Sukses

New York Times Soroti Pabrik Tahu di Indonesia yang Pakai Sampah Plastik Impor

Liputan6.com, Tropodo - Outlet surat kabar ternama Amerika Serikat, the New York Times, merilis laporan mengenai aktivitas puluhan pabrik tahu di Indonesia yang disebutnya menggunakan sampah plastik impor sebagai bahan bakar dalam proses produksi panganan berbahan dasar kedelai itu.

Laporan itu datang di tengah maraknya fenomena kiriman sampah plastik mancanegara ke Indonesia, mayoritas dari negara-negara besar. Termasuk, sejumlah besar yang datang dari AS untuk kemudian digunakan sebagai penyulut api untuk pabrik tahu yang terletak di Tropodo, Waru, Sidoarjo, Jawa Timur tersebut.

"Asap dan abu yang dihasilkan dari plastik yang dibakar memiliki konsekuensi racun yang bukan kepalang," Richard Paddock, jurnalis the New York Times melaporkan dalam artikel berjudul To Make This Tofu, Start by Burning Toxic Plastic, dibantu kontributor Dera Menra Sijabat dan fotografer Ulet Ifansasti. Artikel itu terbit pada 14 November 2019, dikutip dari nytimes.com, pada Senin (18/11/2019).

"Lebih dari 30 pabrik di Tropodo menggantungkan bahan bakar untuk produksi tahu mereka dengan membakar campuran limbah plastik dan kertas, termasuk beberapa yang dikirim dari Amerika Serikat," lapor Paddock.

Mencemari Ekosistem Lokal, Termasuk Sumber Pangan Warga

Tahu yang diproduksi menggunakan tungku berbahan bakar limbah jelas memiliki imbas kimiawi yang buruk, tak hanya bagi makanan itu sendiri, melainkan bagi calon konsumennya.

Namun, lebih dari itu, asap yang dihasilkan dari industri pabrik tahu tersebut juga telah mencemari ekosistem lokal, termasuk memicu sejumlah telur yang ditelurkan ayam milik warga setempat "mengandung kadar zat kimia berbahaya dioksin (dioxin) melebihi ambang batas wajar, bahkan berbahaya."

Telur biasanya digunakan untuk menguji kontaminasi karena ayam secara efektif mencicipi tanah ketika mereka mencari makan. Hal itu berujung pada racun menumpuk di telur mereka.

"Dioxin merupakan polutan yang berpotensi menyebabkan kanker, cacat lahir dan Parkinson," tulis Paddock mengutip laporan terbaru yang dirilis lembaga pemerhati lingkungan International Pollutants Elimination Network (IPEN).

Petugas Bea Cukai serta polisi menunjukkan kontainer berisi sampah plastik di Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (18/9/2019). Bea Cukai bekerja sama dengan KLHK dan kepolisian memulangkan sembilan kontainer berisi 135 ton sampah plastik impor bercampur limbah B3 asal Australia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Tingkat dioksin yang ditemukan dalam telur di Tropodo adalah kedua yang tertinggi setelah telur yang dikumpulkan di dekat Bien Hoa, Vietnam, bekas pangkalan udara Amerika Serikat pada era Perang Vietnam. Tempat itu digunakan sebagai lokasi uji coba Agent Orange (Agen Oranye), sebuah senjata biologis yang mengandung dioksin.

Pada masa Perang Vietnam, tentara AS menyebarkan Agent Orange ke hutan dan lahan musuh, efektif membasi serta mencemar tumbuhan dan tanah hingga menjadi infertil, yang berarti, memutus suplai gerilyawan.

Amerika Serikat baru-baru ini memulai pembersihan 10 tahun senilai US$ 390 juta di Bien Hoa, yang masih terkontaminasi Agent Orange hampir lima dekade setelah perang berakhir.

Orang dewasa yang makan hanya satu telur seperti yang diambil dari kandang ayam di Tropodo akan mencerna dioksin melebihi ambang batas keamanan harian yang ditetapkan badan kesehatan Amerika Serikat, yakni hampir 25 kali lipat; dan standar Otoritas Keamanan Pangan Eropa yang lebih ketat, yakni hampir 70 kali lipat.

"Ini merupakan dampak berantai dari penyimpangan, kecerobohan, dan pengabaian pemerintah," kata jurnalis the New York Times itu.

"Temuan-temuan nyata ini menggambarkan bahaya sampah plastik bagi kesehatan manusia dan harus menggerakkan para pembuat kebijakan untuk melarang pembakaran sampah plastik, mengatasi kontaminasi lingkungan, dan secara ketat mengontrol impor," kata Lee Bell, seorang peneliti IPEN dan penulis bersama dari laporan yang dirilis lembaga swadaya anti-pencemaran lingkungan tersebut.

Studi ini dilakukan oleh empat kelompok lingkungan: Ecoton and the Nexus3 Foundation, yang berbasis di Indonesia; Arnika, berbasis di Praha; dan IPEN, sebuah jaringan global yang didedikasikan untuk menghilangkan polutan beracun.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Asal Limbah Impor

Racun yang ditemukan di tanah Tropodo dimulai dengan kepercayaan orang Barat (dan negara maju) bahwa mereka telah melakukan hal yang baik bagi lingkungan --memilah limbah mereka untuk didaur ulang.

Kenyataannya, sebagian besar sampah plastik itu dikirim ke luar negeri, termasuk ke Indonesia, di mana limbah tersebut dikombinasikan dengan limbah lokal untuk diproses.

Tetapi alih-alih diubah menjadi barang konsumen baru seperti jaket bulu dan sepatu kets, sebagian besar limbah tidak dapat digunakan untuk didaur ulang dan malah dibuang ke tungku yang digunakan untuk memproduksi tahu di Tropodo.

"Ini adalah plastik yang dikumpulkan dari konsumen di Amerika Serikat dan negara-negara lain dan dibakar untuk membuat tahu di Indonesia," kata Yuyun Ismawati, salah satu pendiri Nexus3 Foundation dan rekan penulis studi yang dirilis IPEN, kepada Richard Paddock untuk the New York Times.

Jumlah sampah asing yang masuk ke Indonesia melonjak dua tahun lalu setelah China menghentikan impor sampah.

Di Jawa Timur, 11 pabrik kertas beroperasi di selatan Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia, dan mengimpor kertas limbah untuk didaur ulang.

Beberapa penangan limbah asing yang tidak bertanggungjawab membuang plastik yang tidak diinginkan di negara berkembang dengan memasukkan sebanyak 50 persen plastik dalam pengiriman kertas yang seharusnya, kata Yuyun, perusahaan lokal mendapat untung dengan menerima pengiriman.

Sebagian besar plastik itu tidak diinginkan, bahan bermutu rendah dan Indonesia tidak memiliki cara yang baik untuk membuangnya.

Setelah membuang bahan-bahan terbaik untuk didaur ulang, sebagian besar perusahaan mengirimkan sisa limbah mereka ke Bangun, sebuah desa yang dikenal dengan pemulung yang mencari barang-barang bernilai dan bahan-bahan yang layak didaur ulang.

Di Bangun, tumpukan sampah, setinggi lebih dari 15 kaki, mengisi setiap lahan kosong. Sekitar 2.400 orang tinggal di desa dan hampir setiap keluarga terlibat dalam bisnis limbah.

Para pemulung mengatakan bahwa mereka dapat mengatakan bahwa beberapa pengiriman telah datang dari Amerika Serikat karena tulisan tentang barang-barang yang mereka sortir.

Lebih lanjut menunjukkan asal limbah, para pemetik mengatakan mereka kadang-kadang menemukan dolar Amerika yang terbuang secara tidak sengaja dan botol-botol minuman keras yang pecah dengan label khas Amerika, seperti Jack Daniels.

 

3 dari 3 halaman

Tungku Tahu Berbahan Bakar Limbah Impor

Perhentian terakhir untuk sampah impor dari negara maju yang paling tidak diinginkan adalah Tropodo dan pabrik tahu. Setelah diterima dari Bangun, limbah-limbah itu kemudian sampai di pabrik-pabrik lokal di Tropodo.

Setiap hari, truk membawa sisa-sisa kertas dan plastik sisa 20 mil melalui jalan darat dari Bangun ke Tropodo dan meninggalkan muatan mereka di luar dapur tahu.

"Orang-orang membutuhkannya sebagai bahan bakar untuk pabrik tahu," kata seorang sopir truk, Fadil, 38, ketika ia membuang muatannya di jalan desa. Dia mengatakan telah mengirimkan limbah kertas dan plastik ke pembuat tahu desa selama 20 tahun.

Pembakaran terbuka sampah --termasuk plastik-- tersebar luas di seluruh Indonesia. Praktek ini ilegal tetapi hukum jarang ditegakkan.

Aktivis lingkungan mengatakan Presiden Indonesia, Joko Widodo, telah mengabaikan masalah kesehatan dalam mengejar pembangunan ekonomi dan mendesaknya untuk mengatasi kontaminasi beracun, termasuk polusi udara dan kontaminasi merkuri.

Pada bulan Juli, direktur jenderal Kementerian Lingkungan Hidup untuk pengelolaan limbah, Rosa Vivien Ratnawati, mengunjungi Tropodo dan mengakui bahwa pembakaran plastik itu berbahaya tetapi tidak berusaha untuk menghentikannya.

Rosa mengatakan kepada wartawan bahwa dia akan menyelidiki bagaimana asap beracun dapat dikendalikan.

"Jika plastik digunakan sebagai bahan bakar, itu bukan masalah tetapi polusi harus dikelola," katanya.

Sejak itu, pemerintah tidak mengambil tindakan.

Dihubungi minggu lalu oleh The New York Times, Rosa Vivien Ratnawati menolak untuk membahas masalah ini dan mengajukan pertanyaan kepada direktur jenderal untuk pencemaran lingkungan, Karliansyah. Yang bersangkutan tidak menanggapi pertanyaan dari The Times.

Banyak penduduk Tropodo mengatakan mereka membenci pembakaran plastik tetapi tidak berdaya untuk menghentikannya.

Para pembuat tahu, tulang punggung ekonomi utama di Tropodo, beralih dari kayu menjadi membakar plastik sejak beberapa tahun yang lalu.

Petugas membuka peti kemas berisi sampah plastik yang mengandung limbah berbahaya dan beracun (B3) untuk di re-ekspor di Batam, Senin (29/7/2019). Indonesia mengirim kembali (re-ekspor) tujuh peti kemas berisi limbah plastik impor ke negara asalnya, Prancis dan Hongkong. (SEI RATIFA/AFP)

Dapur beroperasi setiap hari, dan ketika ada sedikit angin, asap tajam menggantung di desa seperti kabut beracun.

Nanang Zainuddin, 37, mengelola dapur kecil di sudut rumah induk Karanawi, seorang pengusaha tahu lokal. Dia mengatakan dia membakar plastik karena lebih murah, kadang-kadang hanya sepersepuluh dari biaya kayu bakar.

Proses pembuatan tahu dimulai dengan merendam dan menggiling kacang kedelai, menempatkannya di bak beton dan menyuntikkan uap dari ketel yang dibakar dengan membakar plastik.

Satu pekerja mengoperaiskan tungku dan memasukkan plastik ke dalam api, sementara yang lain mengukus kedelai dan memotong-motong bubur kertas.

Nanang berkata bahwa dia membuang abu plastik dengan mengubur sebagian dan menyebar lebih banyak di tanah untuk menciptakan permukaan yang rata. Dia juga memberikan beberapa kepada tetangga sehingga mereka dapat menyebarkannya di tanah di sekitar rumah mereka.

"Kita sekarang berdiri di atas abu," kata Nanang kepada the Times, ketika ayam dan anak ayam menggaruk makanan di dekat kakinya.

Mantan kepala desa Tropodo, Ismail, 50, yang juga seorang produsen tahu, melarang penggunaan plastik sebagai bahan bakar pada tahun 2014. Namun larangan itu hanya bertahan beberapa bulan sebelum pembakaran dilanjutkan.

Keputusannya telah diabaikan sejak itu.

"Ada banyak pembuat tahu di sini dan kebanyakan dari mereka tidak peduli," kata Ismail, yang kebanyakan menggunakan kayu dan plastik sebagai bahan bakarnya. "Pembuat tahu hanya menghitung untung, untung, untung. Mereka tidak menghitung kerugian yang diciptakan oleh bisnis ini."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.