Sukses

14 Fakta Unik Tubuh Manusia, Rata-Rata Jalan Kaki dalam Hidup Bisa Keliling Bumi 5 Kali

Liputan6.com, Jakarta - Kekuatan tubuh manusia itu sungguh luar biasa.

Misalnya, tulang manusia lebih kuat dari baja, dan asam lambung kita dapat melarutkan logam. Dan bukan itu saja, organ kita memiliki begitu banyak keterampilan luar biasa yang belum ditemukan.

Ada sejumlah fakta-fakta menarik yang ditemukan dalam tubuh manusia. Kemampuan kaki dalam berjalan yang tanpa kita sadari bisa mengelilingi dunia, hingga banyak lagi.

Seperti dikutip dari laman Bright Side, Senin (6/7/2020), berikut 14 fakta menarik tentang tubuh yang benar-benar mengejutkan:

1. Resolusi mata manusia adalah 576 megapiksel yang lebih baik daripada kamera resolusi tinggi yang tersedia.

2. Manusia dewasa menggunakan hingga 200 otot yang berbeda untuk mengambil satu langkah.

3. Kornea adalah satu-satunya bagian tubuh yang tidak memiliki pembuluh darah langsung, sehingga mendapat sejumlah besar oksigen langsung dari udara.

4. Di pagi hari kita sekitar 1 cm lebih tinggi daripada ketika kita pergi tidur. Alasannya adalah gravitasi pada siang hari tulang rawan di tulang belakang dan lutut kita tertekan, dan berbaring di tempat tidur pada malam hari.

5. Asam lambung pada tubuh manusia sangat kuat sehingga bisa melarutkan logam.

6. Otak wanita sebenarnya cenderung menyusut selama kehamilan.

7. Rata-rata manusia dapat berjalan sekitar 100.000 mil (160.934 km) selama hidup mereka, yang seperti berjalan mengelilingi Bumi 5 kali.

 

2 dari 3 halaman

Fakta Lain

8. Tidak seperti tulang dan organ lain, gigi kita adalah satu-satunya bagian tubuh yang tidak dapat menyembuhkan dan memperbaiki diri.

9. Tulang manusia sangat kokoh lebih kuat dari baja atau beton. Satu inci kubik tulang dapat memikul beban 19.000 pon (8.618 kg) atau lebih.

10. Ada lubang kecil di bagian bawah kelopak mata. Ini disebut lacrimal punctum dan mengalirkan air mata ke hidung. Inilah sebabnya mengapa Anda pilek setelah menangis.

11. Seluruh permukaan kulit kita (epidermis) sepenuhnya beregenerasi sendiri setiap bulan, sehingga manusia dapat memiliki sekitar 1.000 "kulit" yang berbeda dalam seumur hidup.

12. Tomat memiliki lebih banyak gen daripada manusia. Sayuran ini memiliki lebih dari 30.000 gen dibandingkan dengan orang, yang jumlahnya bisa mencapai 25.000. Manusia memiliki jumlah gen yang kira-kira sama dengan cacing.

13. Detak jantung dapat disinkronkan dengan irama musik. Ini adalah metode yang baik yang dapat membantu Anda tenang dan mengatur tekanan darah dan pernapasan.

14. Orang berambut pirang secara alami memiliki lebih banyak rambut. Mereka memiliki sekitar 150.000 rambut di kepala mereka, sementara orang berambut hitam hanya memiliki sekitar 120.000 helai.

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut: