Sukses

Rekaman Detik-Detik Pesawat Lionair Filipina Meledak dan Terbakar di Bandara Manila

Sejumlah saksi mata mengatakan pesawat Filipina LionAir terbakar ketika lepas landas. Beredar rekaman detik-detik ledakannya berikut ini.

Liputan6.com, Manila - Delapan orang dalam kecelakaan pesawat maskapai Filipina, Lionair terjadi di Manila pada Minggu (29/3/2020) malam dilaporkan tak ada yang selamat. Laporan awal menunjukkan bahwa kapal terbang itu mengangkut empat awak, dokter, perawat, dan warga negara Kanada yang diyakini sebagai pasien dan seorang rekan Amerika.

Mengutip Phill Star, sebuah sumber menyebut enam awak Filipina dan dua penumpang. Para penumpangnya adalah seorang Kanada dan seorang Amerika.

Senator Richard Gordon, ketua Palang Merah Filipina, membenarkan di Twitter ada delapan penumpang: seorang petugas medis penerbangan, perawat, dokter, tiga awak pesawat, satu pasien dan rekannya.

Pesawat yang lepas landas di Bandara Internasional Ninoy Aquino pada Minggu (29/3/2020) malam meledak di landasan pacu itu, sedang menuju ke Bandara Haneda di Jepang dalam penerbangan evakuasi medis.

Manila International Airport Authority (MIAA) membenarkan bahwa tidak ada yang selamat dari kecelakaan pesawat di NAIA, demikian seperti dikutip dari situs Manila Bulletin, Minggu (29/3/2020).

Sejumlah saksi mata mengatakan pesawat terbakar ketika lepas landas. Salah satu yang mendapat rekaman detik-detik saat kebakaran pesawat tersebut adalah jurnalis multimedia Journalist ABS-CBN News. Melalui Twitter ia mengunggah rekaman tersebut.

Berikut ini rekamannya:

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesawat dalam Perjalanan Medis

Pemadam kebakaran bandara mengaku mengalami kesulitan menjinakkan kebakaran. Pesawat itu sarat dengan 4 ton bahan bakar.

Penyelidik mengatakan kebocoran diduga menyebabkan pesawat meledak.

Mengutip Phill Star, pesawat yang terdaftar sebagai IAI 1124A Westwind II menuju ke Bandara Internasional Tokyo dengan penerbangan medevac atau penerbangan medis.

Pihak Lion Air Group di Indonesia menyatakan, pesawat tersebut bukan miliknya. Sebab, Lion Air Indonesia belum beroperasi di Manila.

Pesawat yang meledak ini merupakan milik Lionair Inc, perusahaan penerbangan Filpina yang menyediakan pesawat maupun helikopter sewaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.