Sukses

BERITA TERKINI:JELANG PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID 2

5 Tips untuk Menjaga agar Buah Tetap Segar dalam Waktu yang Lama

Liputan6.com, Jakarta - Buah yang masih segar mengandung lebih banyak vitamin dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Namun terkadang, ketika buah tersebut disimpan di dalam kulkas usai dipetik dari pohon, buah terkadang menjadi layu dan kita tak lagi berminat untuk mengkonsumsinya.

Akibatnya, kita akan membuang buah tersebut ke keranjang sampah. Dengan kata lain, kita mengeluarkan uang dengan sia-sia untuk membelinya.

Penyimpanan buah yang tepat dapat menghemat pengeluaran Anda dan mencegahnya membusuk dengan cepat. Penting bagi Anda untuk mempertimbangkan iklim di mana Anda tinggal, karena ini juga dapat mempengaruhi pematangan buah.

Semakin lembab dan panas lokasi tersebut, maka semakin berisiko pula untuk melayukan buah.

Berikut cara yang bisa Anda lakukan di rumah untuk menjaga buah yang Anda beli tetap segar lebih lama dan bernutrisi tinggi, seperti dikutip dari Bright Side, Minggu (5/5/2019).

2 dari 6 halaman

1. Pisang

Pisang menghasilkan gas etilen selama periode jatuh temponya. Dengan menutupi badan pisang dengan plastik atau aluminium foil, Anda dapat mencegah gas tersebut menyebar ke seluruh bagian tubuh pisang, mencegah daging pisang melunak terlalu cepat.

Cara ini akan membuat mereka bisa segar selama 4-5 hari.

3 dari 6 halaman

2. Alpukat

Jika alpukat berwarna hijau, menempatkannya di lemari es akan menghentikan proses pematangan. Anda harus membungkusnya dengan koran dan menempatkannya di dalam kantong kertas untuk mempercepat proses pematangan.

Dengan kantong kertas, alpukat akan matang antara 3 hingga 5 hari. Tanpa kantong kertas, alpukat membutuhkan waktu hingga 7 hari.

4 dari 6 halaman

3. Tomat

Semakin matang tomat, semakin pekat rasanya. Ketika mereka bersentuhan dengan freeser dan tetap pada suhu itu, mereka akan kehilangan rasa. Hal terbaik untuk dilakukan adalah menjaga tomat pada suhu di atas 50 derajat Fahrenheit.

Waktu penyimpanan tomat dapat bervariasi, dari 3 minggu hingga 2 bulan, tergantung pada seberapa matang tomat ketika buah ini dibeli.

5 dari 6 halaman

4. Stroberi

Lebih baik mencuci stroberi tepat sebelum memakannya. Jika tidak, buah ini akan menyerap air dan mulai melunak, mempercepat proses pematangan.

Untuk mendisinfeksi stroberi, Anda dapat menggunakan 1 bagian cuka putih dan 2 bagian air. Penting bagi Anda untuk memastikan tidak ada jamur yang menempel di tubuh stroberi, karena dapat merusak nutrisinya.

Di dalam lemari es, stroberi bisa bertahan dari 5 hingga 6 hari. Di dalam freezer, bisa dari 2 hingga 4 bulan.

6 dari 6 halaman

5. Lemon

Kadang-kadang, kita menggunakan setengah lemon untuk memasak atau dalam apa pun, dan akhirnya kita membuang setengahnya lagi ke tempat sampah.

Hal terbaik untuk dilakukan adalah membungkusnya dengan aluminium foil. Alternatif lain adalah menaburkan garam pada permukaan dari setengah lemon tersebut dan menyimpannya di lemari es.

Sebelum menggunakannya, Anda hanya perlu membilasnya dengan baik. Lemon tidak akan mengkerut hingga 2 minggu untuk seluruh tubuh lemon. Bila hanya setengah bagian lemon, masa kesegarannya hanya bertahan selama 3 hari, tanpa mengubah warna atau rasanya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Penemuan Mutiara Tertua di Dunia Menguak Budaya Prasejarah Abu Dhabi
Artikel Selanjutnya
Tak Selalu Negatif, Ini 5 Keuntungan dari Perasaan Sedih