Sukses

Lihat Langit, Strawberry Full Moon Alami Gerhana Bulan Penumbra Sabtu Dini Hari

Liputan6.com, Jakarta - Jangan lupa untuk menengok ke langit pada Sabtu 6 Juni 2020 dini hari nanti. Ada fenomena astronomi menanti Anda!

6 Juni dini hari, akan terjadi Strawberry Full Moon. Selain itu juga Gerhana Bulan Penumbra.

"Puncak fenomena ini (Strawberry Full Moon)  terjadi pada pukul 02.12 Waktu Indonesia Barat (WIB) pada jarak 369.005 kilometer dari pusat Bumi," demikian menurut informasi dari Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) seperti dikutip Jumat (6/6/2020).

Purnama ini dapat disaksikan dari arah Barat Daya.

"Purnama ini dinamai demikian karena pada bulan inilah buah stroberi telah masak dan siap untuk dipetik," jelas Pussainsa Lapan di akun Instagram @pussainsa_lapan.

Nama lain dari gerhana bulan ini adalah Hot Moon (Bulan Panas) karena di bulan Juni di belahan utara Bumi tepatnya di Garis Baltik Utara (23,5 derajat lintang Utara) memasukin musim panas.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin menjelaskan, "Strawberry Moon adalah purnama pada bulan Juni. Sekadar nama. Fenomena yang terlihat adalah purnama biasa yang terlihat sejak magrib sampai matahari terbit."

Sementara itu, imbuh Thomas, Bulan akan mengalami fase Gerhana Bulan Penumbra.

"Pada dini hari nanti purnama mengalami Gerhana Bulan Penumbra. Tetapi orang awam sulit membedakannya, karena bayangan bumi tampak samar," tutur Thomas.

2 dari 3 halaman

Gerhana Bulan Penumbra

Saat Gerhana Bulan Penumbra 6 Juni dini hari nanti, langit akan terlihat lebih gelap.

"Terjadi ketika Bulan melewati bayangan sebagian Bumi atau penumbra. Selama gerhana ini, Bulan akan sedikit lebih gelap dari biasanya," tulis Lapan di akun Instagram Pussainsa.

"Gerhana akan terlihat di sebagian besar Eropa, Afrika, Asia, Australia, Samudra Hindia, dan Australia," imbuh Pussainsa Lapan.

Kapan waktu menyaksikannya?

"Gerhana Bulan Penumbra ini akan dimulai pada 6 Juni pukul 00.45.51 WIB. Puncaknya pukul 02.24. 55 WIB, dan berakhir pada pukul 04.04. 03 WIB," jelas Pussainsa Lapan.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: