Sukses

Penampakan Pertama Monster Loch Ness pada 2020 yang Terekam dalam Ponsel

Ross MacAulay mengaku menangkap penampakan makhluk mitos Skotlandia, Nessi di danau Loch Ness.

Liputan6.com, Skotlandia - Pekerja kehutanan dan petugas pemadam kebakaran di Drumnadrochit, Ross MacAulay telah menjalani seluruh hidupnya di sekitar Loch Ness, danau perairan dalam yang berada di Dataran Tinggi Skotlandia. Karena belum pernah melihat makhluk keramat dananu itu, Nessie, dia menganggap dirinya sebagai orang yang tidak percaya pada binatang mitos.

Namun, Ross sekarang harus mempertimbangkan kembali keraguannya setelah memotret makhluk yang kelihatannya berukuran 12 kaki di ponselnya.

Pria berusia 35 tahun itu mengkau telah menangkap penampakan pertama Nessie di Loch Ness pada ponselnya. Tepat pada 8 Juli, saat Ross mengemudi tepat di luar Fort Augustus, dia melihat ke air, sekitar 200 kaki di bawah jalan dan menemukan "Ada beberapa kayak (perahu kecil bertenaga manusia), tetapi 100 meter di depan kayak tersebut ada sesuatu di bawah permukaan," jelasnya.

"Awalnya saya pikir itu adalah batu besar di bawah air dan saya hanya melanjutkan mengemudi, lalu aku berpikir 'tidak pernah ada batu di sana sebelumnya' sehingga membuatku penasaran. Aku berbalik dan memarkir di tempat yang panjang luas. Objek itu pun bergerak dan muncul di tengah-tengah danau Loch Ness," ungkap Ross.

Ross pun mulai memperhatikannya selama lima menit. Ia memperhatikan mahkluk tersebut yang tidak ada leher panjang, tidak ada kepala, hanya punuk. Ia memperkirakan panjangnya sekitar 12 kaki dan lebar 4 kaki. Mahkluk berwarna abu-abu muda tersebut pun turun ke bawah air lalu naik lagi dan kemudian menghilang.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penampakan Klasik yang Bisa Menambah Perdebatan

Ross menjelaskan betapa langkanya penampakan itu. "Saya telah hidup seumur hidup saya di daerah itu dan saya adalah seorang nelayan yang pernah menghabiskan ratusan jam di danau Loch Ness. Tapi aku belum pernah melihat yang seperti itu sebelumnya. Apakah aku percaya pada Nessie? Tidak!" ucap Ross.

Ross juga mengatakan ia telah melihat anjing laut beberapa kali di Loch Ness, tetapi ia merasa mahkluk tersebut terlalu besar untuk ukuran anjing laut. "Itu bukan kayu yang sedang terapung melawan angin. Saya tidak tahu apa yang saya lihat, tetapi saya yakin bahwa itu adalah sejenis binatang."

Ross merasa jika ada orang yang dapat menjelaskan kepadanya apa mahkluk yang telah ia lihat tersebut, itu akan sangat bagus sebab dia tidak bisa menjelaskannya. Hal ini dikarenakan Ross tidak pernah berpikir bahwa ia akan menjadi salah satu dari banyak orang yang akan melihat Nessie.

Dia kemudian menjelaskan bagaimana teman-temannya mengetahui fakta bahwa dia telah melihat binatang mitos Skotlandia. "Pada awalnya saya diam, tetapi kemudian saya menunjukkan gambar hasil tangkapam saya itu kepada rekan-rekan pemadam kebakaran dan pada awalnya mereka sama-sama bingung," lanjut Ross.

Gary Campbell, perekam dari Register Resmi Loch Ness Monster Sightings, mengatakan bahwa itu merupakan penampakan pertama Nessie pada 2020 yang bukan berasal dari webcam. Campbell mengatakan hampir sepertiga penampakan Nessie dalam beberapa tahun terakhir berasal dari orang-orang yang menonton webcam Loch Ness.

"Ini adalah penampakan klasik Nessie - tanpa kepala atau leher. Hanya di bawah permukaan dan mungkin tidak terlihat oleh para kayak di permukaan air," Ungkap Campbell.

Campble berpendapat, penampakan yang menarik ini akan menambah misteri, di mana penampakan tersebut tidak secara terang-terangan membuktikan keberadaan Nessie, tetapi dapat menambah perdebatan.

3 dari 3 halaman

Bukan Penampakan Pertama

Melansir mirror.co.uk, Selasa (3/8/2020), penampakan Nessi yang dilihat milik Ross bukanlah yang pertama kali. Penampakan Monster Loch Ness kelima yang diterima di tahun ini tercatat berada di lebih dari 4.500 mil jauhnya di Oregon, AS. Untuk penampakan kedua, dicatat oleh Kaylynn Wangle pada 9 Juni saat dia menonton webcam Nessie dan melihat benda hitam bergerak melintasi loch dari kanan ke kiri. Objek tersebut dikatakan berubah bentuk dan menghilang di bawah air sebelum muncul kembali.

Wangle juga merekam Nessie pada 10 April dengan video tujuh menit. Pekerja administrasi rumah sakit Eoin O'Faodhagain dari Irlandia Utara tersebut bertanggung jawab atas tiga penampakan lainnya tahun ini, termasuk pandangannya tentang Nessie pada 18 Januari, yang juga merupakan monster paling awal selama 19 tahun.

Tahun lalu pengamat Nessie yang berusia 55 tahun itu telah menerima empat penampakan. Penampakan Monster Loch Ness pada 2019 mencapai rekor 18 untuk abad ini dan berada pada level tertinggi selama lebih dari 35 tahun.

Pada akhir 2019, para ilmuwan mengklaim bahwa mereka telah memecahkan misteri Nessie yang memungkinkan bahwa bisa jadi adalah seekor belut raksasa. Ini mengikuti analisis DNA spesies yang hidup di danau air tawar.

 

Reporter: Vitaloca Cindrauli Sitompul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.