Sukses

Ini 4 Fakta Menarik Presiden Kroasia yang Jadi Sorotan di Piala Dunia 2018

Liputan6.com, Zagreb - Timnas Prancis dan Kroasia telah usai berlaga di babak final Piala Dunia 2018 di Luzhniki Stadium, Rusia. Dalam pertandingan yang dilangsungkan pada Minggu malam pukul 10.00 WIB itu, Prancis berhasil menyingkirkan Kroasia dengan skor 4-2 lewat tendangan Mario Mandzukic, Antoine Griezmann, Paul Pogba dan Kylian Mbappe.

Di tengah lautan penonton yang menyaksikan langsung jalannya pertandingan, kamera wartawan membidik empat 'orang penting' di tribun VVIP, yaitu Presiden Prancis Emmanuel Macron, Presiden Kroasia Kolinda Grabar-Kitarovic, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden FIFA Gianni Infantino.

Di antara keempatnya, Kolinda-lah yang sempat mencuri perhatian, meski negaranya harus mengakui kekalahan di Piala Dunia 2018. Sebelum melawan Prancis, Kolinda sempat terlihat hadir ketika Kroasia melawan Denmark. Begitu pula saat menghadapi Rusia dan Inggris.

"Saya merasa sangat senang, saya tidak sabar untuk menyambut hari Minggu," katanya dalam sebuah wawancara usai laga semifinal Kroasia versus Inggris.

Meski demikian, banyak publik yang belum begitu mengetahui sosok wanita kelahiran 29 April 1968 yang jadi sorotan saat Piala Dunia 2018 ini. Berikut 4 fakta menarik tentang Presiden cantik Kroasia yang Liputan6.com kutip dari Sputnik, Rabu (18/7/2018).

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

1 dari 5 halaman

Presiden Perempuan Pertama dalam Sejarah Kroasia

Kolinda adalah wanita pertama yang menjadi presiden Kroasia dan dilantik pada 19 Februari 2015.

Sebelum terpilih sebagai presiden ke-4, dia telah menapaki karir yang amat cemerlang di dunia politik, antara lain sebagai Wakil Sekretaris Jenderal NATO Urusan Kebijakan Publik (2011-2014), duta besar Kroasia untuk Amerika Serikat (2008-2011), menteri urusan Eropa (2003-2005), dan akhirnya menteri luar negeri (2005-2008).

2 dari 5 halaman

Rendah Diri

Penampilan sempurna wanita berusia 50 tahun itu belum luput dari perhatian media. Banyak warganet yang memujinya sejak kehadirannya di Piala Dunia tahun ini.

Meski telah menjadi presiden, Kolinda pernah memilih untuk naik pesawat kelas ekonomi bersama ratusan suporter lainnya yang bertolak menuju Moskow. Dia pun mengunggah foto dan video di akun Facebook-nya.

Tidak seperti para pemimpin dunia lainnya, sejumlah akun media sosial Kolinda tidak diverifikasi. Diakuinya, seluruh unggahan dilakukannya secara pribadi. Dia juga kerap membagikan foto dan video informal dari kunjungan resminya di seluruh dunia.

 

#svimnazemljimirveselje #advent #europesbestchristmasmarket

A post shared by Kolinda Grabar-Kitarović (@predsjednicarh) on

3 dari 5 halaman

Cantik dari Dalam

Presiden Kolinda dikenal karena kepribadiannya yang sangat mengesankan, yang membantunya memenangkan popularitas di antara penduduk Kroasia dan internasional.

Dia mengambil alih kendali pemerintah selama periode resesi ekstrem negara itu dan diklaim berhasil menuntun Kroasia keluar dari permasalahan rumit tersebut. Bersama dengan kebijakan domestik yang efisien, Kolinda menjadi salah satu negosiator kunci dalam membangun hubungan antara Iran dan Eropa.

 

#otokvisovac #nacionalnipark #krka #crkvagospeodmilosti #samostan

A post shared by Kolinda Grabar-Kitarović (@predsjednicarh) on

Ketertarikannya dengan dunia politik ketika kuliah membawanya menemukan lelaki pujaan hati, Jakov Kitarovic. Mereka lulus bersama dari Zagreb University dan menikah pada tahun 1996. Kini keduanya telah dikaruniai seorang putra dan putri.

4 dari 5 halaman

Jatuh Cinta dengan Dunia Olahraga

 

Uvijek uz naše momke! Bravo dečki :)

A post shared by Kolinda Grabar-Kitarović (@predsjednicarh) on

Presiden Kolinda tidak pernah 'acuh tak acuh' terhadap olahraga, bahkan dengan posisinya sebagai pemimpin negara. Ia mencoba untuk tidak melewatkan acara olahraga besar, tak terkecuali momen Piala Dunia 2018.

 

#croatia 🇭🇷 #footballsupporters #aroundtheworld #together

A post shared by Kolinda Grabar-Kitarović (@predsjednicarh) on

 

#ajmohrvatska 🇭🇷 #zajednodokraja 🥇#sviusoci

A post shared by Kolinda Grabar-Kitarović (@predsjednicarh) on

 

#ubojubojzanarodsvoj 🇭🇷💪🏻⚽️🏆

A post shared by Kolinda Grabar-Kitarović (@predsjednicarh) on

Dia menyemangati skuad nasionalnya dengan mengenakan kaos berwarna serupa bendera nasional. Dia bahkan tak segan untuk bergabung bersama timnas Kroasia di ruang ganti pemain dan merangkul mereka dengan sungguh-sungguh saat laga Kroasia melawan Inggris, Rabu 11 Juli lalu.

Artikel Selanjutnya
Ditagih Berkuda di Gunung Tanpa Baju, Dinar Candy: Sabar Kali
Artikel Selanjutnya
Prancis Juara, Dinar Candy Bakal Berbusana Minim sambil Naik Kuda di Gunung