Sukses

Menhan Kroasia Damir Krsticevic Mundur Usai Insiden Kecelakaan Pesawat Militer

Menteri Pertahanan Kroasia Damir Krsticevic mengumumkan pengunduran dirinya.

Liputan6.com, Biljane - Menteri Pertahanan Kroasia mengundurkan diri setelah sebuah pesawat latihan angkatan udara jatuh tidak lama setelah lepas landas dari sebuah pangkalan udara militer di bagian barat daya negara itu.

Kedua awak pesawat itu tewas dalam kecelakaan pada Kamis 7 Mei, demikian dikutip dari laman VOA Indonesia, Jumat (8/5/2020).

Kecelakaan serupa tiga bulan silam, sewaktu sebuah helikopter jatuh, juga menewaskan dua pilotnya.

Damir Krsticevic mengumumkan pengunduran dirinya, dengan mengatakan "kita harus transparan" dan memikul tanggung jawab atas kecelakaan itu.

"Ini adalah kehilangan besar bagi militer Kroasia. Hari ini saya meletakkan jabatan dari peran sebagai wakil presiden dan menteri pertahanan Republik Kroasia. Terima kasih," kata Krsticevic.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebab Kecelakaan?

Kementerian Pertahanan Kroasia mengemukakan dalam suatu pernyataan bahwa pesawat bermesin tunggal Zlin jatuh sekitar pukul 4 sore dalam penerbangan latihan rutin di Zadar, kota di bagian tengah negara itu.

Kementerian tidak memberi penjelasan apa pun mengenai kemungkinan penyebab kecelakaan itu.

Foto-foto dari lokasi kecelakaan memperlihatkan puing-puing pesawat yang dilalap api, di dekat apa yang tampak sebagai rumah warga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.