Sukses

UNHCR Beri Kartu Identitas Pengungsi untuk 500 Ribu Rohingya di Bangladesh

Lebih dari 500.000 pengungsi Rohingya dari Myanmar di kamp pengungsian Bangladesh telah terdaftar dalam program pendaftaran kartu identitas UNHCR.

Liputan6.com, Cox's Bazaar - Lebih dari 500.000 pengungsi Rohingya dari Myanmar di kam pengungsian Cox's Bazaar, Bangladesh telah terdaftar dalam program pendaftaran kartu identitas oleh Badan Pengungsi PBB (UNHCR) dan otoritas Bangladesh.

Bagi banyak pengungsi, ini adalah pertama kalinya mereka memiliki kartu identitas. Kartu dengan data biometrik diterbitkan bersama-sama oleh otoritas Bangladesh dan UNHCR untuk semua pengungsi yang terverifikasi di atas usia 12 tahun, demikian seperti dikutip dari UNHCR.org, Selasa (13/8/2019).

Registrasi komprehensif itu secara serentak dilakukan di semua kamp pengungsian di Cox's Bazar - dimaksudkan untuk memastikan "keakuratan data tentang para pengungsi di Bangladesh, memberikan otoritas nasional dan mitra kemanusiaan pemahaman yang lebih baik tentang populasi dan kebutuhan mereka."

"Data yang akurat akan membantu lembaga dalam perencanaan program mereka dan dapat menargetkan bantuan yang paling dibutuhkan, terutama untuk orang-orang dengan kebutuhan khusus, seperti perempuan dan anak-anak yang mengurus keluarga mereka dan orang-orang penyandang cacat," lanjut pernyataan dari UNHCR.

Pekan lalu, menggunakan data biometrik yang dikumpulkan selama latihan registrasi ini, UNHCR meluncurkan Global Distribution Tool (GDT) pada awalnya di salah satu pemukiman pengungsi di Cox's Bazar. Melalui verifikasi sidik jari atau pemindaian iris, alat itu mempercepat distribusi, adalah bukti penipuan, dan dapat digunakan oleh mitra untuk memastikan bahwa tidak ada tumpang tindih dalam bantuan, dan untuk memastikan bahwa tidak ada yang ditinggalkan. Itu terus diluncurkan di lebih banyak permukiman dalam beberapa minggu mendatang.

Kartu registrasi baru menunjukkan bahwa Myanmar adalah negara asal, elemen penting dalam menetapkan dan melindungi hak para pengungsi Rohingya untuk kembali ke rumah mereka di Myanmar, jika dan ketika mereka memutuskan waktu yang tepat bagi mereka untuk melakukannya.

Diperkirakan 900.000 pengungsi Rohingya tinggal di permukiman yang padat di Cox's Bazar, dengan lebih dari 740.000 diperkirakan telah melarikan diri dari Myanmar sejak Agustus 2017.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5.000 Orang Terdaftar Setiap Hari

Pendataan dimulai sejak Juni 2018. Rata-rata, sekitar 5.000 pengungsi didaftarkan setiap hari di tujuh lokasi berbeda di dalam permukiman tersebut. Lebih dari 550 staf lokal telah direkrut dengan tujuan menyelesaikan proses pendaftaran selama kuartal terakhir tahun 2019.

Sistem Manajemen Identitas Biometrik (BIMS) UNHCR menangkap data biometrik, termasuk sidik jari dan pemindaian iris, yang mengamankan identitas unik setiap pengungsi serta informasi penting lainnya seperti tautan keluarga.

UNHCR dan otoritas Bangladesh bertemu secara teratur dengan komunitas pengungsi, termasuk dengan perwakilan masyarakat terpilih, imam, penatua dan guru, untuk menjelaskan manfaat pendaftaran dan menanggapi pertanyaan dan masalah.

Tim penjangkauan yang terdiri dari sukarelawan pengungsi juga pergi ke komunitas untuk menjelaskan proses pendaftaran dan mendorong orang untuk mendaftar.

UNHCR mengimbau masyarakat internasional untuk terus mendukung pengungsi Rohingya dan Bangladesh. Pada akhir Juli, UNHCR dan para mitranya yang bekerja pada respon pengungsi gabungan di Bangladesh telah menerima US$ 318 juta, hanya lebih dari sepertiga dari total US $ 920 juta yang dibutuhkan pada tahun 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.