Sukses

Bentuk Protes, Youtuber Rekam Buang Air Besar Dekat Rumah Ketua DPR AS Nancy Pelosi

Seorang youtuber AS melakukan livestreaming dirinya yang sedang buang air besar di dekat kediaman Ketua DPR Nancy Pelosi dengan alasan sebagai bentuk protes.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang bintang YouTube di Amerika Serikat telah merekam dirinya yang sedang buang air besar di jalan masuk kediaman Ketua DPR Nancy Pelosi di San Francisco.

Dengan mengatakan alasan bahwa ia melakukannya sebagai "protes damai", tetapi mengakui itu adalah sebuah "lelucon yang lepas kendali."

Mengutip New York Post, Selasa (15/9/2020), pria yang mengidentifikasi dirinya sebagai "Mando" atau "Armando" di channel Youtube-nya dan meminta nama belakangnya dirahasiakan karena takut akan pembalasan, mengatakan bahwa insiden tersebut dimulai dengan lelucon dari sebuah komentar di siaran langsungnya.

Pria berusia 28 tahun itu mengatakan bahwa dia adalah bagian dari komunitas khusus YouTube yang membuat video streaming langsung "IRL" atau "dalam kehidupan nyata" yang mencatat rentang panjang kehidupan sehari-hari tanpa filter.

Dia memulai aktif dalam akun Youtube tersebut setelah menjadi tunawisma enam tahun lalu, dan berharap untuk menunjukkan kepada pemirsa tentang kenyataan hidup di jalanan saat dia melakukan perjalanan dari kota ke kota.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bentuk Protes

Di sisi lain, penguncian terkait Virus Corona COVID-19 baru-baru ini membuat kehidupan sehari-hari semakin sulit, kata Mando - terutama ketika bisnis ditutup untuk pelanggan dan tidak lagi mengizinkan orang untuk menggunakan kamar mandi mereka.

Akibatnya, video streaming langsung pada hari Sabtu yyang berjudul "Poopalosi," dimulai sebagai protes terhadap kurangnya sumber daya bagi orang yang hidup di jalanan - sementara orang yang berkuasa, seperti Pelosi, dapat memotong rambut dan menjalani kehidupan sehari-hari mereka tanpa ada hambatan.

“Saya telah berburu toilet sepanjang minggu, dan lelucon muncul di komentar di salah satu aliran saya bahwa 'Hei, kamu harus buang air di rumah Pelosi,'” kata Mando.

“Semua orang menikmati gagasan itu, dan akhirnya saya tidak bisa menahannya lagi.”

Dalam video tersebut, Mando terlihat berkeliaran di jalan-jalan San Francisco untuk mencari rumah Pelosi. Sesampai di sana, dia memasang kamera di seberang jalan dan berdiri di tempat yang tampaknya merupakan jalan masuk Pelosi ke kediamannya.

Dia akhirnya memberi hormat kepada pemirsa sebelum jongkok untuk buang air di trotoar.

"Itu untuk Presiden Trump," katanya sambil menghilang dari depan kamera. 

Mando mengatakan bahwa komentar itu dimaksudkan sebagai "sindiran," dan bahwa dia "tidak terlalu politis", meskipun dia mendukung pencapaian Trump dan takut akan meningkatnya kejahatan.

"Saya khawatir Amerika akan menjadi salah satu kota besar yang terbakar," katanya.

3 dari 3 halaman

Ditahan Polisi

Hanya beberapa jam setelah kejadian itu, dia dihentikan oleh petugas di Departemen Kepolisian Transit Cepat Area Teluk, yang menahannya atas perintah Kepolisian Capitol, badan yang bertugas melindungi anggota Kongres.

“Itu menakutkan! Saya pikir hidup saya sudah berakhir pada saat itu,” katanya.

“Mereka terus bertanya kepada saya, 'Apakah kamu ini? Apakah kamu itu? Apakah Anda Antifa? ' Dan Polisi Capitol pasti menonton video saya, karena saya dapat mendengar mereka di radio seperti, 'Katakan padanya untuk mematikan siaran tersebut.' ”

Seorang juru bicara Kepolisian BART mengonfirmasi akun tersebut, tetapi mengatakan tidak memiliki informasi lebih lanjut. Kantor Pelosi dan Capitol Polri tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Segera setelah kejadian tersebut, Mando meminta maaf kepada Pelosi di Twitter, dengan menulis, “@SpeakerPelosi Saya tahu Anda mungkin tidak pernah melihat ini tetapi saya ingin Anda tahu, saya tidak bermaksud jahat kemarin ketika saya melakukan apa yang saya lakukan. Saya tidak bangga sama sekali dan saya hanya ingin Anda mengetahuinya. Saya tidak memiliki niat buruk terhadap Anda atau siapa pun dalam posisi pejabat terpilih."

Mando juga mengatakan kepada bahwa tindakan tersebut "bukan sesuatu yang sangat saya banggakan," dan bahwa dia tidak memiliki niat buruk terhadap Pelosi atau siapa pun - meskipun dia berharap bahwa "protes damai"-nya akan menginspirasi mereka yang berkuasa untuk menyediakan lebih banyak sumber daya bagi mereka yang tunawisma atau kurang beruntung.

“Cara apa yang lebih baik untuk menunjukkan pesan kepada seseorang, Anda tahu?” dia berkata.

“Kami membutuhkan lebih banyak akses ke kamar mandi, kami membutuhkan lebih banyak akses ke sumber daya di sini.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.