Sukses

Gempa Magnitudo 7,1 Hantam Kepulauan South Sandwich dekat Antartika

Gempa magnitudo 7.1 dilaporkan menghantam kepulauan South Sandwich pada dini hari tadi.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan telah terjadi gempa magnitudo 7,1 di Kepulauan South Sandwich, sebuah kepulauan es di bagian selatan Samudera Atlantik.

Gempa tersebut terjadi pada Selasa, pukul 02.26 dini hari waktu setempat, dan informasinya didapat beberapa menit setelahnya dari stasiun pengamatan geologi internasional di bagian Kepulauan Fakland milik Kerajaan Inggris, di ujung selatan benua Amerika.

Dikutip dari situs resmi USGS pada Selasa (11/12/2018), titik gempa terjadi pada jarak 48 kilometer di utara pesisir Pulau Bristol, salah satu bagian dari kepulauan terkait.

Adapun pusat pergerakan gempa diketahui berada di kedalaman 164,7 kilometer di bawah dasar lautan.

Sejauh ini, USGS tidak menyebut ada potensi tsunami di Kepulauan South Sandwich, yang lokasi berada sekitar lingkar Antartika. 

Di hari yang sama, berselang beberapa jam sebelumnya, terjadi dua gempa di lokasi berbeda.

Gempa pertama terjadi di perairan barat Pulau Shikotan --utara Kepulauan Jepang-- dengan magnitudo 5,0 pada pukul 00.26 waktu setempat.

Adapun gempa kedua, dengan magnitudo 4,9 melanda Pulau prince Edward di tenggara benua Afrika pada pukul 00.29 waktu setempat.

 

Simak video piihan berikut: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.