Sukses

5 Fobia Unik pada Hewan Peliharaan, Anda Termasuk?

Ada yang takut dengan ayam, kucing atau bahkan anjing? Sejumlah orang memang mengalami fobia pada hewan-hewan peliharaan. Ini contohnya.

Liputan6.com, Jakarta - Anjing, kucing dan ikan adalah hewan yang paling banyak dipelihara. Terkadang, hewan-hewan ini dianggap seperti bagian dari suatu keluarga.

Namun tahukah Anda, di balik lucunya kucing dan anjing ada sebagian orang yang takut akan hewan-hewan tersebut. Ada sejumlah orang yang fobia pada beberapa hewan yang tergolong binatang peliharaan.

Fobia ini disebabkan oleh sejumlah faktor. Namun, faktor yang paling banyak terjadi saat mereka memiliki pengalaman buruk sewaktu kecil dengan sejumlah hewan-hewan ini.

Seperti dikutip dari laman Listverse.com, Rabu (22/7/2020), berikut 5 fobia pada hewan peliharaan:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Ichthyophobia - Phobia Ikan

Sementara seseorang mungkin takut pada anjing atau kucing karena rentan diserang, maka yang satu ini cukup unik. Yaitu takut pada ikan atau yang dikenal dengan ichthyophobia.

Ini adalah fobia yang cukup umum dan mungkin lebih masuk akal bagi kebanyakan orang. Salah satu jenis ikan adalah 'ikan terbang' jadi mungkin ini adalah sesuatu yang membuat mereka takut ketika kecil.

Karena ikan dianggap kotor dan makhluk berlendir, salah satu penyebab paling umum dari masalah ini adalah kepercayaan bahwa ikan bisa menyebarkan penyakit. Bahkan, pada tingkat yang lebih parah, seseorang dengan fobia ikan ini akan takut pada air.

 

3 dari 6 halaman

2. Cynophobia - Fobia Anjing

Ketakutan terhadap anjing atau cynophobia bukanlah fobia yang sama sekali tidak rasional karena banyak orang pernah trauma dikejar atau digigit oleh hewan yang satu ini. Mungkin, pada mereka masih anak-anak orang yang memiliki fobia ini pernah mengalami hal demikian. Angka telah menunjukkan bahwa jumlah anjing yang dimiliki di AS pada tahun 2017 naik lebih dari 20 juta dibandingkan dengan survei dari tahun 2000.

Kemungkinan orang dengan fobia ini memiliki setidaknya satu teman yang memiliki anjing. Mereka bahkan takut meninggalkan rumah karena selalu ada seseorang yang membawa anjing.

Bahkan suara gonggongan anjing bisa membuat mereka takut. Cara yang baik untuk menyembuhkan fobia ini bisa dimulai dengan memaparkannya pada anak anjing.

 

4 dari 6 halaman

3. Ailurophobia - Fobia Kucing

Ketakutan terhadap kucing ini dikenal dengan sebutan Ailurophobia. Orang yang memiliki kecenderungan pada fobia ini akan meminta teman atau rekan mereka untuk menyimpannya di ruangan lain.

Terkadang, suara 'meong' dari seekor kucing dapat menakuti mereka. Kucing bisa sangat kejam dan jika seorang anak kecil tercakar oleh kucing, ini dapat menyebabkan ailurophobia. Ada beberapa penakluk terkenal seperti Napoleon Bonaparte, Julius Caesar dan Alexander Agung yang diyakini menderita fobia ini.

 

5 dari 6 halaman

4. Alektorophobia - Fobia Ayam

Alektorophobia adalah ketakutan khusus pada ayam. Ini berasal dari kata Yunani "alektor", yang berarti ayam jantan.

Lebih mungkin jika seseorang telah tinggal di lokasi pedesaan sepanjang hidupnya dan memiliki pengalaman buruk sebagai seorang anak.

Mungkin, mereka terjebak di daerah di mana ada kawanan ayam jantan besar. Begitu mereka sudah dewasa, jika mereka masih memiliki fobia ini, mereka mungkin memutuskan untuk tinggal di daerah perkotaan, guna menghindari ternak ayam tersebut.

6 dari 6 halaman

5. Equinophobia - Fobia Kuda

Kuda tidak mungkin melawan seseorang seperti anjing dan tidak bisa menyengat seseorang seperti lebah sehingga orang takut pada mereka.

Menunggang kuda adalah hobi yang populer dan jika ada yang jatuh dengan fatal maka bisa menimbulkan permasalahan lain yaitu fobia pada hewan ini.

Atau mungkin, mereka pernah ditendang oleh kuda dan patah pada tulang. Hal ini dapat menyebabkan fobia saat melihat seekor kuda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.