Sukses

25 Tahun Genosida Rwanda, Asa Para Sebatang Kara Mencari Jejak Keluarga

Seperempat abad setelah genosida Rwanda, beberapa anak yatim dan piatu masih mati-matian mencari petunjuk tentang masa lalu mereka yang hilang.

Liputan6.com, Kigali - Oswald tidak tahu apa-apa tentang hidupnya sebelum saat seorang perempuan muda mengambilnya dari tumpukan mayat di Kigali, ibukota Rwanda, ketika dia mencoba menyusu payudara wanita yang sudah meninggal.

Diperkirakan usianya sekitar dua atau tiga bulan, tetapi tidak ada yang tahu pasti.

Yang pasti adalah dia merupakan salah satu dari banyak anak yang dirampok dari nama lahirnya, hari ulang tahun, dan sejarah mereka selama 100 hari kekerasan yang melanda Rwanda, dimulai pada 7 April 1994.

Dan ketika negara itu menandai seperempat abad tragedi, Oswald dan pria dan wanita muda lainnya seperti dia - ditemukan sendirian dan terlalu muda untuk mengingat kehidupan mereka sebelumnya - akan mengamati kerumunan.

Ia bertanya-tanya apakah keluarga mereka mungkin menjadi penyintas, bukannya dimakamkan bersama 800.000 Tutsi dan Hutu moderat yang dibantai oleh ekstremis Hutu pembenci Tutsi.

"Lima puluh persen saya pikir orang tua saya sudah mati, 50 persen saya pikir saya masih bisa menemukan mereka," kata Oswald seperti dilansir BBC, Minggu (7/4/2019).

Kata-katanya menunjukkan harap, yang mungkin mengejutkan banyak orang setelah bertahun-tahun.

Konvoi kemanusiaan dari AS membawa bantuan untuk pengungsi terdampak Genosida Rwanda di Kimbumba, Zaire (sekarang Republik Demokratik Kongo) pada 1994 (TSgt. Marv Krause / United States Air Force)

Oswald adalah di antara sekitar 95.000 anak yang diyakini telah menjadi yatim piatu selama genosida, yang dimulai beberapa jam setelah pesawat yang membawa Presiden Juvenal Habyarimana saat itu ditembak jatuh, menewaskan semua orang di dalamnya.

Wanita Hutu yang menemukannya, Josephine, kehilangan suaminya selama genosida. Dia dibunuh oleh para ekstremis karena berusaha membantu Tutsi.

Josephine, sementara itu, diperkosa oleh kelompok Interhamwe - paramiliter pro Hutu yang melakukan banyak pembunuhan - dan menginfeksinya dengan HIV.

Meskipun demikian, dia menemukan ruang tidak hanya untuk Oswald, tetapi juga anak-anak lain, membesarkan mereka sebagai buah rahimnya sendiri.

Tetapi ketika pemuda Rwanda itu tumbuh dewasa, dia mulai merasakan sesuatu yang hilang.

"Saya bisa melihat anak-anak lain dengan ayah, dan saya mulai memikirkan orang tua saya sendiri," katanya kepada BBC.

"Mencoba mencari tahu siapa diri Anda ketika Anda memiliki begitu sedikit hal yang bisa dilakukan, sungguh berat."

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Mencari Jawaban, Menatap Wajah di Jalan

Sementara itu, untuk Jean Pierre, pencariannya akan jawaban meliputi memeriksa wajah-wajah setiap orang di jalan.

"Ketika saya melihat seseorang yang mirip saya, saya merasa mereka adalah kerabat," aku Jean Pierre, yang percaya bahwa dia mungkin berusia 26 tahun, tetapi tidak bisa memastikannya.

Metodenya, dia percaya, mungkin membuahkan hasil: dia baru-baru ini melihat seorang wanita yang terlihat serupa ibunya, dan mendekatinya untuk mencari tahu lebih banyak.

Dia, ternyata, telah kehilangan seorang saudara laki-laki selama genosida - seorang bocah lelaki yang seusia Jean Pierre sekarang.

Jean Pierre bergegas menemui perempuan yang ia kira 'ibunya'.

"Ketika saya bertemu Maman Asalia, saya tersentuh," katanya menyebut nama perempuan itu. "Aku merasa dia ibuku sebelum dia diperkenalkan."

Keduanya sekarang tetap berhubungan hampir setiap hari, meskipun mereka tidak memiliki bukti aktual terkait. Tes DNA tidak terjangkau, secara finansial.

Tapi bagaimana kalau bukan dia?

Pierre mengangkat bahu, tak mau ambil pusing. Yang pasti, dia akan bertahan - setelah semua yang ia alami selama 25 tahun terakhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membantu Anak-Anak Yatim-Piatu Penyintas

Oswald dan Jean Pierre, bersama teman mereka Ibrahim, memutuskan bahwa mereka perlu melakukan sesuatu. Maka mereka membentuk kelompok untuk mendukung sesama anak yatim-piatu yang orang tuanya diketahui tewas dalam Genosida Rwanda.

Ibrahim mendengarkan kedua temannya menceritakan kisah mereka. Seperti mereka, dia tidak bisa memberi tahu dengan tepat berapa usianya: mungkin 25, ia mengira-ngira.

Dia bahkan tidak tahu nama orang tuanya - sesuatu yang diingatkan setiap kali dia harus mengisi formulir resmi.

Tidak seperti Oswald dan Jean Pierre, dia tidak percaya orang tuanya masih hidup karena betapa buruknya gizi dia ketika tentara Front Patriotik Rwanda menemukannya di bayang-bayang tempat yang sekarang menjadi Museum Peringatan Genosida.

Namun pada satu titik, ia tampaknya paling dekat dengan menemukan keluarganya: beberapa tahun yang lalu, ia diundang untuk bertemu dengan keluarga yang mencari anak laki-laki yang hilang seusia dengannya.

Ternyata menjadi pengalaman yang memilukan.

"Saya pergi ke situs peringatan dan saya bertemu dengan sepasang suami-istri yang selamat, tetapi mereka tidak bisa memberi saya informasi," kenangnya. "Mereka bilang aku terlihat seperti orang yang meninggal, tetapi tidak ada informasi aktual tentang keluargaku."

Ibrahim tidak menyerah, tetapi dia memiliki keprihatinan yang lebih mendesak. Dia tidak memiliki pekerjaan dan mimpinya untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi kandas seiring usia. Tampaknya, dia merasakan rasa putus asa yang luar biasa, dan keterasingan - perasaan yang juga dimiliki oleh kedua temannya.

"Kami tidak memiliki dukungan untuk dapat bergerak maju," kata Jean-Pierre. "Kami tidak memiliki sarana untuk menjalani kehidupan yang lebih baik."

Apa yang mereka miliki adalah satu sama lain, dan melalui asosiasi mereka Harapan Keluarga Masa Depan (Hope of Future Family), mereka telah sepakat untuk membagikan semua yang mereka miliki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.