Sukses

Rendam Kaki Pakai Obat Kumur, 3 Manfaat Tak Terduga Ini Bisa Anda Rasakan

Liputan6.com, Jakarta - Obat kumur awalnya dikembangkan sebagai antiseptik bedah, dan telah terbukti sebagai sesuatu yang dapat menjadi solusi bagi banyak masalah selama bertahun-tahun. 

Jika kaki Anda kerap memiliki masalah, sebenarnya cukup merendam kaki dengan obat kumur.

Namun, ada beberapa hal yang tetap harus Anda perhatikan terutama kandungannya. Periksa kandungan obat kumur seperti kayu putih, mentol, atau timol, untuk memastikan mereka tidak bertentangan dengan kondisi alergi Anda.

Orang dengan kulit sensitif di kaki juga harus berhati-hati dengan alasan yang sama. Pun demikian bagi mereka yang memiliki luka terbuka di bagian tersebut. 

Mengutip Bright Side, Senin (13/7/2020), berikut adalah tiga manfaat merendam kaki menggunakan obat kumur:

2 dari 4 halaman

1. Mengatasi Kapalan

Akibat gesekan dengan sepatu, kaki dapat dengan mudah menjadi kapalan dari waktu ke waktu.

Biasanya, kapalan, dan masalah kulit yang serupa, diobati dengan asam salisilat. Namun, obat kumur mengandung metil salisilat yang secara kimiawi mirip dan mungkin bisa memberikan manfaat serupa.

Penting juga untuk dicatat bahwa, karena obat kumur dirancang untuk bekerja di area yang sensitif seperti mulut, seharusnya bisa menghaluskan kulit untuk digunakan pada kaki.

3 dari 4 halaman

2. Mencegah Infeksi

Penting untuk diingat bahwa obat kumur benar-benar dirancang lebih untuk mencegah daripada mengobati infeksi.

Karena itu, minyak atsiri dalam obat kumur adalah anti jamur alami yang dapat mencegah kasus jamur kuku kaki.

Salah satu studi menemukan bahwa obat kumur terbukti efektif dalam mencegah infeksi jamur pada orang dengan penyakit autoimun, meskipun penelitian ini lebih berfokus pada mulut daripada pada kaki.

Penting untuk dicatat bahwa obat kumur kemungkinan tidak mengobati orang yang sudah terinfeksi dan bahkan mungkin membakar luka terbuka.

4 dari 4 halaman

3. Menghilangkan Rasa Pegal

Alasan paling jelas untuk merendam kaki adalah membuatnya rileks.

Merendam kaki denganobat kumur sangat bermanfaat berkat metil salisilat yang disebutkan sebelumnya, yang secara kimiawi juga mirip dengan aspirin. Satu studi bahkan menemukan bukti bahwa itu bisa sangat berguna untuk menghilangkan nyeri otot.