Sukses

Badai Dahsyat di Yunani Tewaskan Tiga Orang

Badai yang disebut Geryon, raksasa mitologi Yunani, merenggut nyawa tiga orang. Jumlah korban tewas terus bertambah.

Liputan6.com, Athena - Yunani diterjang badai. Dua orang yang sedang berada di atas kapal dan seorang nenek jadi korban tewas. Badai di bagian barat Yunani ini mengakibatkan banjir dan tanah longsor.

Dilaporkan AFP, Selasa (26/11/2019), badai ini mulai terjadi pada Minggu 24 November waktu setempat. Badan meteorologi Yunani menyebutnya sebagai Geryon, raksasa di mitologi Yunani.

Seorang tewas ketika kapal pesiar mereka tenggelam di dekat Kota Antirio, di bagian barat Yunani. Di lokasi lain, mengutip ekathimerini, seorang nenek meninggal di rumahnya yang banjir di kepulauan Rhode.

Kota Kineta di bagian barat ibu kota Athena juga luluh lantak akibat tanah longsor yang memutuskan jalur darat. Sekolah-sekolah di wilayah kota Athena pun terlambat dibuka karena masalah cuaca.

Menurut AFP, Kota Kinetta juga menutup jalur rel yang menghubungkan ke ibu kota Athena di wilayah tenggara. Pada hari Senin 25 November, pekerja sudah mulai membersihkan lumpur, batu, dan pepohonan di jalanan.

Pasukan pemadam kebakaran juga mendapat lusinan panggilan untuk memompa air dari berbagai bangunan. Sementara, layanan kapal feri yang menghubungkan kepulauan Kyklades dan Pelabuhan Rafina dan Lavrion juga ditutup.

Menurut situs berita lokal Keep Talking Greece, daerah Yunani Barat masuk kategori merah atau sangat berbahaya. Wilayah kota Athena di wilayah Attika masuk kategori kuning, dan daerah timur seperti kepulauan Aegean masuk kategori hijau.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Badai Geryon

Banjir di wilayah Attika yang berada di sekitar Athena tercatat makin sering terjadi dalam beberapa tahun terakhir, akibat adanya deforestasi yang dipicu kebakaran hutan.

Pada November 2017, tanah longsor akibat hujan deras membunuh 23 orang di kota Mandra, di bagian barat Athena.

Istilah Geryon sendiri merepresentasikan sosok berkepala tiga di mitologi Yunani. Ia adalah cucu dari Medusa dan bertempat tinggal di pulau Erytheia, bagian barat Mediterania.

Geryon pun akhirnya dibunuh oleh Hercules sebagai bagian dari 12 tugas sang pahlawan. Ketika berhadapan dengan Hercules, raksasa itu membawa tiga perisai dan tiga tombak.

3 dari 3 halaman

Melanda Banyak Wilayah Eropa

Korban badai dahsyat ini juga ada di negara-negara Eropa lain seperti Prancis dan Italia. Jumlah korban pun masih terus bertambah. 

AP News melaporkan setidaknya ada sembilan orang meninggal. Banjir pun melanda Prancis, Italia, dan Yunani.

Di wilayah utara Italia, seorang wanita ditemukan tewas akibat arus dari sungai menerjang mobilnya. Korban pun diduga masih ada lagi karena adanya tanah longsor di dekat kota Savona yang banjir.

Di wilayah Var, Prancis, empat orang disebut meninggal, termasuk pasangan manula yang moblnya tenggelam. Banjir di Prancis sudah surut, tetapi warga masih enggan pulang ke rumah.

Seorang lagi di Yunani juga disebutkan meninggal akibat berenang di laut yang sedang dilanda badai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.