Sukses

14-3-1942: Pasien Pertama Sembuh oleh Penisilin, Obat Ajaib dari Jamur

Hari ini pasien pertama berhasil disembuhkan oleh penisilin, obat yang terbuat dari jamur.

Liputan6.com, Connecticut - Sejarah mencatat bahwa obat ajaib yang terbuat dari jamur menjadi sorotan. Jamur diketahui sejak zaman Yunani memiliki sifat mengobati.

Pada saat itu, mereka yang sakit sering diminta memakan roti dengan jamur agar merasa lebih baik.

"Jamur luar biasa yang menyelamatkan hidup," demikian menurut laporan Time yang menyebutkan pertama kali obat dari jamur itu ditemukan oleh Alexander Fleming pada tahun 1928.

Mengutip Famous Daily, awalnya ilmuwan Skotlandia Alexander Fleming mengisolasi zat penicillum dari jamur pada tahun 1897 lalu memulai percobaan. Pada tahun 1920, ia memperhatikan bahwa jamur telah menghambat pertumbuhan bakteri di luar batasnya, dan itulah inspirasi yang diperlukan untuk membuat penisilin.

Barulah pada 14 Maret 1942, penisilin lulus uji pertamanya, menyembuhkan seorang pasien yang hampir meninggal di rumah sakit.

Pasien diidentifikasi sebagai Ann Miller, penderita infeksi streptokokus di Rumah Sakit New Haven, Connecticut.

Diagnosisnya adalah septikemia, juga dikenal sebagai keracunan darah, yang membuatnya hampir mati karena infeksi setelah keguguran. Dia mengalami demam setidaknya 103 Fahrenheit selama beberapa minggu, menurut Eric Lax di Dr. Florey's's Coat: The Story of the Penicillin Miracle, dan bahkan pembedahan serta transfusi darah tidak membantu.

Dokter mencoba segalanya, tetapi demamnya meningkat menjadi 107 Fahrenheit dan membuatnya mengigau.

Secara kebetulan, pasien lain di rumah sakit yang merawat Miller kebetulan mengenal seorang ilmuwan Inggris yang pada saat itu sedang bekerja mengembangkan penisilin menjadi obat yang dapat dijual. Dia kemudian diberi dosis penisilin, dan hanya beberapa hari kemudian, kondisinya membaik secara dramatis, ke titik di mana dia mendapatkan kembali nafsu makannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upaya Keras Dokter Sediakan Penisilin

Mengutip Time, Dokter Miller kemudian menggunakan koneksinya untuk membuat pemerintah — yang memiliki kendali ketat atas obat-obatan utama selama masa perang — untuk memberikan kira-kira satu sendok makan penisilin untuk pasiennya.

Dalam waktu sekitar satu hari, suhu tubuh Miler dilaporkan kembali normal. Ia dinyatakan sembuh.

Mengapa perlu waktu lama untuk obat, yang sudah diuji di AS, untuk sampai ke AS?

Salah satu alasannya, Time mencatat pada tahun 1941, adalah “sulit dan mahal untuk mengekstraksi” dari sumber cetakan aslinya dan belum tersedia dalam bentuk sintetis; setiap kali para ilmuwan ingin membuat penisilin, mereka harus menunggu jamur baru tumbuh.

Beberapa pasien tes awal di Inggris meninggal setelah kelihatannya pulih karena tidak ada cukup obat untuk menyelesaikan pengobatan. Bahkan pada tahun 1943, hanya ada penisilin yang dibuat di AS untuk mengobati sekitar 30 orang.

Kondisi itu segera berubah. Setelah diketahui bahwa obat itu dapat membantu mereka yang terluka dalam Perang Dunia II, Korps Medis Angkatan Darat dengan cepat meminta lebih banyak untuk diproduksi.

Pada Mei 1944, sudah cukup banyak yang dibuat sehingga warga sipil akhirnya bisa mendapatkan akses. "Penisilin," dicatat Time dalam cerita sampulnya soal Alexander Fleming tahun itu, "akan menyelamatkan lebih banyak nyawa daripada saat perang."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.