Sukses

Sedang Spa hingga Jadi Tukang Foto, Komentar Jahil Soal Absennya Melania Trump di KTT G20

Warganet jahil mengomentari ketidakhadiran Melania Trump pada KTT G20 di Osaka, Jepang.

Liputan6.com, Osaka - Sejak Jumat 28 Juni 2019, para pemimpin dari 19 negara dan Uni Eropa bertemu di Osaka, Jepang dalam gelaran tahunan KTT G20.

Sebagai bagian dari pertemuan penting, yang membahas isu-isu kritis mulai dari kesehatan hingga pembangunan, para pemimpin dunia yang hadir turut serta membawa pasangan masing-masing.

Namun, sebagaimana dikutip dari Bustle.com pada Sabtu (29/6/2019), sepertinya ada satu orang yang kerap jadi sorotan terlihat absen dalam KTT G20 tahun ini. Hal itu kemudian memicu spekulasi para pengguna media sosial untuk menebak alasan ketidakhadirannya.

Ibu Negara Amerika Serikat (AS) itu tidak tampak dalam sesi foto bersama oleh para pasangan pemimpin dunia di Kuil Tofuku-ji di Kyoto, Jepang.

Melania Trump absen dalam sesi foto bersama yang menampilkan salah satu sahabatnya, istri Presiden Prancis, Brigitte Macron, dan 18 pasangan pemimpin lainnya, termasuk Ibu Negara Republik Indonesia, Iriana Jokowi.

Tidak hanya itu, di sepanjang penyelenggaraan KTT G20 hingga Sabtu siang, Melania sama sekali tidak ada di samping pasangannya, Presiden AS Donald Trump.

Ketidakjelasan keberadaan Melania Trump pada KTT G20 membuat warganet gatal untuk tidak berkomentar.

Salah seorang pengguna Twitter menduga sang ibu negara AS sedang menjalani sesi spa di saat pasangan pemimpin lain berfoto bersama.

Ada pula pengguna lainnya yang menyebut Melania sedang sibuk menjelajah keunikan Jepang layaknya kebanyakan turis AS ketika berkunjung ke Negeri Matahari Terbit.

Namun, cuitan yang paling banyak menyita perhatian adalah dugaan bahwa Melania berada di balik kamera, alias sosok yang memotret para pasangan pemimpin negara G20 itu.

Hingga berita ini dimuat, belum ada pernyataan resmi apapun dari Gedung Putih mengenai keberadaan Melania Trump. Begitu pula akun Instagram dan Twitter sang ibu negara, tak jua menunjukkan kabar terkini tentang dirinya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beberapa Kontroversi Menghampiri Trump di Osaka

Sementara itu, Amie Ferris-Rotman dari The Washington Post menerjemahkan sebuah twit dari kantor berita Rusia, yang menyatakan bahwa ketidakhadiran Melania Trump sangat disayangkan bagi Presiden AS, karena ibu negara kelahiran Slovakia itu "berteman baik dengan" Vladimir Putin

Itu tidak berarti bahwa Donald Trump sendirian dalam perjalanannya ke Osaka. Dia datang bersama dengan putrinya Ivanka, dan menantunya, Jared Kushner.

Absennya Melania Trump pada KTT G20 jelas bukan satu-satunya aspek dari proses perundingan yang menjadi berita utama.

Trump dikabarkan sempat memicu spekulasi dan kritik ketika dia dengan bercanda mengatakan pada Putin, "Jangan ikut campur dalam pemilihan, Presiden," tulis The New York Times.

KTT G20 tahun ini menandai pertama kalinya Trump dan Putin bertemu sejak kesimpulan penyelidikan campur tangan Rusia oleh Penasihat Khusus Robert Mueller, BBC melaporkan.

Trump juga menuai kontroversi setelah bersalaman dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman saat sedang difoto dengan para pemimpin G20 lainnya, kurang dari setahun setelah wartawan Jamal Khashoggi terbunuh di konsulat Saudi di Istanbul.

 

3 dari 3 halaman

Daftar Lengkap Pasangan Pemimpin Negara di KTT G20 Osaka

Para pasangan dan istri pemimpin negara anggota G20 tampil dengan penuh gaya saat mereka berpose untuk "foto keluarga" di Kuil Tofuku-ji di Kyoto.

Yang jelas, hanya tampak satu pasangan yang berbeda, yakni seorang lelaki yang merupakan suami Perdana Menteri Inggris Theresa May.

Kehadiran Phillip May sempat menuai kritik lantaran dituding sebagai wujud nyata ketimpangan gender dalam peta pemimpin dunia. Namun, hal itu tetap terkalahkan oleh desas-desus mengenai ketidakhadiran Melania Trump.

Berikut adalah daftar lengkap pasangan pemimpin negara anggota G20 --dan juga dari beberapa negara terundang-- yang ikut hadir dalam pertemuan di Osaka, Jepang, sebagaimana dikutip dari Express.co.uk pada Sabtu 29 Juni. 

-Ibu Negara Singapura Ho Ching

- Ibu Negara Korea Selatan Kim Jung-sook

- Ibu Negara Afrika Selatan Tshepo Motsepe

- Ibu Negara Prancis Brigitte Macron

- Ibu Negara Vietnam Tran Thi Nguyet Thu

- Suami Perdana Menteri Inggris, Philip May

- Ibu Negara Thailand Naraporn Chan-ocha

- Istri Perdana Menteri Australia, Jenny Morrison

- Ibu Negara Indonesia Iriana Joko Widodo

- Istri Presiden Dewan Eropa, Malgorzata Tusk

- Pasangan Perdana Menteri Jepang, Akie Abe

- Istri Perdana Menteri Kanada, Sophie Trudeau

- Ibu Negara Argentina Juliana Awada

- Ibu Negara Spanyol María Begoña Gómez Fernández

- Ibu Negara Turki Emine ErdoÄŸan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini