besi karena anemia.

Versi lain yang kurang populer tentang mengapa Anda mengalami keinginan ini adalah stres dan masalah emosional.

 

6 dari 6 halaman

5. Kue kering

Kue kering sangat tinggi karbohidrat. Gampang sekali merasa kenyang setelah makan sepotong kue karena kalori sebanyak ini bisa jadi banyak energi.

Penelitian telah menemukan bahwa "waktu mengidam karbohidrat universal" adalah antara pukul 15:30 sore dan 17.00 sore setiap hari. Jadi berhati-hatilah selama waktu ini jika Anda sedang menjalani diet khusus.

Selain itu, saat tubuh Anda merasa lapar akan roti, kue, atau pasta, berarti tubuh Anda kekurangan kromium atau nitrogen. Dan beberapa peneliti menghubungkan keinginan makan karbohidrat dengan suasana hati yang rendah dan stres. Makan kue melepaskan hormon kebahagiaan yang disebut serotonin.