Sukses

Bikin Akun Instagram, CIA Unggah Status Pertama Penuh Teka-Teki

Setelah gabung di Twitter dan Facebook, kini CIA meluncurkan akun di Instagram.

Liputan6.com, Langley - Central Intelligence Agency (CIA) atau Badan Intelijen Pusat, salah satu badan intelijen pemerintah federal Amerika Serikat, untuk pertama kalinya bergabung di media sosial.

Lembaga eksekutif yang berada di bawah Director of National Intelligence ini secara resmi bergabung dengan Instagram melalui akun @CIA. Hal ini sebenarnya telah diumumkan Direktur CIA Gina Haspel pada awal April, saat itu diberitahukan bahwa agensi tersebut akan memiliki akun di jejaring sosial tersebut.

Haspel mengatakan pada saat itu bahwa mempertahankan kehadiran agensi di media sosial adalah tentang meningkatkan transparansi - tugas yang sulit bagi agensi yang didedikasikan untuk pengumpulan rahasia.

"Bergabung dengan Instagram adalah cara lain kami berbagi cerita soal CIA dan merekrut orang Amerika berbakat untuk bekerja di sini," ujar juru bicara media CIA, Nicole de Haay dalam sebuah pernyataan yang dikirim ke Mashable seperti dikutip Jumat (26/4/2019).

Jadi bagaimana CIA melakukan debut Instagramnya?

Menurut laporan The Verge, peluncuran itu tidak mengejutkan karena Direktur CIA Gina Haspel mengumumkan pekan lalu bahwa badan intelijen itu akan mulai membangun kehadiran di platform berbagi foto selama pembicaraan di Universitas Auburn di Alabama.

CIA sebelumnya sudah memiliki pengikut yang cukup besar di platform media sosial lain seperti Facebook dan Twitter, sebelum akhirnya hijrah ke Instagram.

Dalam sebuah pernyataan kepada The Verge pada Senin, Instagram mengonfirmasi bahwa mereka telah membantu CIA meluncurkan akun resminya.

"Tim kami bekerja dengan CIA, seperti yang mereka lakukan dengan banyak mitra, untuk memberikan praktik dan panduan terbaik ketika akan meluncurkan akun Instagram," kata seorang juru bicara.

Platform seperti Instagram dan Twitter sering membantu anggota parlemen, komite kongres, dan bahkan badan intelijen dan penegak hukum mengatur akun mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Unggahan Pertama Penuh Teka-Teki

Dalam unggahan pertamanya, CIA menampilkan foto tipikal "Instagram influencer" yakni sebuah meja kerja. Dilengkapi tanaman meja, alat tulis, dan celengan dengan kutipan inspirasional "I want to travel the world".

Gambar ini juga menyertakan permainan "I spy", yang menyembunyikan telur Paskah di seluruh meja dan kursi.

Selain itu ada tiga peta; China, Rusia, dan Iran yang tersebar di meja. Dengan agenda Moleskine terbuka bertuliskan kata-kata "We share what we can and protect what we must."

 
 
 
View this post on Instagram

I spy with my little eye...

A post shared by Central Intelligence Agency (@cia) on

Tertera juga di sana foto lencana CIA pertama Haspel dari tahun 1985 yang tergantung dari jaket, di sebelah wig yang lebih mirip sesuatu yang Anda gunakan untuk membersihkan lantai kafetaria agensi.

Sementara itu, pernyataan misi CIA ditulis dalam biodata akun. "Kami adalah garis pertahanan pertama Bangsa. Kami mencapai apa yang orang lain tidak bisa capai dan pergi ke tempat yang orang lain tidak bisa pergi," begitu kira-kira bunyinya.

Akun ini hanya memiliki sekitar 1.400 pengikut pada Kamis 25 April sore waktu setempat, tetapi dengan cepat menarik perhatian pengguna Instagram lainnya.

Jika Anda melihat komentar di foto pertama, umumnya berisi ucapan selamat ataas bergabungnya CIA di Instagram.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini